Tahukah kamu, kaki manusia memiliki sekitar 29 otot?

Bayangkan, setelah sepanjang hari bekerja menopang tubuh kamu, tentu saja otot-otot ini akan tegang dan kelelahan.

Sayangnya, kaki justru sering dilupakan. Berbeda dengan wajah yang selalu dijaga dan dirawat setiap saat, kaki yang bekerja lebih keras justru kerap diabaikan.

Nah, untuk menjaga kesehatan kaki kamu dan untuk memanjakan kaki kamu yang sudah bekerja keras, lakukanlah beberapa tips berikut :

  1. Coba jalan sensorik

Jalan sensorik adalah aktivitas berjalan tanpa alas kaki di berbagai tekstur. Coba perhatikan, di sekitar kamu pasti ada taman atau permukaan tanah yang memiliki tekstur bebatuan bundar, akar pohon, dedaunan yang jatuh, atau rerumputan, bukan?

Jika kamu menemukan tempat itu, cobalah untuk melakukan jalan sensorik. Lepas alas kaki kamu, dan mulailah berjalan di sekitar permukaan dengan tekstur yang berbeda.

  1. Eksfoliasi kaki kamu

Sesekali manjakanlah kaki kamu. Coba gabungkan beberapa teknik pijatan kaki yang baik untuk membuat otot rileks, sekaligus untuk melakukan pengelupasan sel kulit mati. Selama kamu mandi, coba gunakan exfoliant seperti scrub atau batu apung, kemudian secara lembut dan perlahan, pijat kaki kamu. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan gunakan krim pelembab kaki. Metode ini juga sangat baik untuk menghindari kapalan di bagian tumit. 

  1. Pijat kaki dengan bola tenis

Jika kamu membutuhkan pijatan yang mampu melemaskan otot tapi juga ingin efek pijatan yang kuat, maka bola tenis bisa menjadi solusi. Barang yang kamu butuhkan adalah gulungan atau bola tenis. Dengan menggunakan telapak kaki, coba geser bola atau gulungan secara perlahan ke depan dan belakang. Dengan memainkan benda in menggunakan telapak kaki, kamu dapat membuat otot jadi rileks. 

Metode ini akan  membantu mencegah kram, meredakan ketegangan, dan tentu saja memberikan relaksasi. 

  1. Oleskan es batu

Jika tumit kaki kamu terasa sakit atau bengkak, kemungkinan besar kamu mengalami peradangan. Saat hal itu terjadi, ambillah es batu atau sayuran beku, lalu bungkus dengan handuk, dan tempelkan pada kaki kamu, setidaknya selama 15 menit.

Jika rasa sakit terus berlanjut setelah dikompres, maka segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi.  Ingat, kaki adalah organ penting yang menopang tubuh kamu. Jangan sampai kamu mengabaikan masalah di kaki, ya!

  1. Coba balut kaki dengan pasta pisang

Jika kamu merasa kaki kamu sangat lelah, terasa kering, dan perlu pedikur, obatnya adalah pasta pisang!

Untuk membuat pasta pisang, kamu harus menghaluskan pisang di mangkuk atau piring, sampai pisang menjadi pasta. Selanjutnya, rendamlah kaki kamu dengan air hangat. Lalu, coba keluarkan salah satu kaki kamu dari air, dan pijat kaki itu dengan pasta pisang selama kurang lebih 4 menit. Bubuhkan pasta pisang sampai ke betis kamu. Ulangi proses pada kaki satunya, dengan cara yang sama. 

  1. Potong dan rapikan kuku kaki

Apak kamu pernah merasa jari-jari kamu sakit setelah lama memakai sepatu? Atau kamu merasa terganggu saat menggunakan kaus kaki?

Bisa jadi, alasannya adalah karena kuku jari kaki kamu tidak rapi atau terlalu panjang. Nah, untuk mengatasi hal itu, tentu kamu perlu menggunting kuku jari kaki kamu, agar tidak mengganggu aktivitas harian kamu. 

Jika kamu membiarkan kuku jari kaki panjang, kamu bisa menekan alas kaki, kamu akan merasa tidak nyaman, kuku kamu akan menebal, jari kamu bisa kapalan sampai nyeri. 

Baca Juga :

Sering Duduk Menyilangkan Kaki? Hati-hati, Kamu Bisa Mengalami 5 Masalah Ini, Loh

7 Cara Ampuh Mengurangi Lemak di Paha dan Kaki

Cara Melembutkan Kulit Kaki dengan Bahan Alami

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hati-hati, 5 Risiko Ini Harus Kamu Hadapi Jika Makan di Depan Laptop

Meski keliru, kebiasaan makan di depan laptop, entah