Demi menjaga penampilan tetap cantik, dengan fashion yang stylish dan nyaman, kamu perlu memilih sepatu yang tepat untuk digunakan saat musim panas. Selain memilih sepatu yang nyaman, di musim panas kamu juga harus selalu menjaga kebersihan kaki. Karena, musim panas membuat kaki kamu lebih banyak berkeringat, sehingga memicu lebih banyak bakteri dan kuman untuk tinggal di kaki kamu.

Nah, berikut adalah daftar kesalahan pemilihan sepatu musim panas yang harus kamu hindari demi kenyamanan dan kesehatan kaki:

  1. Sol sepatu terlalu sempit

Mengenakan sepatu yang solnya terlalu sempit dapat menciptakan kesan yang tidak sedap dipandang. Selain itu, sol yang terlalu sempit juga tidak nyaman untuk digunakan. Bahkan, penggunaan sepatu dengan sol yang terlalu sempit dapat menyebabkan deformasi sendi kaki dan menyebabkan munculnya bunion pada jempol kaki. 

Sepatu sempit sering kali menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam serta menyebabkan risiko iritasi kulit. 

  1. Desain sepatu tidak pas di bagian punggung kaki

Jika desain di bagian punggung kaki kamu tidak pas, kamu akan melihat dan merasakan bahwa lekukan kaki dan lekukan di sol sepatu tidak cocok. Akibatnya, kaki kamu tidak bertumpu pada seluruh permukaan sepatu tetapi hanya pada beberapa titik terluarnya saja. Umumnya, titik ini adalah area di bawah tumit dan area di bawah bola kaki. 

Mengenakan sepatu semacam itu akan menyebabkan masalah sirkulasi darah dan menyebabkan terjadinya nyeri kaki seta keringat berlebih.

  1. Sol sepatu lebih panjang dari kaki

Sol yang terlalu panjang adalah ciri umum jenis-jenis sandal jepit. Umumnya jenis ini adalah sendal jepit yang memiliki tali yang melintas di antara jari-jari kaki. Dengan sendal seperti itu, jarak antara ujung jari kaki dan tepi depan sol biasanya terlalu lebar, dan ini membuatnya menjadi tidak nyaman. 

Jarak normal seharusnya tidak lebih dari 0,4 inci. Ini merupakan batas kenyamanan dan kebebasan gerak kaki saat memakai sepatu atau sandal. Ketika garis pinggir terlalu besar dan kamu terpaksa berjalan dengan tidak nyaman, maka kamu berisiko memicu penyakit jaringan dan persendian. Selain itu, kamu juga berisiko tersandung saat menaiki tangga.

  1. Sol sepatu terlalu pendek

Sol yang terlalu panjang tidak baik untuk kaki kamu. Begitu juga sol yang terlalu pendek. Sol yang terlalu pendek membuat kamu harus terus menopang sepatu dengan jari kaki agar tidak lepas. Artinya, otot kamu akan tegang sepanjang waktu, dengan beban pada kaki tidak merata. 

Selain itu, kamu berisiko mengalami patah tumit dan menderita cedera parah jika memaksakan untuk menggunakan sol yang terlalu pendek. Ingat, saat mencoba sepatu baru, jangan lupa untuk mengarahkan ke ujung kaki paling depan untuk memastikan ukuran sudah pas.

  1. Sepatu terlalu longgar

Jika sepatu kamu terlalu longgar, satu-satunya hal yang akan mencengkeramnya agar tidak lepas adalah jari kaki kamu. Hal ini membuat otot-otot kaki bekerja terlalu keras karena harus mempertahankan agar sepatu tak lepas. Ketika kamu memaksakan diri menggunakan sepatu longgar, akibatnya gaya berjalan kamu pun akan tidak nyaman dan tidak enak dilihat. 

Selain itu, mengenakan sepatu yang terlalu longgar dapat menyebabkan deformasi pada jari kaki dan sendi, munculnya kapalan, serta nyeri lutut dan punggung.

  1. Sepatu terbuat dari bahan yang tidak alami

Ketika musim panas tiba, sangat disarankan untuk mengenakan sepatu yang terbuat dari bahan alami, seperti kulit asli atau tekstil. Mengapa? Karena jika kamu mengenakan sepatu kulit palsu atau sintetis, maupun sepatu dari karet, maka saat cuaca panas, sepatu kamu bisa membahayakan kesehatan.

Pasalnya, suhu tinggi dapat menyebabkan berbagai komponen kimiawi berinteraksi dengan kulit. Selain itu, sepatu tersebut tidak memiliki ventilasi kaki yang baik, sehingga kamu berisiko mengalami infeksi jamur dan lecet.

  1. Mengenakan sepatu tertutup tanpa kaos kaki

Di musim panas, mengenakan sepatu tertutup tanpa kaos kaki adalah kesalahan besar. Karena jika demikian, kamu akan berisiko mengalami keringat berlebih dan membuat kulit tumit menjadi kasar. 

Sebaiknya, kamu selalu memakai kaos kaki saat menggunakan sepatu tertutup. Tidak peduli seberapa panas cuaca hari itu, atau seberapa malas kamu menggunakan kaos kaki, kamu tetap harus memakainya demi kesehatan. 

Baca Juga :

Melihat Karakter dan Kepribadian Dari Gaya Sepatu

7 Gaya Sepatu yang Sudah Out of Date di Tahun 2020

Cara Tepat Membersihkan Sepatu sesuai dengan Bahan Sepatu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Tips Berpakaian Agar Tidak Merusak Penampilan

Tahukah kamu, penampilan dapat mempengaruhi bagaimana cara kita