Perawatan rambut bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi murah. Butuh ketekunan dan biaya yang cukup banyak untuk mendapatkan rambut sehat dan cantik. Sayangnya, masih ada banyak kesalahan umum yang sering dilakukan orang saat merawat rambut mereka.

Agar terhindar dari kesalahan perawatan rambut yang membuat penampilan kamu jadi berantakan, maka simak daftar kesalahan perawatan rambut berikut ini :

  1. Keramas dengan sampo asal-asalan atau sampo murah

Pemilihan sampo menjadi hal yang penting dalam perawatan rambut. Jangan hanya tergiur pada harga sampo yang murah saja, karena sampo murah hanya mampu menghilangkan kotoran dari rambut kita. Sedangkan, produk sampo yang memiliki formula ekstra (yang harganya juga ekstra) akan mampu meminimalkan kerusakan dan membuat rambut lebih lembut saat disentuh.

  1. Jarang ke salon 

Ada perawatan yang hanya bisa kamu dapatkan di salon agar penampilan kamu tetap prima. Jadi, sebaiknya kamu tetap meluangkan waktu untuk mendatangi salon langganan kamu demi mendapatkan perawatan rambut yang optimal, entah itu memotong rambut, cream bath, pewarnaan, dan lain-lain. 

  1. Tidak menyisir rambut 

Rambut kusut adalah musuh terbesar dari gaya rambut. Rambut kusut biasa terjadi akibat rambut kamu kering dan dehidrasi. Lapisan rambut yang tidak terlindungi akan mulai saling menempel, membentuk simpul rumit, dan pada akhirnya menjadi gumpalan yang sulit diuraikan. 

Nah, untuk itu, kamu perlu rajin menyisir rambut dan jika perlu gunakan kondisioner tanpa bilas untuk menambah kelembutan ekstra bagi rambut kamu dan memudahkan proses penyisiran rambut.

  1. Menyisir rambut saat masih basah

Sering kali, menyisir rambut memicu rambut rontok, apalagi jika kamu menyisir rambut saat rambut masih basah. Hal ini terjadi karena air melemahkan penghalang pelindung serat rambut dan membuatnya lebih mudah rapuh. 

Jika kamu memang harus segera menyisir rambut setelah keramas karena terburu-buru akan pergi ke luar rumah, maka cobalah gunakan sisir bergigi lebar. Namun, pilihan terbaik adalah membiarkan rambut kamu kering terlebih dahulu sebelum disisir.

  1. Memakai sisir yang tidak tepat

Bukan hanya stres atau pola makan yang bisa menyebabkan kerontokan rambut. Tetapi, sisir yang salah juga bisa memicu kerontokan. Perhatikan jenis sisir yang kamu gunakan. Sesuaikan sisir dengan jenis dan kondisi rambut kamu agar dapat dengan mudah menguraikan rambut kusut. 

Satu tips untuk menyisir rambut adalah mulai menyisir dari ujung rambut, lalu secara bertahap naik sampai ke akar. Jangan sebaliknya. 

  1. Memiliki jenis rambut halus dan tipis tapi jarang potong rambut 

Tidak semua orang di dunia ini memiliki rambut tebal yang indah saat ditata. Ada juga orang yang memiliki jenis rambut tipis dan halus yang terlihat lepek karena kurang volume. Nah, untuk mengatasi hal itu, kamu perlu mengunjungi salon untuk memotong rambut secara berkala. Mendapatkan gaya rambut yang tepat akan menambahkan volume pada rambut kamu. 

  1. Keramas dengan air panas 

Mandi air panas memang sangat menyenangkan, apalagi ketika cuaca dingin, atau ketika badan sedang pegal-pegal. Meskipun air panas dapat membuat tubuh lebih rileks, tapi keramas dengan air panas sangat tidak disarankan. Mengapa? Karena dengan keramas memakai air panas, pori-pori rambut akan terbuka dan hal ini bisa memicu kerontokan. 

Selain itu, mandi dengan suhu yang tinggi bisa membuat kulit menjadi kering, termasuk kulit kepala dan rambut. Nah, akibatnya, kamu berisiko mengalami masalah ketombe dan gatal-gatal.

Baca Juga :

4 Cara Memeriksa Rambut dan Cara Merawat Rambut dengan Benar

Tips Dan Trik Untuk Merawat Rambut Kamu Saat Berenang

Cara Merawat Rambut Kering dan Kasar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Alasan Mengapa Wanita India Mengepang Rambut Sebelum Tidur

Kebanyakan wanita India memelihara rambut panjang yang sering