Tahukah kamu? Anak-anak menyerap banyak ilmu pada tahun-tahun pertama kehidupan mereka. Karenanya, orangtua bisa menerapkan kebiasaan baik pada anak, seperti membaca. 

Membacakan dongeng sebelum tidur memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak daftar berikut :

  1. Mengajarkan kesabaran pada anak 

Kesabaran adalah sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Anak perlu belajar bersabar sejak dini, salah satu caranya adalah dengan membacakan dongeng setiap sebelum tidur. Karena, dongeng yang dibacakan orangtua kepada anak bisa membuat anak jadi lebih sabar.

Anak akan menjadi lebih sabar lantaran memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. Saat dewasa nanti, anak kamu akan menjadi pendengar yang baik yang membuat orang lain merasa didengar dan dihargai.

  1. Memperkaya kosakata anak

Membaca tidak hanya bagus untuk kita, tetapi juga bagus untuk anak kita. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Rhode Island, anak yang terbiasa dibacakan cerita setiap hari akan mampu memahami lebih banyak kata daripada anak yang tidak dibacakan cerita. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kosakata reseptif anak-anak yang rutin dibacakan dongeng bisa meningkat 40% sedangkan anak yang tidak dibacakan dongeng hanya meningkat 16%.

  1. Menumbuhkan imajinasi anak

Membaca dan mendengarkan orangtua membacakan cerita, bisa memperluas imajinasi anak. Dengan mendengar cerita, anak bisa membayangkan sebuah peristiwa yang terjadi dalam cerita tersebut. Ia akan membayangkan tempat, benda, warna, hewan, gedung, dan lain-lain. Hal ini dapat memicu anak untuk berkembang menjadi kreatif dan imajinatif.

  1. Mengajarkan anak tentang empati 

Membaca buku sama seperti berpetualang. Dengan membacakan cerita kepada anak setiap hari, anak akan mendapatkan beragam manfaat. Peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita akan mampu menumbuhkan empati anak. Ia akan merasakan apa yang dirasakan tokoh, melihat dunia dari sudut pandang tokoh, serta mengambil pesan berharga dari cerita tersebut. 

Saat dewasa nanti, anak akan memiliki empati yang baik, sehingga mampu memahami perasaan orang lain.

  1. Meningkatkan kemampuan komunikasi anak 

Membaca meningkatkan kemampuan anak untuk terlibat aktif dalam berkomunikasi. Jadi, saat anak sudah terbiasa dibacakan buku cerita sebelum tidur, jangan merasa terganggu atau terbebani. Bacakanlah banyak cerita, karena kebiasaan ini memiliki manfaat yang luar bisa. 

Kamu bisa memanfaatkan kebiasaan membaca cerita untuk memicu anak berkomunikasi. Minta anak untuk bertanya jika ia tidak memahami bagian dari cerita dan jawablah setiap kali anak bertanya. Jelaskan apa yang ingin diketahui anak kamu. Kebiasaan bertanya dan berdiskusi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak hingga dewasa nanti.

  1. Mengajarkan anak agar lebih fokus

Umumnya, perhatian anak-anak bisa sangat mudah dialihkan. Anak-anak cenderung sulit untuk fokus pada satu hal dalam waktu yang lama. Nah, membacakan dongeng setiap hari dapat membantu mengajarkan anak tentang konsentrasi dan meningkatkan kemampuan anak untuk memperhatikan sesuatu. 

Hal tersebut bisa terjadi karena anak harus tenang dan fokus selama dibacakan cerita. Dengan begitu, barulah anak bisa memahami cerita. Karena terbiasa bersikap tenang dan fokus, ia pun akan mampu fokus dalam kegiatan lainnya, termasuk belajar. 

  1. Menanamkan kebiasaan membaca sejak dini

Kebiasaan baik memang harus diterapkan sejak dini agar makin tertanam dalam diri anak. Karenanya, orangtua perlu membiasakan anak untuk membaca buku sejak dini dengan membacakan cerita setiap hari. Kebiasaan membacakan buku cerita sebelum tidur bisa membantu anak mengembangkan hasrat membaca buku. Jadi, saat dewasa nanti, anak akan terus ketagihan membaca buku. 

Nah, itulah beragam manfaat yang bisa didapat saat kamu rajin membacakan cerita untuk anak setiap hari.

Baca Juga :

Ubah Taman di Rumah Menjadi Negeri Dongeng Dengan 20 Bunga yang Mekar di Malam Hari

7 Ide Couple Tattoo Anti-Mainstream

Jangan Mau Tertipu, Ini 8 Tanda Orang Sedang Berbohong Padamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Bersih-Bersih Pakai Cuka Sari Apel? Why Not?

Cuka sari apel dapat digunakan dalam masakan, saus