Mengatasi kulit kusam sebenarnya tidaklah rumit. Berbagai langkahnya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan dapat dilakukan setiap hari. Terdapat delapan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan warna kulit yang merona. Yuk, ikuti langkah-langkahnya.

1. Menggunakan cleanser yang lembut dan ramah di kulit

Gunakanlah pembersih wajah atau cleanser yang lembut di kulit Anda untuk mengatasi kulit kusam. Pilihlah pembersih wajah yang tidak membuat kulit kering. Pastikan komposisi yang ada di cleanser ramah dengan kulit Anda.

Kulit kering bisa menjadi salah satu alasan wajah kusam. Maka dari itu, pilihlah cleanser yang tidak membuat kulit kering setelah pemakaiannya. Biasanya pembersih wajah yang menyebabkan wajah kering memiliki efek seperti kulit wajah terasa seperti ditarik. Ciri ini tidak menunjukkan bahwa kulit Anda kencang, melainkan kondisi kulit yang kering karena minyak dan air alami di wajah disapu habis-habisan oleh pembersih wajah.

2. Basuh wajah dengan lembut saat cuci muka

Apa motivasi Anda menggosok-gosok atau membasuh wajah dengan keras dan mantap? Supaya semua kotoran di wajah menghilang? Tahukah Anda, alih-alih mendapatkan kulit segar dan cerah setelah mencuci muka dengan basuhan yang agresif, kebiasaan tersebut justru dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. 

Diketahui jika gesekan kasar yang terjadi saat Anda mencuci muka dapat membuat lapisan kulit menjadi tipis. Hal ini dapat menghasilkan tiga dampak buruk pada kulit yaitu jaringan kulit bisa terkelupas dengan cara yang tidak alami, kulit menjadi kemerahan dan kulit bisa menjadi kering. 

Jika ingin mendapatkan wajah yang bersih dari kotoran dan bekas make up hilang sempurna, gunakan cleanser terlebih dahulu sebelum mencuci wajah. Jadi Anda tidak perlu menggosok wajah dengan kasar. Cukup basuh dengan lembut dan gerakan memutar sehingga kotoran dapat tersapu dengan baik.

3. Gunakan moisturizer setiap hari

Salah satu cara untuk menangani kulit kering dan kusam adalah pemakaian rutin pelembab atau moisturizer. Jenis skincare yang satu ini memiliki banyak manfaatnya untuk kulit. Ia bisa menjaga kulit terhidrasi sehingga membuat kulit tetap lembab. Ia bahkan bisa menghaluskan kulit dan membuatnya kenyal karena elastisitas juga turut meningkat dengan pemakaian moisturizer ini.

4. Gunakan tabir surya

Seperti yang kita tahu jika sinar UV bisa merusak jaringan kulit sehingga Anda bisa mendapatkan wajah yang kusam. Maka dari itu penggunaan tabir surya sangatlah penting. Tabir surya atau skincare merupakan rangkaian skincare yang wajib digunakan, apalagi jika Anda memiliki kegiatan di luar ruangan sehingga kulit Anda aman dan tidak terbakar dari sengatan sinar matahari.

Gunakanlah sunscreen yang memiliki tingkat perlindungan sinar UV yang tinggi. Paling tidak, aplikasikan tabir surya yang memiliki kandungan SPF dengan nilai paling kecil yaitu di angka 15. Biasanya keterangan kandungan ini akan dimuat di bagian kemasan sunscreen untuk memudahkan para pelanggan memilih kebutuhan krim pelindung sinar UV.

Pemakaian tabir surya pun tidak bisa sembarangan. Hal ini perlu kamu perhatikan dan lakukan dengan benar untuk mendapatkan hasil terbaik. Pemakaian tabir surya tidak hanya sekali saja dalam satu hari. Jika Anda memiliki kegiatan outdoor, pastikan untuk mengoleskan sunscreen kembali setelah beberapa jam dari penggunaan pertama. 

Jika Anda lebih banyak melakukan kegiatan indoor, Anda tetap perlu mengoleskan tabir surya beberapa kali dalam sehari namun dengan jumlah dan volume yang lebih sedikit daripada saat penggunaan sunscreen untuk berkegiatan di luar ruangan.

Baca Juga :

5 Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Terlalu Sering Cuci Tangan

Tips Make Up untuk Kulit Kering

Mengenali dan Mengatasi Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

4 Produk Kecantikan Yang Bekerja Lebih Efektif Saat Dingin

Menyimpan produk skincare di dalam lemari es sebenarnya