Banyak sekali manfaat minum air hangat. Banyak peminat kesehatan memastikan bahwa mereka minum air hangat setiap pagi dan tepat sebelum tidur. Tapi apa yang dikatakan sains tentang praktik ini?

Manfaat paling penting dari minum air panas adalah melancarkan pencernaan. Asupan air panas juga dikenal untuk meredakan hidung tersumbat dan stres terkait. Ini juga meningkatkan kesehatan kerongkongan. Simak manfaat minum air panas lainnya, berikut ini.

1. Meningkatkan Pencernaan

Minum air panas dapat mengaktifkan saluran pencernaan Anda. Ini meningkatkan proses pencernaan. Air panas juga membantu menghilangkan partikel dalam sistem Anda yang mungkin sulit Anda cerna.

Air panas juga memperlebar pembuluh darah dan mengarahkan aliran darah ke usus Anda – semakin meningkatkan pencernaan. Saat Anda meminum air panas setelah makan, suhu mengemulsi lemak dan membuatnya lebih mudah dicerna (jika Anda menderita refluks lambung, hindari minum air yang berlebihan sebelum dan sesudah makan, karena ini dapat mengencerkan cairan lambung yang membuat pencernaan lebih sulit, yang dapat menyebabkan refluks. ).

2. Meredakan Hidung Tersumbat

Air panas dapat melonggarkan sinus yang tersumbat dan saluran hidung, membersihkan hidung tersumbat. Cara ini juga bisa meredakan sakit kepala akibat sinus.

Anda memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas. Minum air panas dapat membantu menghangatkan area ini dan meredakan sakit tenggorokan (seringkali disebabkan oleh penumpukan lendir).

Studi menunjukkan bahwa cairan panas lebih unggul daripada cairan dingin dalam mengelola cairan di saluran pernapasan bagian atas dan mengobati infeksi terkait . Minuman panas juga bekerja sangat baik dalam meredakan sebagian besar gejala pilek dan flu.

3. Meringankan Stres

Minum air panas dapat meningkatkan fungsi sistem saraf pusat Anda, membantu meredakan stres juga. Sesuai penelitian, menambahkan susu hangat ke air panas dapat lebih meningkatkan efek penghilang stres. Namun, penting untuk diingat bahwa susu dan produk susu meningkatkan pembentukan lendir. Ini mungkin berhasil untuk mengurangi stres, tetapi itu tidak akan berhasil untuk menghilangkan hidung tersumbat.

Meskipun penelitian mengaitkan efek penghilang stres dari cairan dengan kafein (yang ditambahkan ke dalam susu), penelitian ini juga menekankan peran kehangatan minuman.

4. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah teori menunjukkan bahwa air panas bertahan di perut Anda sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan air dingin. Ini berarti Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, yang dapat membantu penurunan berat badan.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Air panas memperluas arteri dan vena Anda, memungkinkan sirkulasi darah yang lebih baik ke seluruh tubuh. Ini juga dapat mengatur tingkat tekanan darah Anda.

6. Meredakan Rasa Sakit

Kami melihat bahwa air panas dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan aliran darah. Meskipun tidak ada penelitian yang secara langsung menghubungkan asupan air panas dengan penghilang rasa sakit, ini mungkin bisa membantu.

Orang biasanya menggunakan paket panas untuk mengurangi rasa sakit. Jadi, minum air panas bisa meringankan rasa sakit internal. Tetapi perhatikan bahwa panas juga dapat memperburuk pembengkakan. Oleh karena itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini.

7. Membantu Membuang Racun

Minum air panas meningkatkan suhu tubuh internal Anda. Meskipun sementara, ini mengaktifkan sistem endokrin tubuh Anda, dan Anda mulai berkeringat. Ini dapat membantu membersihkan tubuh Anda dari racun.

Racun dalam tubuh juga bisa membuat Anda menua lebih cepat. Membersihkannya dapat memperlambat tanda-tanda penuaan.

Baca Juga :

Mana yang Lebih Sehat Untuk Kamu, Air Panas Atau Air Dingin? Yuk Kita Lihat Sekarang

Hilangkan Komedo Membandel dengan Uap Air Panas

Sebaiknya Minum Air Panas Saat Cuaca Panas, Ini Alasannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Tips Mengencangkan Kulit Setelah Penurunan Berat Badan 

Menurunkan berat badan bukanlah proses yang mudah. Anda