Siapa sangka jika lobak yang biasa kita temukan di tukang sayur, justru mempunyai berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Cari tahu apa saja manfaat kesehatan lobak dan setelahnya Anda akan ketagihan membawanya ke dapur Anda.

1. Dapat Meringankan Masalah Usus

Konsumsi lobak secara teratur dapat membantu pencernaan yang baik karena kaya akan serat. Secara tradisional, sayuran telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi serat makanan dalam jumlah yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko penyakit divertikular karena membantu pergerakan usus.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Lobak memiliki sifat antidiabetes, anti-inflamasi, dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sayuran memiliki kandungan lemak sehat yang tinggi yang dapat membantu mengatur kadar kolesterol.

Penelitian pada hewan telah melaporkan bahwa lobak dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan lipid. Efek ini juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

3. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Glukosinolat dan isotiosianat dalam lobak memiliki sifat antikanker. Penelitian menyatakan bahwa lobak mungkin memiliki efek perlindungan terhadap kanker ovarium, usus besar, kandung kemih, paru-paru, prostat, dan payudara.

4. Dapat Melindungi Hati 

Ekstrak air lobak juga ditemukan untuk melindungi terhadap fibrogenesis hati (pembentukan sejumlah besar jaringan parut di hati). Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa lobak memiliki peran penting dalam melindungi hati.  

5. Memiliki Sifat Antidiabetik

Studi telah menetapkan bahwa ekstrak lobak memiliki efek antidiabetes. Dilaporkan bahwa sayuran dapat membantu mengatur kadar glukosa dengan meningkatkan rasio insulin/glukagon.

6. Dapat Mempromosikan Penurunan Berat Badan

Dalam penelitian pada hewan, ekstrak lobak secara signifikan mengurangi berat badan, glukosa darah, peroksidasi lipid, oksida nitrat, dan trigliserida total dan kadar kolesterol. Efek ini diamati pada tikus dengan sindrom metabolik yang diinduksi fruktosa.

Lobak rendah kalori dan juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Lobak mentah memiliki indeks glikemik 30 (sementara varian yang dimasak memiliki GI 85). Kandungan serat makanan yang tinggi dari lobak juga meningkatkan rasa kenyang dan membantu menahan rasa lapar. Efek ini dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

7. Baik untuk Kulit dan Rambut yang Sehat

Lobak merupakan sumber yang kaya vitamin A dan C, dan zat besi. Semuanya penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A penting untuk fisiologi kulit yang dapat membantu dalam produksi sebum dan pencegahan jerawat. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen. Kolagen memberikan struktur pada kulit serta dapat membuat kulit tampak muda dan kenyal.

Sedangkan zat besi membantu dalam produksi melanin di rambut. Kekurangan zat besi dilaporkan menyebabkan rambut rontok dan rambut beruban prematur. Makan lobak mentah dan makanan kaya zat besi lainnya dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

8. Dapat Membantu Mengurangi Anemia

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab utama anemia. Besi adalah komponen utama hemoglobin yang ada dalam sel darah merah. Sangat penting untuk membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Lobak kaya akan zat besi, dan memasukkannya ke dalam makanan Anda dapat membantu memerangi kelelahan akibat anemia. Lobak juga kaya akan vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi.

9. Dapat Membantu Mencegah Osteoporosis

Lobak mengandung glukosinolat yang telah dilaporkan membantu pembentukan tulang pada tikus.

Sayuran ini juga memiliki vitamin K. yang membantu mengurangi risiko patah tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan meningkatkan kepadatan tulang.

10. Dapat Membantu Meningkatkan Memori

Lobak hijau mengandung kolin. Kolin sangat penting untuk banyak fungsi vital. Ini adalah komponen struktural membran sel yang membantu memori. Ini juga merupakan komponen neurotransmitter dan membantu mengurangi peradangan.

11. Dapat Membantu Selama Kehamilan

Lobak hijau adalah sumber asam folat dan zat besi yang baik. Ini penting bagi wanita selama kehamilan. Konsumsi rutin sayuran akar ini, bersama dengan sayuran berdaun hijau lainnya, dapat membantu ibu hamil dengan kebutuhan nutrisi hariannya.

12. Mungkin Memiliki Sifat Antimikroba

Lobak mengandung senyawa spesifik yang disebut -Phenylethyl isothiocyanate. Senyawa ini telah menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap patogen bawaan makanan seperti Vibrio parahaemolyticus, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi klaim ini.

Baca Juga :

8 Makanan Sumber Karbohidrat dan Lemak Untuk Pemulihan dan Energi Instan Pasca Olahraga

Minyak Goreng Langka? Ini Lho Minyak yang Paling Sehat untuk Memasak

Cari Tahu Minyak-Minyak Terbaik untuk Memasak

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Tips Mengencangkan Kulit Setelah Penurunan Berat Badan 

Menurunkan berat badan bukanlah proses yang mudah. Anda