Saat Anda berolahraga, glikogen (glukosa yang disimpan dalam otot) digunakan sebagai sumber energi. Kontraksi otot yang berulang juga menyebabkan keausan serat otot. Itulah sebabnya, sesaat setelah berolahraga, otot-otot Anda terasa lemas, dan Anda ingin beristirahat sejenak. Ini adalah cara tubuh Anda memberi tahu Anda bahwa Anda tidak memiliki energi dan perlu mengisi bahan bakar. Anda dapat memulihkan energi setelah berolahraga dengan konsumsi makanan sumber karbohidrat dan lemak berikut ini.

Protein

1. Sayuran Hijau Gelap

Sayuran berdaun gelap seperti kangkung, bayam, lobak, lobak Swiss, selada, brokoli, sawi, sawi, dan arugula sarat dengan serat makanan, vitamin C, A, E, dan K, magnesium, kalsium, kalium, dan lainnya. fitonutrien. Makanan ini selain dapat mengisi energi Anda, dapat juga membantu penurunan berat badan dan melindungi dari berabgai penyakit karena kekebalan tubuh Anda meningkat. 

2. Oatmeal

Oat sangat populer di kalangan mereka yang ingin menurunkan berat badan. Tapi tahukah Anda bahwa karbohidrat kompleks bermanfaat yang ada dalam gandum juga menjadikannya pilihan yang bagus setelah berolahraga, terutama jika Anda menggunakannya dalam smoothie?

3. Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran seperti apel, pisang, pir, persik, plum, semangka, muskmelon, buah naga, markisa, wortel, tomat, bit, daun bawang, dan kacang polong sangat baik untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda setelah berolahraga. Dan itu karena mereka membantu meningkatkan tingkat energi Anda dan memerangi radikal oksigen bebas yang beracun. Mereka juga dapat membantu melawan penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan jenis kanker tertentu. Anda dapat dengan mudah menambahkan pisang, bayam, atau wortel ke dalam makanan setelah berolahraga, bahkan memadukannya!

4. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah pilihan bagus lainnya. Ini rendah kalori, bagus untuk mengisi kembali simpanan glikogen, dan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. Jika Anda sedang dalam misi penurunan berat badan atau ingin mengontrol gula darah Anda, konsumsi ubi jalar rebus alih-alih yang dipanggang karena memanggang dapat menyebabkan lonjakan gula darah Anda yang lebih besar .

5. Quinoa

Quinoa adalah karbohidrat kaya protein yang memiliki banyak vitamin, mineral, lemak sehat, protein, dan serat makanan. Ini membantu mencegah penambahan berat badan, meningkatkan pencernaan, dan membuat Anda kenyang seketika. Campurkan beberapa ayam, sayuran, dan quinoa untuk membuat makanan yang enak setelah berolahraga.

6. Nasi

Dan Anda pikir nasi buruk bagi Anda! Nah, tidak jika Anda memilikinya dalam waktu dua jam setelah berolahraga dan juga memiliki secangkir sayuran dan sumber protein (7), (8). Ya, nasi putih memiliki GI yang lebih tinggi daripada nasi merah, merah, atau hitam. Beras merah memiliki lebih banyak serat makanan daripada nasi putih. Tetapi keduanya bermanfaat jika Anda dapat mengontrol ukuran porsi (disarankan cangkir per porsi). Selain itu, nasi akan memberi Anda dorongan energi yang cepat dengan mengisi kembali otot dan sel Anda masing-masing dengan glikogen dan glukosa.

Lemak

7. Alpukat

Alpukat adalah buah berkalori tinggi, namun juga kaya akan serat, lemak sehat dan vitamin A, C, E, K, dan B6. Para ilmuwan juga percaya bahwa mengonsumsi alpukat dapat membantu mengelola masalah berat badan, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan menyebabkan penuaan yang sehat . Makan seperempat buah alpukat atau tambahkan ke salad/smoothies/roti panggang untuk mendapatkan energi setelah berolahraga.

8. Kacang

Kacang adalah segelintir kecil penambah kesehatan. Mereka adalah sumber lemak sehat, protein, serat makanan, vitamin, dan mineral . Masukkan beberapa almond, kacang tanah, dan pistachio ke dalam mangkuk smoothie Anda atau cukup makan segenggam setelah berolahraga.

Baca Juga :

<strong>8 Alasan Karbohidrat Olahan Buruk Untuk Anda</strong>

Ini 6 Buah Rendah Karbohidrat yang Cocok untuk Diet

Cocok Buat Diet, 8 Sayuran Ini Memiliki Kadar Karbohidrat Rendah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Kesehatan Yang Mengesankan Dari Adas Manis

Pimpinella anisum, yang dikenal sebagai adas manis, adalah