Bagi orang yang sedang berjuang menurunkan berat badan, konsumsi buah dan sayur adalah sebuah kewajiban. Selain itu, ia juga perlu mengurangi porsi makan serta mengurangi asupan karbohidrat.

Namun, mengurangi asupan karbohidrat tidak semudah yang dibayangkan. Karena, di luar sana banyak buah dan sayuran yang juga tinggi kadar karbohidrat sehingga kurang cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Perlu diingat, tidak semua buah tinggi karbohidrat. Buah mengandung jumlah karbohidrat yang bervariasi. Jadi, kamu harus memilih buah yang tepat dalam jumlah yang tepat pula agar dapat menikmati manfaat kesehatannya. 

Berikut adalah daftar buah-buahan rendah karbohidrat yang cocok dikonsumsi saat sedang diet :

  1. Semangka

Buah yang identik dengan kudapan musim panas ini ternyata mengandung karbohidrat paling rendah daripada buah lainnya. Setiap 100 gram semangka hanya mengandung 7,55 gram karbohidrat saja. Tentu, buah semangka akan cocok kamu konsumsi saat diet.

Tak hanya itu, semangka juga tinggi vitamin A dan tinggi kandungan air sehingga akan membantu kamu tetap kenyang dan terhidrasi. Bahkan, banyak yang menyebut bahwa kulit semangka juga memiliki manfaat kesehatan. Paket lengkap, bukan?

  1. Beri

Buah beri tidak hanya cantik saat dijadikan hiasan atau topping hidangan pencuci mulut, tapi beri juga baik dikonsumsi saat sedang diet. Mengapa begitu? Karena buah beri mengandung karbohidrat yang rendah. Di antara semua jenis buah beri, raspberry memiliki kandungan karbohidrat paling sedikit.

Dalam setiap 100 gram stroberi, hanya terdapat 7,68 gram karbohidrat saja. Sementara, dalam setiap 100 gram blackberry terdapat 9,61 gram karbohidrat. Untuk raspberry, setiap 100 gram mengandung 5,44 gram karbohidrat per 100 g porsi. 

Selain rendah karbohidrat, buah beri juga merupakan sumber antioksidan, potasium, dan vitamin C yang sangat baik. Buah beri pun mengandung fitokimia, yaitu senyawa pencegah penyakit kronis.

  1. Blewah

Di Indonesia, buah blewah terkenal sebagai bagian penting dari minuman es buah. Biasanya, buah blewah dipotong memanjang dan dijadikan salah satu isian es buah segar. 

Ternyata, buah yang masuk dalam keluarga melon ini rendah karbohidrat, loh. Karenanya, blewah cocok dikonsumsi saat diet. Dalam setiap 100 gram blewah terdapat 8,16 gram karbohidrat. 

Untuk menambah kenikmatannya, kamu bisa mengonsumsi blewah dengan cara mencampurkan jeruk nipis dan daun mint. 

  1. Alpukat

Meskipun tampak seperti buah yang berat atau tinggi karbohidrat karena cenderung mengenyangkan, tapi sebenarnya alpukat hanya mengandung sedikit karbohidrat. Dalam setiap 100 gram alpukat, hanya ada 8,53 gram karbohidrat saja, loh. 

Mengonsumsi alpukat setiap hari akan memberi kamu asupan lemak tak jenuh yang sehat. Lemak tak jenuh dikenal baik untuk kesehatan jantung. Jadi, jangan lupa masukkan alpukat dalam menu harian kamu selama diet, ya! Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau mencampurkannya ke dalam salad sayur dan buah yang kamu buat di rumah. 

  1. Persik

Buah persik yang manis dan berair ternyata hanya mengandung sedikit karbohidrat, loh. Dalam setiap 100 gram buah persik, hanya terdapat sekitar 9,54 gram karbohidrat saja. 

Buah yang satu ini bisa kamu konsumsi sebagai camilan rendah karbohidrat yang cocok saat sedang ingin menurunkan berat badan. Untuk membuat camilan lebih tasty, coba sajikan dengan keju cottage, ya!

Baca Juga :

Cocok Buat Diet, 8 Sayuran Ini Memiliki Kadar Karbohidrat Rendah

8 Produk Makanan Ini Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat, Cocok Buat Diet

8 Sayuran Terbaik Untuk Gantikan Karbohidrat Saat Diet

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Bagaimana Cara Mengganti Nutrisi Penting Jika Anda Diet Bebas Susu

Jika Anda berencana untuk mengikuti diet bebas susu,