Bagi seseorang yang suka berganti-ganti produk skincare atau tengah mencoba produk perawatan tertentu harus memiliki trik khusus untuk mengetahu cocok dan tidaknya skincare pada kulit. Inilah seringkali yang membuat seseorang merasa kesulitan.

Untuk mengecek cocok dan tidaknya skincare pada kulit, dibutuhkan jangka waktu tertentu. Jenis kulit yang berbeda serta permasalah kulit yang berbeda tentu memberikan efek yang berbeda pula pada masing-masing orang. Kamu harus tahu bagaimana tanda cocoknya sebuah skincare pada kulit. Setelah dibahas di bagian pertama simak yuk bagian kedua.

Noda Hitam Memudar

Flek hitam memang menjadi masalah kulit yang menjengkelkan. Banyak orang yang memilih menggunakan produk pencerah wajah untuk memudarkan flek hitam ini. Skincare biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memudarkan flek hitam ini terutama bila menggunakan bahan aktif pencerah yang tidak keras. Biasanya skincare membutuhkan waktu 3-4 minggu untuk memudarkan bekas jerawat dan noda hitam pada wajah. 

Pilih skincare yang mengandung bahan aktif seperti glutathioner, purslane extract, panthenol, centella asiatica, dan lainnya untuk membantu memudarkan noda hitam. Selain itu, bahan aktif  diatas juga membantu menyamarkan kerutan dan tanda penuaan dini lain. 

Tidak Menyebabkan Jerawat

Skincare yang cocok seharusnya bisa menyembuhkan jerawat. Biasanya skincare untuk jerawat mulai menunjukkan hasilnya setelah dua minggu pemakaian. Namun ada juga istillah purging yang kerap dianggap sebagai tanda skincare tidak cocok. Purging adalah bertambahnya skincare sebagai reaksi kulit terhadap penggunaan skincare baru. Biasanya setelah muncul purging, kulit akan membaik dengan sendirinya. Biasanya setelah tiga bulan pemakaian, purging akan hilang. 

Namun bila setelah tiga bulan pemakaian, kulit terus menerus berjerawat, bisa jadi kulit mengalami breakout atau tidak cocok. Breakout ini adalah reaksi kulit yang tidak cocok terhadap skincare dan menyebabkan munculnya jerawat yang lebih banyak. 

Tidak Menyebabkan Iritasi Dan Gatal

Yang terpentig skincare yang bekerja dengan baik tidak menyebabkan iritasi dan gatal ataupun kemerahan. Bila pada beberapa kali pemakaian kulit menjadi perih, merah, dan gatal, itu menjadi tanda bila kulit menjadi iritasi. Untuk menghindari iritasi, pilih skincare dengan bahan aktif yang lembut seperti skincare yang memiliki kandungan bahan-bahan yang memang diformulasikan untuk menghindari iritasi pada kulit seperti hyaluronic acid, panthenol, glycerin, dan sebagainya. 

Berapa Lama Waktu Untuk Melihat Cocok dan Tidaknya Sebuah Skincare?

Untuk melihat cocok dan tidaknya sebuah skincare pad akulit memang dibutuhkan waktu. Ngga ada yang instan ya, apalagi semalam langsung cling. Ahli dermatologi mengungkapkan setidaknya dibutuhkan 1 bulan pemakaian untuk mengetahui cocok dan tidaknya skincare, karena dibutuhkan kurang lebih 30 hari bagi lapisan kulit paling atas (epidermis) untuk regenerasi.

Untuk keseluruhan, dibutuhkan waktu sekitar 3-4 bulan lamanya untuk melihat cocok dan tidaknya sebuah skincare pada kulit. Namun, hal ini juga tergantung dari kandungan produk perawatan kulit yang akan digunakan, misalnya saja pengobatan jerawat maka pastikan kamu memilik produk dengan kandungan retinol atau retinoid.

Baca Juga :

Tahapan Penggunaan Skincare Untuk Pria

Mengintip Seberapa Penting Skincare bagi Pria

Skincare dengan Bahan Aktif Hyaluronic Acid? Amankah?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Ketahui Kapan Anda Harus Mengganti Make Up dan Parfum Anda

Angkat tangan, sudah berapa lama Anda menggunakan maskara