Selama ini penggunaan skincare masih umum dilakukan oleh wanita saja. Namun seiring berkembangnya dunia kecantikan, tidak sedikit pria yang juga melakukan perawatan wajah dan tubuh. Meskipun menggunakan skincare masih dianggap sebagai hal yang feminin, namun banyak pria yang memerlukan perawatan lebih untuk meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri.

Padahal meski bukan karena kepercayaan diri dan penampilan, merawat wajah dan tubuh adalah sebuah keharusan bagi pria dan wanita. Meski begitu jenis dan jumlah skincare yang digunakan antara pria dan wanita tentu berbeda. Berikut ini beberapa penjelasan mengapa pria juga harus menggunakan skincare dan apa saja rekomendasinya. 

Mengapa Pria Perlu Pakai Skincare?

Ada banyak alasan mengapa pria perlu menggunakan skincare. Umumnya pria dituntut untuk berpenampilan rapi ketika bekerja sehingga mereka merasa perlu untuk melakukan perawatan tubuh dan wajah. 

Wajah Lebih Berminyak

Kondisi kulit pria cenderung lebih berminyak karena mempunyai hormon testosteron. Secara tidak langsung hormon ini memicu produksi minyak yang lebih banyak dibanding wanita. Kulit wajah yang lebih berminyak ini juga lebih rentan terhadap masalah kulit seperti jerawat dan komedo. 

Pori-Pori Lebih Besar

Kulit wajah pria juga mempunyai pori-pori yang lebih besar dibanding wanita. Hal ini menyebabkan kotoran dan kuman lebih rentan berkumpul di dalam pori-pori. Bila tidak dibersihkan secara rutin, hal ini akan menjadi masalah kulit seperti memicu jerawat, komedo, dan menyebabkan wajah yang kusam. 

Bercukur

Mencukur jenggot dan kumis bisa menyebabkan iritasi, ruam, dan juga kemerahan. Meski sudah menggunakan krim atau gel cukur, namun lapisan atas kulit juga ikut hilang karena bercukur. Untuk mengembalikan kelembaban kulit setelah bercukur, maka pria juga perlu memakai moisturizer. 

Lebih Rentan Polusi

Pria mempunyai aktivitas yang lebih banyak terutama aktivitas luar ruangan. Sehingga mereka lebih rentan terkena polusi. Dengan kondisi kulit yang lebih berminyak dan pori-pori yang lebih besar, paparan polusi jelas akan menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, flek hitam, kerutan, penuaan dini, komedo, dan sebagainya. 

Mencegah Penuaan

Tidak memandang gender, baik pria maupun Wanita pasti akan mengalami penurunan kadar collagen yang menyebabkan munculnya tanda penuaan. Pria cenderung memiliki kadar elastin dan collagen yang lebih tinggi dibanding Wanita. Namun, hal ini bukanlah alasan pria sama sekali tidak menggunakan skincare. Sama seperti Wanita, pria pun sebaiknya menggunakan skincare yang memang diformulasikan khusus untuk pria.

Investasi

Ada yang meyakini bahwa merawat kulit wajah adalah sebuah investasi. Merawat wajah sebenarnya menjadi kewajiban semuanya, baik pria maupun Wanita. Merawat kulit semenjak dini bagaikan investasi jangka Panjang yang tak ternilai. Dengan rutin menggunakan skincare, maka akan didapat wajah yang sehat dan mengurangi munculnya tanda penuaan.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Wajah yang kusam dan bermasalah biasanya menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. Berbanding terbalik dengan seseorang yang memiliki permasalah kulit, maka ia akan merasa rendah diri dan malu untuk tampil di depan umum

Jadi, kaum pria sebaiknya juga mempertimbangkan untuk ikut menggunakan skincare. Pilih skincare yang cocok dengan jenis kulit dan masalah kulit yang dimiliki. Akan lebih baik jika kamu berkonsultasi dengan dokter secara langsung.

Baca Juga :

3 Alasan Sudah Rajin Skincare-an tapi Wajah Tetap Kusam. Nomor 1 Wajib Sabar

Mengenal Purslane Extract Yang Banyak Ditemukan Pada Produk Skincare Masa Kini

Mengenal Vitamin E Pada Skincare

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Bahan Aktif untuk Atasi Keriput – Bagian 2

Setelah sebelumnya dibahas mengenai 5 bahan aktif untuk