Siapa yang memutuskan untuk emnjadi vegetarian? Gimana rasanya? Bisa jadi kamu mulai menikmati atau malah menyerah? Sebenarnya menjadi vegetarian adalah pilihan dan bisa menjadi nikmat jika kamu sabar dengan prosesnya.

Menu vegetarian saat ini juga semakin beragam. Banyak variasi menu makanan untuk vegetarian yang dapat dicoba. Jadi, semangat ya.

Seberapa Jauh Kamu Ingin Mencoba?

Saat kamu memutuskan untuk menjadi vegetarian, maka kamu tidak akan makan daging, baik daging ungags maupun ikan, namun kamu tetap bisa mengkonsumsi produk turunannya seperti susu dan telur. Berbeda jika kamu memutuskan untuk menjadi vegan, maka kamu tidak boleh mengkonsumsi telur dan susu.

Menjadi Vegetarian Yang Baik

Untuk menjadi vegetarian, maka kamu harus mempetimbangkan banyak hal dan memilih banyak hal agar kamu tidak kekurangan nutrisi, diantaranya

Pilih Protein 

Walaupun tidak mengkonsumsi daging, kamu bisa mendapatkan asupan protein yang berasal dari nabati. Pastikan kamu mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan sebagai pengganti protein.

Olah Resep

Jika kamu terbiasa mengkonsumsi daging, maka carilah hidangan favoritmu versi vegetarian, misalnya saja kamu bisa membuat lasagna dengan bayam atau tahu sebagai pengganti dagingnya. Kamu juga dapat membuat steik tahu atau tempe sebagai ganti daging steik.

Kamu juga bisa menyiapkan paprika, lalu isi paprika dengan beragam jenis sayuran. Sebagai pengganti daging, kamu bisa menambahkan kacang di dalamnya. Kamu juga bisa membuat omelet yang diisi sayuran. Telur adalah sumber protein yang baik. Omelet juga sangat mudah dibuat dan isinya bisa divariasikan menggunakan beragam sayur maupun jamur.

Bagaimana dengan pecinta burger?  Tenang, kamu bisa mencari sesuatu agar teksturnya mirip dengan burger asli. Cobalah burger vegetarian. Beberapa supermarket menjual burger yang ramah vegetarian. Memang harus mau mencari produk pengganti ya.

Produk kedelai adalah sumber protein yang serbaguna. Mereka dapat digunakan sebagai pengganti daging. Kamu bisa menggunakan tempe sebagai gantinya. Jika ingin camilan sehat, kamu bisa mengkonsumsi edamame yang sehat.

Raih Manfaat Dari Menjadi Vegetarian

Kaum vegetarian harus bangga, karena banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kaum vegetarian lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit seperti jantung dan diabetes tipe 2. Seorang vegetarian yang banyak mengkonsumsi buah buahan dan sayur akan mendapatkan banyak manfaat yang dapat membantu melindungi mereka, terutama dari penyakit kanker.

Dapatkan Nutrisi yang Kamu Butuhkan

Pastikan kamu mendapatkan cukup zat besi, vitamin B12, seng, kalsium, dan vitamin D, terutama jika kamu menjalani pola makan vegan. Ahli diet dapat memberi kamu tip atau memberi tahu jika kamu membutuhkan suplemen

Temukan Sumber Kalsium dan Vitamin D

Jika kamu makan susu, keju, atau yogurt, mungkin tubuhmu masih mendapatkan cukup kalsium untuk menjaga tulang tetap kuat. Tetapi jika kamu memutuskan untuk menjadi vegan, kamu tidak akan mendapatkan sumber kalsium dan vitamin D. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pengganti kalsium dan vitamin D seperti susu kedelai dan almond.  Selain itu, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi sayuran hijau dan kacang kacangan. Selamat mencoba. 

Baca Juga :

6 Selebriti Ini Mendukung Gaya Hidup Vegan dan Vegetarian, Loh!

Diet Mediterania Dan Vegetarian yang Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

Manfaat Menjadi Vegetarian yang Harus Kamu Tahu. Gimana? Tertarik?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cara Cepat Melunasi Hutang , 12 Tips Praktis Dari Ahli Keuangan – Bag 2

Tidak dipungkiri jika di era sekarang ini kebutuhan