Sebagian besar dari kita merasa lebih baik ketika kita memiliki rambut yang baik. Tentunya para wanita sangat mementingkan penampilan rambutnya. Memikirkan rambut rontok saja bisa sangat mengurangi suasana hati Anda, jadi bayangkan betapa traumatisnya menghadapinya saat Anda kehilangannya.

Agar bisa melakukan pencegahan rambut rontok, akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu mengetahui apa saja penyebab rambut Anda mengalami kerontokan. Berikut ini beberapa penyebab mengapa rambut Anda mengalami kerontokan.

  1. Hormon

Hormon adalah penyebab rambut rontok yang cukup umum, terutama pada wanita. Perubahan hormon yang disebabkan karena PCOS, menopause, melahirkan, dll, akhirnya mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan dapat menyebabkan rambut rontok.

  1. Keturunan

Genetika adalah penyebab alami lain dari kerontokan rambut pada pria dan wanita. Jika orang tua atau kakek-nenek Anda mengalami kebotakan secara alami, maka itu bisa menjadi penyebab kebotakan pada pria atau kebotakan pola turun-temurun.

  1. Stress

Jika Anda mengalami terlalu banyak tekanan emosional atau mental, hal itu dapat mengirim tubuh Anda ke mode trauma, yang berarti bahwa rambut Anda berhenti menerima vitamin dan nutrisi penting, yang menyebabkan banyak rambut rontok dan penipisan. Meluangkan sedikit waktu dalam sehari untuk bermeditasi, bersantai atau menikmati aktivitas yang Anda sukai, membantu mengurangi stres dan sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut.

  1. Gaya hidup

Merokok, kurang tidur, paparan sinar matahari yang berlebihan, terlalu banyak stres fisik, dll, akhirnya mempengaruhi fungsi tubuh Anda, yang menyebabkan stres internal dan ketidakseimbangan hormon. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan terlalu banyak rambut rontok.

  1. Pengobatan

Jika Anda sedang mengonsumsi obat untuk masalah tiroid, tekanan darah tinggi, kanker, antidepresan, atau masalah jantung, maka itu bisa menyebabkan rambut rontok. Bicaralah dengan dokter Anda tentang masalah ini, sehingga mereka dapat memberi Anda semacam obat untuk mengurangi rambut rontok.

  1. Kekurangan nutrisi

Hal ini biasanya masalah yang cukup umum bagi mereka yang sedang menjalani diet vegetarian. Selain itu, berkat gaya hidup modern dan kebiasaan makan, rambut kita tidak menerima jumlah nutrisi yang dibutuhkan seperti protein, asam amino, vitamin, dll. Semua elemen ini dapat bersatu untuk menyebabkan rambut rontok. 

  1. Tata rambut

Menggunakan alat tata rambut yang panas pada rambut Anda terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada rambut Anda. Begitu juga jika menata rambut Anda dengan gaya rambut yang ketat yang pada akhirnya memberikan banyak tekanan pada folikel Anda. Hal ini menyebabkan ikatan rambut lebih lemah, menyebabkan kerontokan rambut permanen.

Rutinitas Perawatan Rambut untuk Menghentikan Rambut Rontok

Jika sudah mengetahui penyebab rambut rontok, maka kini saatnya Anda mengetahui perawatan rambut yang dapat membantu Anda menghentikan rambut rontok.

  • Pijat kepala Anda sendiri

Memijat kepala Anda dengan natural oil dapat memberikan kulit kepala Anda semua nutrisi penting, menenangkan kulit kepala dan merangsang folikel yang tidak aktif kembali beraksi, menjadikannya cara yang luar biasa untuk membatasi kerontokan rambut, dan mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat. Minyak terbaik untuk ditambahkan ke pijat kepala adalah minyak kelapa, minyak almond, minyak jarak ditambah dengan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak lavender, minyak rosemary, minyak kenanga atau minyak pohon teh. Ingatlah untuk memijat kulit kepala Anda secara menyeluruh menggunakan ujung jari Anda untuk membiarkan minyak meresap jauh ke dalam kulit kepala.

  • Membersihkan kulit kepala Anda

Membersihkan rambut Anda adalah hal yang mutlak harus dilakukan untuk mencegah rambut rontok, tetapi sebelum Anda masuk ke dalamnya, Anda perlu memahami seberapa sering Anda harus mencuci rambut sesuai dengan jenis rambut Anda.

Jadi setelah melakukan penelitian, inilah yang kami temukan. Jika Anda memiliki rambut berminyak, Anda harus mencuci rambut lebih sering untuk membersihkan kulit kepala dari penumpukan yang diketahui dapat meningkatkan kerontokan rambut dan bahkan menyebabkan infeksi. Anda mungkin juga perlu sering mencuci rambut jika Anda sering berada di luar ruangan atau berolahraga setiap hari.

  • Kondisikan secara teratur

Mengkondisikan rambut Anda, baik menggunakan kondisioner rambut normal, kondisioner tanpa bilas, atau dengan masker rambut deep conditioning, sangatlah penting. Rambut yang dikondisikan tidak hanya terlihat sehat dan tidak kusut, tetapi juga mencegah kerusakan yang tidak perlu karena kekeringan. Jika menurut Anda masker rambut adalah urusan yang mahal, maka Anda bisa mencoba masker rambut DIY yang super sederhana dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang biasa ditemukan di dapur Anda. Masker ini 100% alami dan pasti akan membantu mencegah kerontokan rambut. kurangi berapa kali Anda mencuci rambut

Baca Juga :

Apakah Shampo Rambut Rontok Benar-Benar Berfungsi? Ketahui Kebenarannya di Sini!

Rambut Rontok Parah? Coba Cara Ini Agar Rambut Lebih Kuat dan Lebat

Girls, Atasi Rambut Rontok Ternyata Bukan Dengan Shampoo,Tapi Dengan Ini..

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Masker Telur Untuk Wajah Agar Kulit Glowing

Apa yang mengingatkan Anda pada telur? Yah, tentu