Saat ini, sebagian besar orang menderita kerontokan dan penipisan rambut. Genetika mungkin memainkan peran untuk beberapa orang, tetapi bahan kimia dalam produk penataan rambut dan pewarnaan mungkin terlibat untuk orang lain.

Apa cara terbaik untuk menghilangkan masalah ini? Apakah Anda perlu minum obat? Apakah ada solusi alami yang harus Anda pertimbangkan? Anda mungkin menemukan artikel ini bermanfaat jika Anda mengalami penipisan rambut atau kerontokan rambut saat ini. Kami telah mengumpulkan saran terbaik kami tentang cara mengurangi rambut rontok di rumah pada tahap paling awal.

  1. Pembersihan rambut

Jelas membersihkan rambut Anda adalah bagian penting untuk mencegah rambut rontok, tetapi sebelum itu, Anda perlu memahami jenis dan tekstur rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut berminyak, kami sarankan Anda mencuci rambut lebih sering untuk mencegah kulit kepala Anda tersumbat yang pada gilirannya menyebabkan rambut rontok. Jika Anda memiliki rambut kering, cuci hanya dua kali seminggu. Sering mencuci rambut kering hanya akan menghasilkan pengupasan yang tidak perlu dari rambut alami rambut Anda, membuatnya kering dan rentan terhadap kerusakan.  

  1. Pijat kepala 

Pijat kepala kerap kali diremehkan untuk generasi ini dan itu semua yang kita butuhkan untuk bersantai dan memanjakan kulit kepala kita dengan nutrisi yang sangat dibutuhkan. Biasakan untuk menggunakan minyak anti rambut rontok dan pijat kulit kepala Anda setidaknya dua kali seminggu. Ini akan membuat Anda lebih baik daripada yang dapat Anda bayangkan. Pijat minyak membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala Anda yang membantu memperkuat akar dan folikel rambut. Semakin kuat akarnya, semakin sedikit rambut rontok. Pijat minyak mencegah rambut rontok sekaligus mengurangi ketombe dan kemungkinan infeksi kulit kepala.

  1. Penataan rambut yang hati-hati

Kita semua suka menjadi gila mencoba tren rambut terbaru, sedikit yang kita sadari bahwa rambut kita sensitif terhadap banyak hal mulai dari panas hingga resistensi dan bahan kimia. Lain kali Anda memutuskan untuk mewarnai rambut Anda dengan warna pelangi atau memanaskannya dengan bentuk yang persis berlawanan dengan tekstur alaminya – luangkan waktu sejenak dan pikirkan. Apakah Anda benar-benar ingin melakukannya? Jika ya, apakah Anda siap untuk lebih berhati-hati dalam merawat rambut dan tingkatkan perawatannya? Jika jawabannya masih ya maka lanjutkan. Untuk penataan harian, pastikan Anda tidak mengeringkan rambut setiap hari dan jika perlu gunakan semprotan pelindung panas yang baik untuk mencegah rambut rontok. Juga disarankan untuk menghindari memakai sanggul ketat, kuncir kuda, dan kepang. Hanya saja, jangan membuat rambut Anda stres, biarkan bernapas.

  1. Diet sehat untuk rambut sehat

Perlu disadari betapa pentingnya memantau apa yang kita konsumsi, apa yang kita makan adalah apa yang terlihat pada kesehatan, kulit, dan rambut kita. Untuk mencegah kerontokan rambut sebaiknya konsumsi makanan yang banyak mengandung Protein, Vitamin E, Biotin, Zat Besi dan Seng. Zat besi penting untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan secara alami mencegah rambut rontok. Makanan yang mengandung hampir semua nutrisi ini adalah daging tanpa lemak, keju, yogurt, telur, beri, bayam, ikan, dan kacang-kacangan. Ini adalah fakta yang diketahui bahwa makan dua kenari sehari membantu mengurangi rambut rontok dan membuat rambut Anda lebih kuat.

  1. Berhenti stres

Banyak penelitian membuktikan bahwa stres berbahaya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan dan juga menyebabkan rambut rontok. Berlatih menghilangkan stres untuk mencegah rambut rontok secara nyata dan menjaga diri Anda dalam kondisi pikiran yang lebih baik. Ketika Anda stres tubuh Anda melepaskan hormon seperti epinefrin dan kortisol yang bertindak sebagai penghalang dalam proses pertumbuhan rambut alami. Jadi cara terbaik untuk mengendalikan stres adalah dengan melibatkan diri Anda dalam kegiatan yang menenangkan pikiran seperti berjalan, membaca buku, meditasi atau berenang, pada dasarnya apa pun yang Anda suka lakukan untuk mengalihkan pikiran Anda dari stres. Mulailah melakukan ini hari ini sendiri, mulailah dengan menarik napas dalam-dalam.

  1. Gunakan masker rambut

Ini adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan pada hari Minggu yang santai sebelum mandi. Ada banyak masker rambut yang tersedia di pasaran, pilihlah yang sesuai dengan jenis rambut dan masalah rambut rontok Anda. Jika Anda tidak ingin menghabiskan uang untuk produk, Anda selalu dapat membuat masker rambut DIY menggunakan bahan-bahan alami seperti telur, yoghurt, minyak zaitun, alpukat, pisang, daun pacar, dll. Daftar masker rambut DIY tidak ada habisnya. Anda hanya perlu mengetahui apa yang Anda inginkan untuk rambut Anda sekaligus mencegah rambut rontok.

Baca Juga :

Apakah Shampo Rambut Rontok Benar-Benar Berfungsi? Ketahui Kebenarannya di Sini!

Rambut Rontok Parah? Coba Cara Ini Agar Rambut Lebih Kuat dan Lebat

Girls, Atasi Rambut Rontok Ternyata Bukan Dengan Shampoo,Tapi Dengan Ini..

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Masker Telur Untuk Wajah Agar Kulit Glowing

Apa yang mengingatkan Anda pada telur? Yah, tentu