Tahukah kamu, lebih dari  50% wanita di dunia ini mengalami kerontokan rambut. Kebanyakan, wanita yang mengalami kerontokan rambut adalah mereka yang berusia 40 tahun ke atas, mereka yang baru saja melahirkan, mereka yang mulai menopause, atau mereka yang menjalani gaya hidup tidak sehat. 

Nah, bagi kamu yang mengalami rambut rontok dan dibuat khawatir karenanya, berikut tips yang bisa dicoba untuk membuat rambut jadi lebih kuat dan lebat: 

  1. Oleskan minyak rambut di kulit kepala 

Minyak rambut bisa sangat berguna untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut. Jika biasanya kamu mengoleskan minyak rambut pada bagian helai, sekarang coba kamu oleskan minyak rambut yang biasa kamu pakai ke bagian kulit kepala. Cara ini bisa memperbaiki garis rambut dan membuat rambut kamu lebih kuat.

  1. Hati-hati memilih sampo

Jangan sembarangan memilih sampo atau hobi berganti sampo. Rambut dan kulit kepala kamu memiliki karakteristik tertentu yang membutuhkan sampo jenis tertentu pula. Usahakan untuk memilih sampo yang paling cocok dan tidak menimbulkan alergi. Selain itu, tetaplah memakai sampo yang sama atau jika memang terpaksa harus ganti, carilah sampo dengan komposisi yang sama seperti sampomu sebelumnya. 

  1. Coba masker rambut dengan kayu manis 

Kayu manis tidak hanya baik dikonsumsi sebagai bahan pelengkap roti atau masakan tertentu, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan rambut kamu. Hal ini terjadi karena kayu manis memiliki sifat anti mikroba dan mampu merangsang sirkulasi darah yang baik untuk kulit kepala kamu.

Untuk membuat masker rambut dengan kayu manis, kamu hanya perlu mencampurkan kayu manis dan minyak kelapa dengan perbandingan yang sama. Misalnya, tiga sendok bubuk kayu manis dan tiga sendok minyak kelapa. Selanjutnya, aduk sampai tercampur rata. Kemudian, oleskan masker kayu manis ke kulit kepala dan akar rambut kamu. Biarkan selama 45 menit sebelum dibilas sampai bersih. 

  1. Coba masker kopi untuk kulit kepala

Kamu penggemar kopi? Kabar baik buat kamu, kopi yang kamu miliki di rumah bisa dimanfaatkan untuk membuat masker rambut yang mampu mengurangi kerontokan. Bagaimana bisa?

Ternyaa, kafein yang ada dalam kopi memiliki efek positif pada pertumbuhan rambut. Kafein bisa mencegah rambut rontok dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala ketika kamu mengaplikasikan masker sabil memijat kuli kepala.

Kamu bisa mengambil ampas kopi, lalu memijatnya dengan lembut ke area kulit kepala. Kafein yang terkandung dalam kopi akan memblokir hormon dihidrotestosteron (DHT) yang bertanggung jawab atas kerontokan rambut yang kamu alami. 

  1. Jangan hanya keramas, tapi pakai kondisioner juga 

Banyak ahli menyarankan agar kita keramas setidaknya dua atau tiga hari sekali. Nah, selain membersihkan rambut dengan sampo, kita juga wajib merawat kelembapan rambut dengan cara mengaplikasikan kondisioner segera setelah keramas. Perpaduan perawatan rambut dengan sampo dan kondisioner bisa membuat rambut kita lebih kuat dan lebih tebal. 

  1. Konsumsi makanan yang mengandung seng setidaknya setiap hari 

Perawatan untuk rambut rontok juga perlu dilakukan dari dalam. Bagaimana caranya? Kamu harus mendapatkan asupan seng sejumlah 8 sampai 11 miligram (mg) dalam sehari. Nutrisi seng penting untuk tubuh karena mampu mengurangi kerontokan rambut. Nah, makanan yang mengandung seng antara lain kacang-kacangan, daging, kerang, susu, dan telur.

Baca Juga :

7 Cara Mudah Atasi Rambut Rontok

Bulu Mata Rontok! Jangan-Jangan Kebiasaan Ini Yang Sering Kamu Lakukan

Girls, Atasi Rambut Rontok Ternyata Bukan Dengan Shampoo,Tapi Dengan Ini..

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Terapi Cahaya Untuk Jerawat Bag 2

Jika Anda pernah berurusan dengan jerawat, bahkan jika