Minyak goreng adalah cairan yang diekstraksi dari tumbuhan, hewan, atau lemak sintetis dan digunakan dalam berbagai metode memasak. Meskipun semua minyak goreng mengandung kalori karena tinggi lemak, minyak goreng dapat menjadi bagian yang sehat dari diet seimbang. Minyak goreng terbuat dari lemak tak jenuh dan lemak jenuh. Banyak minyak juga mengandung omega-3 dan vitamin E.

Tubuh kita lebih baik dalam memetabolisme lemak tak jenuh. Padahal lemak jenuh merugikan kesehatan jantung. Untuk pilihan yang paling sehat, pilihlah minyak yang rendah lemak jenuh dan tinggi lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. 

Apa itu lemak tak jenuh ganda?

Lemak tak jenuh ganda dianggap sebagai jenis lemak yang baik. Ini karena, di antara manfaat kesehatan lainnya, lemak tak jenuh ganda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Ada tiga jenis lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam minyak: omega-3, omega-6, dan omega-9. Omega-3 dan omega-6 keduanya merupakan lemak makanan esensial karena tidak dapat dibuat oleh tubuh. Ini adalah anti-inflamasi. Omega-6 juga penting tetapi harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kelebihan omega-6 bila tidak diimbangi dengan omega-3 diduga memiliki efek sebaliknya.

Seperti lemak tak jenuh ganda, lemak tak jenuh tunggal adalah jenis lemak bermanfaat yang dapat menurunkan kolesterol. Inilah sebabnya mengapa minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun dan minyak lobak dianggap sebagai pilihan yang lebih sehat.

Bagaimana memilih minyak yang tepat?

Saat memilih minyak untuk memasak, penting juga untuk mempertimbangkan untuk apa Anda ingin menggunakannya. Misalnya, hanya minyak dengan titik asap tinggi yang cocok untuk menggoreng. Jika minyak terlalu panas, lemak baik akan terdegradasi dan radikal bebas berbahaya terbentuk.

Minyak yang tinggi lemak jenuh dianggap kurang sehat. Minyak kelapa meskipun sering dipasarkan sebagai minyak sehat, terdiri dari sekitar 90% lemak jenuh. Studi ilmiah belum dapat mendukung klaim bahwa minyak kelapa itu sehat. Makan lemak jenuh dalam jumlah berlebihan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jadi kami sarankan Anda memilih minyak dengan lemak jenuh yang lebih sedikit jika memungkinkan.

Namun, penting untuk diingat bahwa semua lemak, jenuh atau tidak jenuh, mengandung jumlah kalori yang sama sehingga harus dinikmati dalam jumlah sedang sebagai bagian dari diet seimbang. Semua minyak goreng mengandung jumlah kalori yang sama. 1 sdm minyak zaitun extra virgin atau minyak sayur masing-masing mengandung 124 kal. Minyak kelapa sedikit lebih berkalori sekitar 135kal per 15g porsi.

Minyak paling sehat  

  1. Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak ini tinggi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Ini mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Minyak zaitun serbaguna tetapi memiliki rasa yang paling baik disimpan untuk saus dan untuk gerimis. Minyak zaitun extra virgin tidak cocok untuk menggoreng karena memiliki titik asap yang lebih rendah. Minyak ini lebih cocok untuk membuat salad.

  1. Minyak alpukat

Minyak alpukat juga tinggi lemak tak jenuh tunggal dan memiliki titik asap yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan untuk memasak dan menggoreng tanpa risiko gosong. Ini juga merupakan sumber asam oleat dan vitamin E yang baik. Minyak alpukat memiliki rasa dan warna yang lembut. Ini biasanya diproduksi secara organik tanpa menggunakan pelarut kimia tetapi sedikit lebih mahal daripada minyak lainnya.

  1. Minyak rapeseed cold-pressed

Minyak satu ini sangat rendah lemak jenuhnya dibandingkan dengan minyak lainnya. Minyak zaitun mengandung sekitar 14% lemak jenuh, sedangkan minyak lobak hanya 6%. Minyak canola memiliki titik asap yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk semua masakan tanpa risiko gosong. 

  1. Olive Oil Spray

Minyak ini sangat ideal jika Anda mengurangi kalori. Olive Oil Spray hampir tidak mengandung lemak jenuh dan 1 kalori per semprotan. Karena mekanisme semprotan, mudah untuk mengatur jumlah yang Anda gunakan.

Baca Juga :

7 Manfaat Menakjubkan dari Sesendok Minyak Zaitun di Pagi Hari

Lakukan 7 Hal Ini Untuk Menghindari Rambut Berminyak Tanpa Terlalu Sering Keramas

Apakah Minyak Kelapa Menurunkan Nilai Gizi Saat Dipanaskan? Inilah Jawabannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Ide Permainan Bridal Shower Menyenangkan yang Akan Disuka Tamu Anda

Dari merencanakan pesta lajang hingga memastikan pengantin wanita