Minyak alami yang ada di kulit kepalalah yang memfasilitasi pertumbuhan rambut yang sehat. Jadi, jika Anda memiliki kulit dan rambut kering secara alami, itu bisa menjadi salah satu dari banyak penyebab kulit kepala gatal. Nah, mari kita lihat kesengsaraan rambut khusus ini dan bagaimana Anda bisa memperbaikinya.

Kunci untuk menjaga kesehatan rambut adalah merawat kulit kepala Anda. Ini juga menentukan seberapa baik surai Anda berperilaku, jadi jika Anda mencari alasan kulit kepala gatal, Anda berada di tempat yang tepat. Meskipun tidak terlalu sulit untuk menjaga kesehatan kulit kepala, terkadang Anda mungkin mengalami masalah yang mungkin atau tidak dapat Anda kendalikan… seperti kulit kepala yang gatal! Berikut ini semua penyebabnya, dan beberapa pengobatan rumahan untuk kulit kepala yang gatal, yang diberikan oleh dokter kulit.

1. Kutu Kepala (Pediculosis Capitis)

Pernah melakukan karyawisata sekolah dan kembali dengan kulit kepala gatal hanya untuk ibumu turun ke bisnis dengan sisir bergigi rapat dan sampo obat? Yap, kutu kepala adalah salah satu alasan paling umum untuk kulit kepala gatal di kalangan anak-anak dan diagnosis dibuat dengan melihat kulit kepala kutu aktif atau telur kutu (telur) yang menempel di rambut.

2. Infeksi Jamur (Tinea Capitis)

Infeksi jamur juga bersifat menular dan muncul sebagai bercak kecil kerontokan rambut (sebagian atau seluruhnya) di kulit kepala. Mereka sangat gatal, dengan sisik ringan, bisul dan nanah.

3. Ketombe (Dermatitis Seboroik)

Setiap orang pernah mengalami atau mengetahui ketombe pada saat ini. Celakanya rambut yang umum ini ditandai dengan kulit kepala berminyak dan kulit kepala berketombe putih. Juga dikenal sebagai dermatitis seboroik, bisa sangat gatal. Dan meski ketombe bisa disembuhkan, ketombe bisa kembali meski berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian. Jadi, rasa gatal yang terkait dengannya bisa dikendalikan, tapi tidak bisa diberantas secara permanen.

4. Eksim (Dermatitis Atopik)

Kondisi lain yang menghasilkan serpihan ketombe adalah dermatitis atopik alias eksim yang terjadi pada orang yang memiliki kulit kering dan riwayat alergi. Berbeda dengan dermatitis seboroik dalam arti kulit kepala kering dan tidak berminyak. Ini terjadi karena alergi terhadap produk rambut, polusi lingkungan, dan kulit kepala kering.

5. Psoriasis kulit kepala (Sebopsoriasis)

Psoriasis pada kulit kepala terjadi ketika ada produksi minyak yang berlebihan. Ini muncul sebagai bercak putih berlebihan di area tertentu yang juga sangat gatal. Anda mungkin juga melihat lesi psoriasis di bagian tubuh lain dengan kondisi ini.

6. Biduran (Urtikaria)

Gatal-gatal dapat terjadi pada usia berapa pun dan muncul sebagai roda merah atau tambalan yang menonjol di tubuh dan di kulit kepala. Mereka disebabkan oleh reaksi alergi terhadap zat internal dengan perawatan seperti tablet antihistamin oral.

7. Iritasi kulit kepala

Salah satu dari sekian banyak penyebab kulit kepala gatal yang mungkin tidak terlintas di benak Anda adalah alergi. Iritasi kulit kepala terjadi karena alergi terhadap produk seperti pewarna rambut, perawatan protein (formaldehida), bahan kimia pelurus rambut, dan perawatan lainnya. Alergi ini terasa gatal dan dapat menyebar ke dahi sehingga menyebabkan pembengkakan. Iritasi kulit kepala juga dapat terjadi dengan produk rambut biasa pada individu yang rentan alergi.

Baca Juga :

5 Tips Mengatasi Kulit Kepala Gatal 

5 Alasan Penyebab Kulit Kepala Gatal Dan Cara Mengobatinya

Tips Praktis dan Murah Atasi Kulit Kepala Gatal

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Strategi Efektif untuk Mencegah Jerawat Akibat Kelembapan

Saat musim panas tiba dan tingkat kelembapan meningkat,