Kulit kepala Anda sebenarnya lebih gatal di musim dingin dibandingkan dengan semua musim lainnya. Meskipun ada beberapa alasan mengapa kulit kepala Anda terasa sangat gatal di musim dingin, alasan utamanya adalah kekeringan. Kurangnya kelembaban di udara dan pemanasan dalam ruangan dapat menyebabkan kekeringan yang berlebihan pada kulit kepala. Ini lebih buruk bagi mereka yang memiliki jenis kulit kering karena kekeringan biasanya disertai dengan pengelupasan dan goresan. Tumpukan pada fakta bahwa hoodies musim dingin, beanies dan syal memotong aliran udara ke kulit kepala, memberi jalan bagi bakteri dan mikroorganisme penyebab ketombe untuk berkembang dan menyebabkan lebih banyak gatal. Untungnya, ada cara untuk menghilangkan kulit kepala yang gatal. Simak tipsnya berikut ini.

  1. Fokus pada ketombe

Kulit kepala yang terkelupas adalah yang gatal, jadi urutan pertama bisnis Anda adalah menjaga kulit kepala Anda bebas dari ketombe. Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena mencuci pembersih ketombe biasa dapat secara signifikan menghilangkan minyak alami kulit kepala Anda dan membuatnya lebih kering dan mengelupas. Fokus untuk memperbaiki kesehatan kulit kepala dan rambut Anda sehingga ketombe tidak kembali dengan menggunakan sampo anti-ketombe dengan sifat menutrisi kulit kepala.

  1. Pijat kulit kepala dengan natural oil

Praktek rumah tangga desi memijat rambut Anda dengan minyak sebelum dicuci sebenarnya memiliki banyak manfaat. Pijat minyak dan masker dapat membantu menyehatkan kulit kepala Anda secara mendalam dan mengunci kelembapan yang dibutuhkan agar kulit kepala tetap bebas serpihan. Pilih minyak yang ringan dan tidak lengket seperti minyak argan, minyak jojoba atau minyak kelapa favorit setiap ibu. Pijat minyak ke kulit kepala Anda selama 10-15 menit dan biarkan selama satu jam sebelum mencucinya. Anda juga bisa membiarkannya semalaman dan mencuci rambut keesokan harinya.

  1. Hidrasi dari dalam ke luar dengan masker rambut

Gaya hidup Anda juga merupakan kontributor utama untuk menjaga kulit kepala yang ternutrisi dan bebas gatal. Fokus pada hidrasi — minum banyak air dan secara teratur mengukus kulit kepala Anda dapat membantu. Juga, kurangi air panas untuk mencuci rambut dan mengeringkan rambut secara berlebihan karena kerusakan akibat panas dari kebiasaan ini dapat semakin mengiritasi kulit kepala Anda.  

  1. Hindari berbagi alat perawatan rambut

Alasan lain mengapa kulit kepala Anda mungkin gatal adalah Anda berbagi alat perawatan rambut seperti sisir dan sikat dengan yang lain. Orang yang berbagi alat dengan Anda mungkin memiliki ketombe atau infeksi, dan mikrobanya mungkin berpindah ke rambut Anda dan menyebabkan kulit kepala Anda gatal.

  1. Makanan dan pola makan

Selain produk yang tepat, apa yang Anda makan juga menentukan kesehatan kulit kepala Anda. Jika Anda mengonsumsi alkohol, kafein, atau gula dalam jumlah tinggi, hal itu dapat menyebabkan kulit kepala kering, terutama selama bulan-bulan yang lebih panas. Karena itu, kurangi mereka dan pilih makanan yang kaya vitamin A dan E. Ini termasuk ikan, telur, keju, biji bunga matahari, almond, dan kacang tanah.

Baca Juga :

5 Alasan Penyebab Kulit Kepala Gatal Dan Cara Mengobatinya

Kutu Rambut Gak Cuman Bikin Kepala Gatal, Kamu Juga Bakal Jadi Gak PD. Makanya Buruan Basmi Pakai Cara Ini

Kepala Gatal Akibat Kutu ? Atasi dengan Cara Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun Untuk Bulu Mata Anda

Jika Anda sadar kesehatan, Anda pasti sudah tidak