Di dunia ini ada beberapa orang yang senang ketika rumahnya kedatangan tamu, entah itu tetangga, saudara, atau teman. Tetapi, ada beberapa orang yang tidak senang saat tamu datang ke rumahnya. 

Bukan tanpa alasan, memang ada beberapa perilaku seorang tamu yang bahkan orang paling ramah sekalipun tidak bisa menyangkal bahwa mereka merasa terganggu atau tidak nyaman dengan kehadiran tamu tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh perilaku tamu yang sangat mengganggu dan membuat pemilik rumah menjadi tidak nyaman karenanya:

  1. Menyentuh barang pribadi

Saat akan bermalam di tempat lain, entah itu rumah teman atau rumah saudara, sebaiknya kita membawa sikat gigi, sisir, dan pisau cukur sendiri. Atau, jika lupa membawa sikat gigi dan barang pribadi lain, sebaiknya tanyakan kepada pemilik rumah, apakah mereka memiliki sikat gigi cadangan. 

Pasalnya, barang-barang pribadi seperti sikat gigi, sisir, pisau cukur, dll., tidak pantas dan tidak sehat untuk dibagi bersama orang lain. 

  1. Mengkritik rumah

Setiap orang memiliki selera dan preferensi yang berbeda terkait interior rumah atau cara dia menata rumahnya. Jadi, akan sangat tidak sopan jika seorang tamu mengomentari (negatif) perihal tirai, tata letak dapur, dan lain-lain. 

Hal terpenting dalam interior rumah adalah sang tuan rumah menyukai rumahnya dan nyaman tinggal di sana. Tamu sebenarnya tidak perlu mengomentari ini dan itu, karena yang tinggal di rumah tersebut adalah sang tuan rumah.

  1. Membuka lemari es dan makan tanpa bertanya

Ada beberapa orang yang nyaman-nyaman saja membiarkan temannya membuka kulkas dan mencari sesuatu yang enak di dalamnya. Tetapi, ada juga orang yang tidak suka jika tamu melakukan hal itu.

Sebenarnya, untuk membuka lemari es orang lain atau memakan makanan di rumah orang lain, hendaknya kita bertanya terlebih dahulu. Apakah tuan rumah berkenan jika kita membuka kulkas miliknya atau memasak sesuatu yang ada di dapur, dsb. 

Dengan bertanya, kedua belah pihak akan sama-sama nyaman dan dapat menentukan batasan. 

  1. Memberi makanan hewan peliharaan

Kita semua tahu bahwa hewan peliharaan selalu penasaran dan ingin mencicipi makanan apa pun yang kita makan. Mereka akan mengandalkan tatapan yang mengundang rasa kasihan, sehingga kita tidak bisa menahan diri untuk membiarkan mereka mencicipi makanan kita.

Tapi, saat bertam di rumah orang, kita harus hati-hati perihal memberi makan hewan peliharaan si tuan rumah. Sebelum memberi makanan, kita harus bertanya apakah kita boleh memberinya makan. Pasalnya, setiap hewan peliharaan memiliki kondisi khusus yang tidak kita tahu, seperti alergi terhadap sesuatu, misalnya.

  1. Memainkan alat musik tanpa tahu cara memakainya 

Seorang musisi atau pecinta musik, tidak tahan ketika orang lain menyentuh instrumen kesayangan mereka tanpa mengetahui cara memainkannya. Menekan tuts piano secara acak atau memetik senar gitar dengan asal, dapat membahayakan instrumen.

Saat sedang bertamu dan penasaran dengan alat musik tuan rumah, kita harus bertanya terlebih dahulu, apakah kita diperbolehkan untuk mencobanya. Namun, jika suasana tidak mendukung, alias tuan rumah terlihat enggan, maka jangan pernah menyentuh alat musik miliknya.

  1. Membiarkan anaknya melakukan apa pun yang mereka inginkan

Situasi ini cukup sering terjadi, di mana tamu membawa anak, kemudian tidak mengurus anak dengan baik. Akibatnya, anak membuat ruangan menjadi berantakan, mengotori ruangan dengan sisa-sisa makanan, mencoret-coret dinding, dan sebagainya.

Tuan rumah akan merasa jauh lebih baik jika anak-anak selalu berada di dekat orang tua mereka, sehingga orang tua dapat mengontrol perilaku anak, bukannya membiarkan anak bersikap semaunya di rumah orang. 

  1. Terlalu lama di kamar mandi

Hal ini berlaku bagi tamu yang cenderung menghabiskan waktu berjam-jam untuk mandi di rumah orang. Ketika datang sebagai tamu, sebaiknya kita mandi secukupnya dan usahakan secepat mungkin. Tentu aturan ini tidak berlaku bagi tamu yang terpaksa lama di kamar mandi karena sedang tidak sehat, entah itu diare atau penyakit apa pun.

Baca jUga :

Jangan Taruh 6 Benda Ini Sembarangan Jika Tidak Ingin Tamu yang Datang Jadi Canggung

Manfaat Traveling Bersama Buat Hubungan Cintamu yang Membuktikan Bahwa Kamu Harus Segera Jalan Sekarang!

Bosen? Jangan Sampai Cintamu dan Dia Kandas Hanya Karena Hubungan yang Monoton!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,