Mengapa orang tidak cukup tidur? Seiring bertambahnya usia, tanggung jawab dan harapan kita meningkat sehingga meningkatkan kekhawatiran dan ketakutan untuk memenuhinya. Namun, bagi anak-anak, tidur bukanlah masalah besar. Indera penciuman kita telah dikaitkan dengan kesejahteraan kita selama beberapa dekade, mulai dari membuat kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri, baik untuk membuat kita merasa menarik atau menarik hingga menenangkan indra kita.

Korteks penciuman berada di lobus temporal otak, yang memproses semua jenis masukan sensorik sehingga memengaruhi respons emosional kita, baik respons psikologis maupun fisiologis. Aroma bersifat menggugah, sehingga menciptakan respons tertentu terhadap bau ketika Anda menemukannya lagi di masa mendatang.

Tidak mengherankan, beberapa aroma umumnya diasosiasikan dengan lingkungan kamar tidur yang lebih mengundang. Dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation pada tahun 2012, 78 persen orang mengatakan mereka lebih bersemangat untuk pergi tidur ketika seprai dan selimut mereka memiliki aroma segar dan 71 persen orang menggambarkan tidur lebih nyaman dengan seprai baru. Seprai hanyalah salah satu sumber pewangi sebelum tidur yang dapat membantu perasaan nyaman. Wewangian rumah seperti reed diffuser dan lilin wangi juga memainkan peran penting dalam menciptakan tidak hanya lingkungan yang harum tetapi juga dalam menciptakan pencahayaan dan suasana yang sempurna.

  1. Lavender

Lavender telah dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur dalam berbagai penelitian termasuk beberapa orang dengan insomnia. Aroma lavender memiliki efek menenangkan pada detak jantung dan tekanan darah serta suasana hati. Dalam sebuah penelitian terhadap orang-orang yang terpapar lavender sebelum tidur, tidur nyenyak meningkat sehingga membuat mereka merasa lebih segar di pagi hari.

Pasalnya, lavender mengandung senyawa linalool yang memiliki efek sedatif. Dan menciumnya mengarahkan pikiran kita untuk rileks sehingga mengurangi kadar kortisol yang berkontribusi terhadap hormon stres. Hal ini juga diyakini membantu menyeimbangkan hormon untuk mengurangi perasaan ketegangan saraf, dan berdasarkan bukti empiris, telah berhasil mengurangi perasaan depresi pada beberapa individu. Oleh karena itu, karena sifatnya yang menenangkan dan membuat rileks, ia dapat berfungsi sebagai bantuan tidur bagi mereka yang menderita insomnia.

  1. Roman Chamomile

Minyak esensial Roman Chamomile lebih dikenal untuk mengurangi kecemasan. Beberapa orang meminum teh Chamomile sebelum tidur karena dapat menenangkan saraf dan memberi kita rasa tenang. Aroma manis seperti jerami ini akan mengisi ruang tidur Anda dengan kedamaian saat Anda memasuki mimpi yang menenangkan. Dalam sebuah penelitian, menghirup campuran minyak esensial kamomil dan lavendel mengurangi kecemasan pada perawat. Penurunan yang lebih besar terjadi ketika aromaterapi dipadukan dengan musik. Dalam penelitian lain, aromaterapi Roman Chamomile juga mengurangi kecemasan pada wanita hamil.

  1. Cedarwood dan Sandalwood

Untuk preferensi dan pengalaman kayu yang lebih banyak, kombinasi cedarwood dan sandalwood sangat cocok. Aroma balsamic manis dari cedarwood dengan aroma sandalwood yang lembut dan menenangkan dapat membuat Anda merasa hangat, nyaman, dan rileks. Cedarwood mengandung cedrol yang memiliki efek sedatif pada hewan dan manusia sesuai penelitian. Hal ini diketahui meningkatkan kualitas tidur pada orang dewasa muda dan sehat serta orang dewasa lanjut usia dengan demensia, kemungkinan besar karena mengaktifkan sistem saraf parasimpatis. Para peneliti merekomendasikan penggunaan kayu cedar setidaknya selama 20 malam untuk melihat efeknya. Cendana memiliki sifat menenangkan dan menciptakan perasaan rileks dan damai sehingga menghilangkan stres dan kecemasan.

  1. Vanila

Aroma vanilla tidak hanya menenangkan tetapi juga sangat menenangkan. Aroma manis & hangat dikaitkan dengan kenangan bahagia dan menenteramkan di ruang bahagia Anda. Pikiran bahagia sebelum tidur dapat mendatangkan rasa nyaman yang besar dan membuat perbedaan besar dalam tidur Anda.

  1. Ylang Ylang

Ylang Ylang, asli pulau Komoro dan Madagaskar, adalah bunga yang memiliki kesegaran dan aroma bunga. Aroma bunga ini mampu menghilangkan segala pikiran negatif yang mungkin menimbulkan kecemasan. Menenangkan pikiran dan tubuh mendorong timbulnya tidur lebih cepat dan membangkitkan sensualitas. Manfaat antidepresannya adalah salah satu khasiat obat tertua yang diketahui memiliki efek positif langsung terhadap suasana hati.

  1. Nilam

Nilam dengan aroma kayu dan tanah diketahui dapat menghilangkan bau tak sedap di lingkungan dan menyeimbangkan emosi dengan meningkatkan suasana hati negatif dan meningkatkan perasaan rileks. Aromanya membawa kita lebih dekat dengan alam dan memberi kita rasa sejahtera. Ketika disebarkan pada malam hari, nilam dapat mendorong tidur nyenyak.

  1. Melati

Kamar beraroma melati terbukti meningkatkan efisiensi tidur. Bunga melati yang terkenal dengan aroma bunganya yang kaya dan mudah dikenali dapat memicu kenangan indah. Bunga, baik secara aromatik maupun visual, menciptakan pengalaman menyenangkan, sehingga dapat menjadi pengalih perhatian dari stres dan rutinitas sehari-hari sehingga menghadirkan kedamaian dan kepuasan.

Baca Juga :

6 Cara Tidur Nyenyak Untuk Kulit Bercahaya Dan Kenyal

Hindari 6 Barang Ini Agar Bisa Tidur Nyenyak Tiap Hari

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Membuatmu Susah Tidur nyenyak

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Vitamin Untuk Kesehatan Hati

Hati Anda memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan