Rambut keriting itu indah, tetapi mencucinya bisa jadi rumit. Saat Anda mandi, Anda mungkin melakukan beberapa kesalahan yang merusak rambut keriting. Meskipun rutinitas mencuci rambut setiap orang sama uniknya dengan rambut ikal mereka, ada beberapa kesalahan yang dapat Anda hindari di kamar mandi untuk mencegah rambut kusut, rusak, dan patah, serta mendapatkan kuncian yang melenting. Lihat artikel ini untuk mempelajari tentang 8 kesalahan besar yang mungkin Anda lakukan di kamar mandi yang merusak rambut ikal Anda.

1. Tidak Menggunakan Shampo yang Tepat

Shampo bukan sekedar pembersih. Mereka mempengaruhi kesehatan rambut Anda dan membantu menjaga kilau dan bentuk ikal Anda. Karena itu, gunakan sampo yang dapat mengurangi statis dan mengontrol rambut kusut. Penggunaan sampo anti ketombe secara teratur tidak dianjurkan karena dapat menghilangkan minyak alami rambut. Hindari sampo dengan sulfat dan paraben. Sebaliknya, pilihlah pembersih alami yang ringan dan bebas dari bahan kimia keras.

2. Mencuci Rambut Dengan Keras

Menggosok rambut keriting Anda dengan kuat dapat menyebabkan gesekan dan kerusakan serta merusak definisi ikal Anda. Cuci dan keringkan rambut Anda dengan lembut dari panjangnya dan lanjutkan ke akar.

Anda dapat menggunakan handuk microfiber lembut yang memiliki loop minimal. Ini akan menyerap kelembapan dari rambut tanpa berdampak pada gulungan keriting Anda. Atau, gunakan kaus katun untuk mengeringkan rambut Anda dengan cepat. Bungkus di sekitar rambut Anda selama beberapa menit untuk menghilangkan air ekstra.

3. Mencuci Rambut Anda Lebih dari yang Diperlukan

Rambut keriting lebih rentan patah dibandingkan jenis rambut lainnya. Keramas rambut Anda sering dapat menghilangkan minyak alami esensial dan meningkatkan risiko kerusakan. Gunakan sampo pelembab bebas sulfat sekali atau dua kali seminggu. Anda dapat memilih sampo kering daripada mencuci rambut setiap hari.

4. Melewatkan Kondisioner

Kondisioner membantu mengisi kembali hidrasi dan nutrisi yang hilang saat membersihkan penumpukan, minyak, dan kotoran dari rambut. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan kondisioner saat keramas.

Pastikan untuk menghilangkan kelebihan air dari rambut Anda sebelum menggunakan kondisioner. Ini akan memungkinkan penetrasi produk yang mudah dan mencapai hasil yang lebih baik. Biarkan kondisioner menempel pada rambut Anda selama beberapa menit sebelum membilasnya.

Jangan menyikat rambut ikal Anda untuk mendistribusikan kondisioner. Ini dapat menyebabkan kerusakan atau mengembangkan simpul karena rambut paling lemah saat basah. Gunakan jari-jari Anda untuk menyebarkan kondisioner secara merata dan mengurai rambut Anda.

5. Tidak Mencuci Bersama

Cara terbaik untuk memastikan bahwa rambut Anda tetap sehat adalah dengan mencuci bersama setiap hari. Co-washing adalah mencuci rambut dengan kondisioner. Ini adalah hari-hari ketika Anda merasa ingin membersihkan rambut tanpa memaparkannya ke sampo.

Metode ini dengan lembut menghilangkan kotoran dan penumpukan dari rambut Anda sambil memberikan kelembapan yang sangat dibutuhkan. Pencucian bersama dimaksudkan untuk digunakan di antara rutinitas sampo biasa sehingga Anda dapat menunda pencucian berikutnya beberapa hari lagi.

6. Tidak Menggunakan Sisir yang Tepat Untuk Mengurai

Menyisir rambut Anda dengan sikat rambut biasa dapat menarik helai rambut dan menyebabkan statis dan ketegangan. Gunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai rambut keriting dan mengurangi kerusakan. Ambil bagian kecil dari bawah dan buat jalan ke atas menuju akar. Dianjurkan untuk menggunakan jari Anda untuk menghilangkan kusut sebelum menggunakan sisir.

7. Tidak Menerapkan Produk Penataan Gaya dengan Benar

Rambut keriting membutuhkan produk penataan rambut untuk menambahkan definisi pada gulungannya. Namun, produk ini harus digunakan dengan cara yang benar untuk mencapai hasil terbaik.

Pastikan Anda mengaplikasikan produk penataan rambut pada rambut basah – ini dapat membantu mengunci kelembapan alami rambut. Jika rambut Anda terlalu basah atau kering, produk ini hanya akan membuat rambut kusut.

Jangan menjalankan jari-jari Anda melalui rambut saat menerapkan produk tersebut. Ini akan mengganggu bentuk alami ikal Anda dan menyebabkan kerontokan dan kerusakan rambut. Sebagai gantinya, aplikasikan produk pada rambut dengan lembut dan kerutkan untuk memberikan bentuk yang diinginkan.

8. Tidak Mengeringkan Rambut Anda dengan Benar

Pastikan Anda selalu menggunakan pengering rambut dengan diffuser. Ini akan membatasi panas yang mencapai rambut Anda dan dengan demikian, mengurangi keriting dan gesekan.

Serap kelebihan air dan letakkan ikal Anda di atas cakar diffuser. Jauhkan diffuser dekat dengan kulit kepala Anda dan angkat rambut Anda dari akar untuk menambah volume. Akhiri dengan mengacak rambut Anda dengan lembut untuk menciptakan gaya yang Anda inginkan. Keringkan hanya 80% rambut Anda dan biarkan 20% sisanya mengering secara alami. Ini akan meminimalkan keriting dan kekeringan dan mencegah kerusakan termal.

Baca Juga :

Punya Rambut Keriting? Begini Cara Merawatnya

Tips Menyisir Rambut Keriting dengan Cara yang Benar

Rambut Keriting Kamu Sering Kusut? Segera Atasi Dengan Cara Ini Untuk Menghindari Rambut Kusut Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Masker Telur Untuk Wajah Agar Kulit Glowing

Apa yang mengingatkan Anda pada telur? Yah, tentu