Kita semua tahu bahwa menjaga anak-anak kita aman di bawah sinar matahari itu penting. Namun banyak orang yang masih salah dalam menggunakan sunscreen. Terlebih kulit si kecil lebih sensitif dari kita – jadi kita perlu ekstra waspada dalam merawatnya. Maka ketika datang saat liburan, beberapa tips dan trik untuk menjaga anak-anak dari sinar matahari.

Apakah perlu membeli sunscreen khusus untuk anak-anak?

Ada pro untuk membeli sunscreen yang dirancang khusus untuk anak-anak, tetapi itu tidak selalu diperlukan dan sesuai dengan anggaran dan pilihan pribadi. Banyak merk sunscreen membuat botol kemasan yang mudah diaplikaikan dan formula yang cepat menyerap. Sunscreen dengan kemasan spray berarti lotion didistribusikan lebih merata dan tidak butuh waktu lama untuk meresap, dan formula roll-on bekerja dengan cara yang sama seperti deodoran Anda, meluncur dengan cepat dan merata untuk waktu yang singkat.

Sunscreen merk anak-anak juga sering kali membanggakan, dan merk organik selalu menjadi pilihan yang bagus jika Anda khawatir tentang menjaga anak-anak Anda bebas bahan kimia. Beberapa bahkan memiliki wewangian yang menyenangkan.

Apakah lebih baik menggunakan merk sunscreen yang mahal?

Studi yang sama menemukan bahwa merk yang lebih mahal memiliki efektivitas yang sama dari waktu ke waktu dengan yang lebih murah. Jadi tidak perlu membeli yang terlalu mahal untuk anak. 

Berapa banyak sunscreen yang harus saya terapkan pada anak?

Cancer Research UK merekomendasikan 2-3 sendok teh jika hanya kepala dan lengan anak Anda yang terbuka, dan sekitar 2 sendok makan untuk seluruh tubuh.

Dan hanya karena anak kecil Anda – yah, lebih kecil – tidak berarti Anda harus berhemat pada ukuran ini. Kulit ekstra sensitif membutuhkan kewaspadaan ekstra.

Apakah anak lebih terlindungi jika mereka tinggal di dalam air?

Yang ini sama sekali TIDAK benar dan dapat menyebabkan kerusakan serius. Air dapat menyerap sinar UV, tetapi hanya setelah beberapa meter, dan dengan anak-anak kecil yang bermain di air dangkal, cahaya matahari akan dibiaskan dan diintensifkan.

Terlebih lagi, kesejukan air dapat mengurangi seberapa panas matahari atau berapa lama kita berada di dalamnya. Jika liburan musim panas Anda berarti banyak pantai dan kolam renang, SELALU gunakan losion berjemur tahan air dan SELALU aplikasikan ulang setiap beberapa jam (atau lebih!).

Apakah aman menggunakan sunscreen pada bayi saya?

Bayi lebih mudah “terbakar” sinar matahari lebih cepat daripada anak-anak dan balita. Tidak peduli seberapa besar hal itu dapat menghentikan Anda melakukan hal-hal lain, jauhkan bayi di bawah 6 bulan dari sinar matahari sepenuhnya. Satu luka bakar parah selama masa bayi dapat melipatgandakan risiko melanoma pada anak di kemudian hari.

Sunscreen aman digunakan pada anak-anak yang masih sangat kecil, tetapi carilah produk yang tidak mengandung titanium dioksida dan seng oksida, bahan-bahan hipoalergenik yang menempel di atas kulit daripada menyerap ke dalamnya.

Apakah perlu membeli topi anak-anak untuk berjemur?

Adalah ide yang baik untuk membiasakan bayi dan anak kecil untuk memakai topi – mereka akan cenderung menolak ketika mereka lebih tua. Dan anak-anak suka mengepang rambut mereka saat liburan, terutama dengan semua pedagang pantai menawarkan potongan jazzy seperti manik-manik dan benang berwarna! Namun dengan rambut terbelah rapat seperti ini, kulit sensitif di kulit kepala akan terekspos dan mudah dilupakan saat rutin mengolesi lotion.

Baca Juga :

Kenali Mitos Seputar Sunscreen – Bagian 2

Kenali Mitos Seputar Sunscreen – Bagian 1

Ketahui Jenis-Jenis Sunscreen dan Cara Penggunaannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Mengenali Tanda Bahwa Anda dan Pasangan Benar-Benar Siap Memiliki Anak (Bagian 2) – end

Anak memang salah satu pelengkap keluarga, namun kehadiran