Siapa sangka jika sunscreen ternyata memiliki berbagai jenis. Ketahui lebih lanjut mengenai jenis-senis sunscreen dan bagaimana cara menggunakan sunscreen secara baik dan benar, lewat artikel berikut ini.

Jenis-Jenis Sunscreen

Untuk menjaga kulit dari sinar matahari memerlukan perlindungan. Apalagi jenis kulit orang juga berbeda-beda sehingga harus menemukan sunscreen yang tepat. Sunscreen dibagi menjadi dua jenis sesuai dengan bahan yang digunakannya yaitu chemical dan physical. 

Sunscreen chemical

Sunscreen chemical komposisinya terdiri dari beberapa bahan aktif yaitu cinnamates, dioxybenzone, octisalate, oxybenzone dan sebagainya. Kemudian zat-zat tersebut bekerja dengan membuat lapisan pelindung di permukaan kulit agar sinar ultraviolet tidak bisa diserap ataupun tembus ke jaringan kulit yang lebih dalam. 

Jenis ini memiliki perlindungan yang lebih luas terhadap sinar ultraviolet jenis A maupun B. Namun tingkat photostability nya berbeda-beda. Ada yang stabil dan ada juga yang stabilitasnya kurang baik sehingga cepat rusak dan mengakibatkan pengguna harus rajin mengoleskan sunscreen secara berkala.

Sunscreen physical

Sunscreen physical komposisinya dibuat dari zinc oxide dan titanium dioxide. Kedua bahan aktif tersebut bekerja dengan membuat lapisan di bagian permukaan kulit dan menghalangi sinar UV agar tidak tembus ke lapisan yang lebih dalam.

Bahan aktif yang digunakan pada sunscreen jenis ini memiliki photostability yang baik karena UV filter yang ada kualitasnya tidak menurun saat terpapar sinar matahari. Lebih detail, titanium dioxide fokus untuk melindungi kulit dari sinar UV B. Sedangkan bahan aktif lainnya yaitu zinc oxide mampu memberikan perlindungan kulit dari sinar UV A dan membantu titanium dioxide untuk menangkal spektrum UV B.

Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Supaya produk sunscreen yang kamu gunakan bisa berfungsi dan melindungi kulitmu secara optimal, simak langkah-langkah atau panduan berikut ini mengenai bagaimana mengaplikasikan sunscreen dengan benar.

1. Ketahui tipe dan kondisi kulit Anda terlebih dahulu. Jika kulit Anda sensitif maka sebaiknya pilihlah sunscreen jenis physical.

2. Kemudian pilihlah sunscreen yang memiliki angka SPF paling sedikit 30. 

3. Oleskan  sunscreen pada bagian tubuh yang terbuka, mulai dari tangan, wajah, leher dan kaki.

4. Aplikasikan sunscreen sebanyak dua ruas jari atau sekitar 1 sendok teh di tiap-tiap bagian. Jadi takarannya bukan 1 sendok teh untuk semua bagian tubuh tetapi hanya pada bagian tertentu saja.

5. Sedangkan pada area tubuh yang lebar seperti punggung dan area paha hingga kaki, aplikasikan sunscreen sebanyak 2 sendok teh.

6. Penggunaan sunscreen pada wajah cukup berbeda dengan penggunaan di bagian tubuh lain. Sunscreen diaplikasikan paling terakhir setelah rangkaian skincare digunakan. Jika Anda menggunakan make up, maka gunakan sunscreen sebelum memulai make up.

7. Setelah penggunaan sunscreen, Anda tidak bisa langsung ke luar ruangan dan terkena paparan sinar matahari. Tunggu selama 15 menit hingga 20 menit sebelum mulai beraktivitas ke luar.

8. Jika Anda berada di kawasan yang sangat terik sehingga sering berkeringat, oleskan kembali sunscreen secara berkala setiap 2 hingga 3 jam sekali.

Baca Juga :

Skin Fasting : Tren Perawatan Kulit Minimalis untuk Kamu yang Nggak Suka Ribet

Lakukan 6 Kebiasaan Ini Untuk Mendapatkan Kulit yang Cantik Tanpa Make Up

6 Cara Menghilangkan Komedo dari Wajahmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun Untuk Bulu Mata Anda

Jika Anda sadar kesehatan, Anda pasti sudah tidak