Tubuh manusia menghasilkan kotoran telinga, zat alami, untuk menjebak partikel dan menjauhkannya dari sistem. Namun, akumulasi kotoran telinga dapat menyebabkan ketidaknyamanan, perasaan tersumbat di telinga, dan pendengaran berkurang. Itu sebabnya orang sering mencari pengobatan rumahan untuk menghilangkan kotoran telinga dengan aman. Akan lebih baik untuk mengatasi kotoran telinga segera setelah Anda mengidentifikasi bahwa itu telah menumpuk untuk menghindari komplikasi. Mengetahui cara melakukannya dengan benar dapat membantu Anda mengeluarkan semuanya alih-alih mendorong kotoran telinga lebih jauh ke dalam.

Apa Itu Penumpukan Kotoran Telinga?

Kotoran telinga atau serumen adalah zat alami yang diproduksi sebagai bagian dari mekanisme pertahanan tubuh terhadap bakteri dan partikel asing lainnya. Ini bertindak sebagai pelumas alami yang menjebak kotoran sekaligus mengurangi pertumbuhan bakteri. Penghapusan kotoran telinga tidak boleh dilakukan secara teratur tetapi hanya jika diperlukan. Ini adalah perlindungan alami untuk telinga bagian dalam dan gendang telinga.

Cara Menghilangkan Kotoran Telinga

Sering kali, karena kotoran telinga mengeras, menjadi sulit untuk lepas dengan sendirinya. Lilin yang lebih lembut cenderung mudah lepas. Oleh karena itu, sebagian besar pengobatan untuk menghilangkan kotoran telinga akan mencoba melunakkannya untuk membawanya keluar ke bagian luar telinga.

1. Bersihkan Telinga Dengan Hidrogen Peroksida

Meskipun memiliki nama kimia, hidrogen peroksida benar-benar alami. Itu hanya air yang diperkuat dengan oksigen tambahan. Semua organisme hidup menghasilkan hidrogen peroksida secara alami sebagai respon imun alami terhadap infeksi. Hidrogen peroksida yang dibeli dari toko medis diproduksi secara kimiawi dengan melewatkan gas terkompresi melalui larutan air. Dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran telinga. Ini juga merupakan desinfektan yang akan mencegah infeksi telinga.

2. Minyak Kelapa Untuk Kotoran Telinga

Minyak kelapa sangat bermanfaat untuk menghilangkan kotoran telinga. Ini mengandung asam lemak rantai menengah yang mirip dengan sebum, dan karenanya dapat digunakan tanpa khawatir. Karena juga alami dan efektif melawan mikroba, ia menurunkan risiko infeksi apa pun. Ini benar-benar dapat membunuh berbagai bakteri berbahaya yang menumpuk karena penumpukan lilin.

3. Membersihkan Telinga Dengan Alkohol

Campuran cuka dan alkohol gosok membantu melarutkan kotoran telinga. Alkohol berfungsi sebagai zat pengering dan menguap ketika suhu rendah. Cuka memiliki sifat astringen dan melawan infeksi mikroba.

4. Minyak Almond Untuk Kotoran Telinga

Minyak almond adalah pelumas lain yang membantu menghilangkan kotoran telinga. Minyak almond melembutkan lilin dan membuatnya mudah dihilangkan.

5. Membersihkan Telinga Dengan Baby Oil

Baby oil adalah minyak mineral dengan tambahan keharuman yang lembut dan menenangkan. Minyak mineral adalah produk sampingan dari minyak bumi. Ini adalah pelembab dan pelumas yang efektif dan melembutkan kotoran telinga dalam waktu singkat, sehingga mudah dihilangkan.

6. Bersihkan Telinga Dengan Baking Soda

Soda kue adalah terapi alami yang tersedia untuk kotoran telinga. Ini adalah antiseptik yang juga akan melunakkan kotoran telinga dan mencegah penumpukannya di kemudian hari.

7. Bersihkan Telinga Dengan Cuka Sari Apel

Sifat antibakteri dan antijamur dari cuka sari apel mulai digunakan untuk mengatasi mikroba berbahaya yang mungkin berada di saluran telinga Anda. Keasaman ringan dari larutan ini akan melarutkan kotoran telinga dan menghilangkannya.

8. Minyak Zaitun Untuk Kotoran Telinga

Minyak zaitun sangat membantu dalam melunakkan kotoran telinga yang mengeras. Karena berminyak, ia bekerja pada lilin yang mengeras dan membuatnya lentur dan mudah dihilangkan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak zaitun murni memiliki sifat menghancurkan bakteri yang kuat.

Baca Juga :

8 Obat Rumahan Untuk Meredakan Sakit Telinga

6 Kebiasaan yang Tampak Sehat, Tapi Justru Berisiko

Inilah yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Lama Memakai Headphone

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

6 Tips Efektif Menurunkan Lemak Perut

Jika Anda pernah terjebak dalam kerusuhan inci ekstra