Meskipun gejala kanker ovarium mungkin tidak jelas, ada beberapa tanda peringatan yang tidak boleh diabaikan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jika kanker ovarium terdeteksi dini, mereka akan memiliki 95% kemungkinan hidup selama lima tahun atau lebih. Sayangnya, sebagian besar wanita tidak terdiagnosis pada tahap awal ini, dan terkadang sudah terlambat, dan kemungkinan untuk bertahan hidup menurun hingga 4%. Untuk mencegahnya, kenali tanda-tanda kanker ovarium berikut ini.

  1. Anda Merasa Kembung

Itu normal sekitar waktu menstruasi, tetapi jika tidak hilang, itu adalah gejala umum kanker ovarium. Anda mungkin sering merasa hamil, membuat susah mengancingkan celana. Kembung terjadi karena penumpukan cairan di perut dan panggul, jadi perut Anda membesar saat wajah dan lengan Anda kehilangan otot dan lemak, itu bukan penambahan berat badan yang sebenarnya.

  1. Anda Mengalami Sakit Perut & Panggul

Ini adalah salah satu gejala kanker ovarium yang paling umum. Rasa sakitnya dapat bervariasi dari orang ke orang karena beberapa orang menganggapnya sebagai tekanan yang kuat, seperti kram menstruasi. Saat tumor tumbuh lebih besar, mereka dapat menekan bagian lain dari tubuh Anda termasuk usus, kandung kemih, rektum, dan tulang belakang.

  1. Anda Memperhatikan Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar

Seseorang mungkin mengalami gejala usus seperti sembelit yang berubah dengan buang air besar. Padahal itu adalah tanda-tanda awal kanker ovarium. Itu bisa meniru gejala sindrom iritasi usus besar (IBS). Wanita mana pun terutama yang berusia di atas 50 tahun dengan gejala ini perlu dievaluasi.

  1. Anda Mengalami Sakit Punggung

Sakit punggung adalah kondisi umum yang mempengaruhi jutaan orang setiap tahun. Jika punggung Anda tidak terluka atau sakit punggung Anda tidak membaik dengan perawatan, bicarakan dengan ahli kesehatan. Tumor yang tumbuh dapat menekan dan meregangkan ligamen sehingga menyebabkan rasa sakit.

  1. Anda Banyak Kencing

Kunjungan kamar mandi yang sering di malam hari menunjukkan tumor yang tumbuh menekan kandung kemih. Anda mungkin merasa lebih sering kenyang. Bahkan dapat menyebabkan rasa terbakar saat buang air kecil.

  1. Anda Mengalami Perubahan Nafsu Makan

Bagi sebagian orang, kanker ovarium menyebabkan hilangnya nafsu makan, yang lain mungkin merasa kenyang bahkan setelah makan dalam jumlah kecil. Ada yang mengalami gangguan pencernaan, mual, muntah setelah makan. Ini dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan. Biasanya salah didiagnosis pada awalnya sebagai refluks asam. Bisa jadi karena tumbuhnya tumor yang menempati perut Anda dan juga bisa karena penumpukan cairan di dalam perut.

  1. Anda Menghadapi Masalah Menstruasi

Jika Anda menghadapi perubahan apa pun dalam siklus menstruasi Anda seperti aliran deras, pendarahan di antara periode, pendarahan setelah menopause, inilah saatnya untuk menemui ginekolog. Jika tumor ada di indung telur Anda, itu bisa mengganggu cara kerjanya yang normal.

  1. Anda Merasa Sakit Saat Berhubungan Seks

Ini adalah tanda kanker ovarium yang kurang umum. Anda perlu dievaluasi oleh para ahli jika Anda mengalami rasa sakit saat berhubungan seks. Juga, periksakan diri Anda jika Anda mengalami salah satu gejala yang disebutkan di atas bersama dengan kondisi tertentu seperti obesitas riwayat keluarga, tidak pernah hamil, menggunakan obat kesuburan untuk waktu yang lama, endometriosin. Pakar akan memeriksa Anda, melakukan tes darah dan membayangkan dan menyarankan Anda merencanakan tindakan jika perlu. Identifikasi dini hasil kanker ovarium dalam peningkatan yang signifikan dalam kelangsungan hidup secara keseluruhan.

Baca Juga :

<strong>Panduan Lengkap Untuk Memahami Penyebab Kerontokan Rambut</strong>

<strong>6 Manfaat Madu untuk Kulit Cantik Anda</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengelola PCOS Dengan Diet: Apa yang Harus Dimakan dan Apa yang Harus Dihindari

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah kelainan hormon yang