Rambut adalah mahkota bagi wanita. Keindahanya harus selalu di jaga. Sayangnya, banyak sekali yang mengalami permasalahan rambut rontok. Tak hanya sehelai dua helai saja, namun kerontokannya parah hingga bisa jadi menyebabkan kebotakan. Setelah mengetahui bahan alami apa saja yang ada di bagian pertama, mari kita melanjutkan bahan alami untuk membuat rambut tumbuh lebat di bagian kedua. 

  1. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai sumber antioksidan terbesar dan menjadi salah satu suplemen yang sangat baik untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Teh hijau juga kaya akan zat epigallocationchin gallate yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kembali rambut. Sebuah penelitian kecil dilakukan dengan melibatkan relawan. Relawan yang mengalami kebotakan rambut ini diminta untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D, teh hjau, omega 3, omega 6, dan nutrisi lainnya. Hasilnya 80% peserta mengalami pertumbuhan rambut yang cukup mengesankan.

  1. Memeriksa Kadar Vitamin D Pada Tubuh

Jika memang kerontokan rambutyang dialami sudah benar-benar meresahkan, ada baiknya Anda mencoba berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut, terutama kadar vitamin D. Mengkonsumsi suplemen vitamin yang diresepkan dokter ditambah memperbaiki pola makan dan menyempatkan diri untuk berjemur di bawah sinar matahari mungkin saja dapat membantu mengatasi kerontokan rambut yang dapat berakibat  kebotakan.

  1. Menghindari Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Apa yang biasa Anda lakukan setelah mencuci rambut (keramas)? Apakah Anda lansgung menyisirnya? Lihatlah pasti banyak sekali rambut yang rontok. Menyisir rambut saat basah justru dapat menyebabkan kerusakan rambut yang makin parah. Ada baiknya biarkan rambut mengering dahulu, lalu sisir rambut menggunakan sisir bergerigi jarang.

  1. Mengkonsumsi Minyak Biji Labu

Sebuah penelitian dilakukan dengan melibatkan dua kelompok dimana kelompok pertama diminta untuk mengkonsumsi minyak biji labu, dan kelompok kedua diminta untuk mengkonsumsi plasebo. Hasilnya kelompok pertama yang menkonsumsi minyak biji lebu mengalami pertumbuhan rambut yang lebih baik dibandingkan kelompok kedua. Namun, memang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk penelitian ini, namun tak ada salahnya untuk menambahkan minyak biji labu ke dalam makanan Anda.

  1. Menggunakan Shampoo Dengan Kandungan Licorice

Lciorice adalah zat yang membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi penipisan rambut. Menggunakan shampoo adalah cara paling mudah untuk mengatasi kerontokan rambut. Ganti Shampoo Anda dengan shampoo herbal yang memiliki kandungan Licorice.

  1. Menggunakan Jahe

Yaps, tidak salah jahe yang biasanya digunakan sebagai bumbu masak ternyata bermanfaat untuk merangsang pertumbbuhan rambut. Selain itu jahe juga memiliki efek anti jamur, antioksidan, hingga anti mikroba pada kulit. Anda bisa memanfaatkan air jahe untuk masker pada kepala Anda. Gunakan campuran natural oil yang baik untuk rambut seperti jojoba, kelapa, urang aring, atau argan oil. Oleskan merata pada kulit kepala dan tutup dengan handuk sebelum dibiarkan selama 30 menit dan dibilas.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut. Bahan ini sangat mudah ditemukan dan disekitar kita dan mudah juga untuk diaplikasikan.

Baca Juga :

4 Cara Meggunakan Minyak Jarak untuk Rambut Lebih Sehat

Jangan Pernah Melakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Tetap Memiliki Rambut Lebat!

5 Jenis Minyak Terbaik Dari Editor Kecantikan untuk Rambut Lebih Lebat

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kiat Agar Rambut Tumbuh Cepat Dan Sehat (Bagian II) – end

Pada bagian pertama, telah dibahas bagaimana cara membuat