Jika kamu berniat diet atau menurunkan berat badan, pasti kamu akan membaca banyak referensi tentang cara menurunkan berat badan. Mungkin, saat mencari referensi, kamu menemukan fakta bahwa minum air putih sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. 


Namun, apakah hal itu benar?

Apakah air putih bisa membantumu menurunkan berat badan?

Jawabannya… bisa.

Berikut adalah empat manfaat air putih dalam program penurunan berat badan :

  1. Minum air putih membantu kamu merasa lebih kenyang 

Minum air putih sebelum makan dapat membantu kamu merasa lebih kenyang. Akibatnya, kamu akan makan dengan porsi lebih kecil daripada porsi makan kamu biasanya. Inilah yang membuat air putih cocok dikonsumsi saat diet. 

Air putih akan masuk ke dalam tubuh kamu dengan cepat dan membantu mengisi perut sampai batas waktu tertentu. Saat perutmu penuh, otak akan menerima sinyal bahwa kamu sudah kenyang. Jadi, kamu tidak perlu makan banyak. 

Selain itu, saat tubuhmu kekurangan air, otak cenderung mengartikan hal itu sebagai rasa lapar, padahal yang kamu butuhkan sebenarnya hanya air. Karena itu, kamu harus banyak minum air, terlebih saat diet. 

  1. Minum air bisa bantu bakar lemak

Tahukah kamu, tubuh sebenarnya mampu membakar lemak secara alami dan mengubahnya menjadi energi. Proses ini disebut lipolisis. Nah, dalam proses ini, air memiliki pengaruh yang sangat penting. 

Langkah pertama dalam proses lipolisis disebut hidrolisis. Dalam proses hidrolisis, tubuh akan menambahkan air ke dalam lemak untuk membantu memecahnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan air selama diet dapat menyebabkan peningkatan lipolisis dan metabolisme, yang diyakini mengarah pada penurunan berat badan. 

  1. Minum air dapat merangsang metabolisme

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum air putih bersuhu dingin dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Mengapa bisa begitu? Karena, saat minum air dingin, tubuh akan bekerja sedikit lebih keras untuk membuat air bisa sehangat suhu tubuh. Saat hal ini terjadi, tubuh akan membakar lebih banyak kalori. 

Penelitian menunjukkan bahwa banyak gadis mengalami penurunan berat badan tanpa perlu mengubah gaya hidup atau pola makan. Kuncinya adalah minum air putih sekitar 500 mililiter setiap 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam. 

  1. Minum air putih membantu tubuh membuang limbah

Air putih ternyata tidak hanya bisa membantu tubuh memecahkan lemak, tetapi juga bisa membantu proses pembuangan limbah. Jika tubuh kurang air, kamu bisa mengalami sembelit dan tidak membuang kotoran sisa metabolisme dengan teratur, Akibatnya, limbah akan menumpuk di tubuh kamu dan berat badan bisa naik.

Jika rutin mengonsumsi air putih, kamu akan terhindar dari sembelit karena proses metabolisme tubuhmu lebih lancar.

Lantas, apa yang bisa dilakukan agar kamu konsisten minum banyak air putih dalam sehari?

Caranya, kamu harus menyediakan air putih di sekitar tempat tidur agar kamu mudah minum sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Minum air putih saat akan tidur dan setelah bangun tidur penting untuk menghidrasi tubuh dan melancarkan diet. 

Selain itu, kamu juga perlu membawa botol air portabel ke mana pun kamu pergi agar tidak lupa mengonsumsi air.

Jika masih takut kelupaan, buatlah pengingat atau bunyikan alarm di handphone agar kamu segera minum air putih setelah mendapat pengingat atau mendengar bunyi alarm. 

Baca Juga :

Inilah Beberapa Hal yang Harus Dilakukan dan Dihindari dalam Mengkonsumsi Air Putih.

Yuk! Biasakan Minum Air Putih Sebelum Tidur Agar Kamu Memperoleh Berbagai Manfaat Ini

Ini Caranya Air Putih Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan, Bukan Diet Air Putih

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Kesehatan Yang Mengesankan Dari Adas Manis

Pimpinella anisum, yang dikenal sebagai adas manis, adalah