Sudah bukan rahasia lagi bahwa siklus mode atau fashion bergulir bak roda yang berputar. Tren tahun 1960-an bisa jadi trendi lagi pada 1980-an. Begitu juga tren 1990-an yang bisa jadi trendi lagi pada tahun 2020, dan seterusnya.

Ahli fashion menilai, setiap siklus mode berlangsung rata-rata selama 15 tahun. Orang membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk melihat tren yang sedang berlangsung. Kemudian, akan ada waktu sekitar 5 tahun untuk mendapatkan momentum tren fashion. Setelah sebuah tren menjadi populer, akan ada periode 5 tahun ke depan yang akan menjadi puncak tren. Selanjutnya, tren akan menurun dan memudar dalam waktu 3 tahun. Jadi, jika ditotal, periode tren berlangsung selama 15 tahun.

Seiring berjalannya waktu, tren yang sudah pudar atau hilang memang bisa kembali lagi. Namun, untuk saat ini, beberapa barang berikut sudah termasuk out of date atau ketinggalan zaman: 

  1. Sweater dan gaun yang terbuat dari bahan rajut murahan

Sweater dengan bahan rajutan berkualitas buruk atau murahan akan mudah regang dan lepas. Tak hanya itu, bahan rajut yang berkualitas buruk juga bisa menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit. Untuk mendapatkan sweater rajut yang baik, bahan harus memiliki rasio 70-80 persen serat alami dan 20-30 persen serat sintetis. 

Karena itu, kamu harus hati-hati saat memilih sweater, ya! Jangan hanya tergiur barang murah kemudian membeli rajutan berkualitas buruk. 

  1. Stocking warna kulit

Lebih baik kamu tidak memakai stocking sama sekali daripada menggunakan stocking yang berwarna cream atau warna kulit. Menurut tren mode saat ini, stocking warna kulit tidak terlihat estetis.

Jika tetap ingin memakai stocking, usahakan kamu memilih stocking berwarna gelap. Atau paling tidak pilihlah warna stocking yang lebih gelap dari warna kulit kamu. Dengan cara ini, kaki kamu akan terlihat lebih ramping dan penampilan kamu akan menjadi lebih baik. 

  1. Pakai bra berenda saat menggunakan blus ketat

Dulu, wanita berpikir bahwa mengenakan bra berenda saat memakai blus ketat itu seksi. Padahal, hal ini salah besar. Bra halus berwarna nude adalah pilihan paling tepat jika kamu sedang memakai blus yang ketat. Jangan sampai pakaian dalam kamu terlihat jelas saat kamu memakai blus. Karena, pakaian dalam yang tampak jelas akan terlihat kurang estetis. 

  1. Absennya aksesoris

Aksesoris bisa melengkapi penampilan kamu dan membuat foto jadi lebih cantik. Mungkin dulu orang tidak terlalu memperhatikan aksesoris seperti topi, syal, ikat pinggang, jam tangan, atau perhiasan lainnya. Namun, saat ini aksesoris memegang peranan penting dalam fashion.

Jika ingin tampil oke baik secara langsung atau di dalam foto, kamu tidak boleh melupakan aksesoris yang mendukung penampilan kamu. Tapi ingat, pilihlah aksesoris yang cocok dengan bentuk tubuh dan pakaian yang kamu kenakan. 

  1. Kacamata hitam dengan ornamen kristal

Tren mode dewasa ini lebih mengutamakan desain yang sederhana dan tampak bersih. Jadi, jika kamu masih memiliki kacamata hitam dengan berbagai ornamen pada bagian bingkainya, seperti ornamen kristal, misalnya, maka sebaiknya kamu simpan saja kacamata kamu. 

Coba cari kacamata hitam sederhana dengan bingkai polos tanpa ornamen tertentu. Kacamata berdesain simple ini akan membuat penampilan kamu jadi lebih keren. Sementara itu, kacamata dengan banyak ornamen tidak penting justru bisa membuatmu terlihat norak. 

  1. Kuku panjang dan tajam

Dulu, dunia nail art sempat ramai dengan tren kuku panjang dan tajam menyerupai kuku hewan. Namun, sekarang tren nail art sudah beralih. Orang akan terlihat lebih cantik saat memilih bentuk kuku oval. Bahkan, sudah banyak tren nail art yang khusus dibuat untuk kuku pendek. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi kamu yang tidak bisa merawat kuku panjang atau kesulitan beraktivitas dengan kuku panjang. 

Nah, itulah enam tren mode zaman dulu yang sekarang sudah tidak modis lagi. Kira-kira tren mana yang paling ingin kamu tinggalkan?

Baca Juga :

Fashion Favorit Generasi Milenial yang Sudah Kuno pada 2021

7 Tren Fashion Jadul yang Comeback Tahun 2021

Jangan Dibuang, 7 Fashion Jadul Ini Masih Bisa Terlihat Keren

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Seberapa Sering Bahan jeans Harus Dicuci? Ini Jawaban Para Ahli

Beberapa jenis pakaian mungkin harus dicuci sesegera mungkin