Apakah Anda muak karena tidak melihat hasil dalam perjalanan penurunan lemak Anda meskipun sudah berusaha keras? Dibutuhkan kesabaran dan tekad untuk menurunkan berat badan, namun bukan hanya pola pikir dan niat yang kuat yang akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Mengikuti diet ketat, menahan diri dari makanan yang menggoda, dan berolahraga secara ekstensif adalah bagian darinya. Namun, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang diinginkan bahkan dengan semua ini dan Anda mungkin bertanya-tanya mengapa. Jawabannya adalah beberapa kesalahan sederhana dapat menggagalkan perjalanan penurunan lemak Anda.

Berikut beberapa kesalahan yang dapat memperlambat perjalanan penurunan berat badan Anda.

  1. Melewatkan Makan

Orang-orang percaya bahwa jika Anda tidak makan, berat badan Anda akan turun lebih banyak. Ini adalah mitos yang lengkap. Jika Anda melewatkan waktu makan, Anda membuat diri Anda kelaparan dan kehilangan nutrisi penting. Hal ini tidak hanya berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi Anda juga akan mengunyah camilan tanpa berpikir panjang karena Anda akan terus-menerus merasa lapar. Makan secara konsisten dan dalam porsi yang tepat adalah cara untuk menjalani perjalanan penurunan lemak Anda. Jika Anda melewatkan sarapan dan mencoba menekan rasa lapar, Anda mungkin akan makan banyak saat makan siang. Tetap lapar juga dapat menyebabkan masalah lambung dan menambah ketidaknyamanan Anda.

  1. Mengonsumsi Makanan Kemasan yang ‘Sehat’

Makanan ‘sehat’ yang dikemas dan siap disantap tidaklah sehat atau ramah terhadap penurunan berat badan seperti yang kita yakini. Mayoritas dari mereka menipu kita dengan berpikir bahwa kita mengonsumsi versi makanan favorit yang lebih sehat padahal tidak banyak perbedaan dalam kandungan kalori atau nutrisinya.

Selain itu, makanan kemasan mengandung bahan pengawet, gula, natrium, dan bahan lain yang mungkin berbahaya bagi kesehatan Anda.

Untuk mengetahui bahan-bahan dan jumlahnya dalam apa yang Anda makan dan untuk mengontrolnya, cara terbaik untuk menurunkan berat badan melalui diet adalah dengan menyiapkan makanan Anda di rumah.

  1. Tidak Melacak Asupan Anda

Anda mungkin tidak menyadari jumlah makanan yang Anda konsumsi setiap hari, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan secara signifikan. Ngemil di antara sarapan dan makan malam bisa menambah banyak kalori per harinya. Membuat jurnal dan mencatat asupan makanan dan cairan akan sangat membantu Anda dalam perjalanan penurunan berat badan. Ini juga akan membantu memastikan Anda minum cukup air setiap hari.

  1. Latihan Berlebihan Atau Tidak Cukup

Penting untuk dipahami bahwa untuk menurunkan berat badan, olahraga juga harus dikontrol. Masalah terkait olahraga juga bisa muncul karena aktivitas berlebihan atau jarang berolahraga. Kurangnya olah raga dapat menyebabkan penurunan massa otot, metabolisme yang lamban dan kelemahan, sedangkan olah raga yang berlebihan dapat menyebabkan nyeri otot dan retensi air. Kelemahan otot sering terjadi pada orang yang memulai perjalanan penurunan berat badan, terutama mereka yang mengikuti diet ketat tanpa terlalu fokus pada olahraga. Hal ini menyebabkan kelelahan otot dan hilangnya massa otot. Ini juga memperlambat metabolisme Anda, yang merupakan hambatan dalam perjalanan penurunan berat badan Anda.

  1. Tidak Cukup Tidur

Cara hidup kita memainkan peran penting dalam perjalanan penurunan berat badan kita. Tubuh dan pikiran yang sehat membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur per hari. Tidur mengisi kembali energi dan membuat Anda tetap segar, aktif, dan waspada sepanjang hari. Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur nafsu makan.

  1. Tidak Minum Air Yang Cukup

Tubuh kita sering bingung antara dehidrasi dan kelaparan. Sensasi haus seringkali disalahartikan dengan sensasi lapar. Hal ini menyebabkan makan berlebihan. Namun, minum banyak air dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Air meningkatkan metabolisme, energi, kesehatan otot, aliran darah, dan berbagai faktor lainnya.

Baca Juga :

Apakah Anak yang Kelebihan Berat Badan Lebih Rentan Terkena Diabetes Dini?

Hormon Dan Pertambahan Berat Badan: Gejala Dan Cara Mengendalikannya

5 Buah Tinggi Kalori Terbaik Untuk Menambah Berat Badan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Bisakah Diet Anda Meringankan Gejala Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)?

Banyak penderita PCOS menyadari bahwa mereka mampu mengelola