Jika Anda berencana untuk mengikuti diet bebas susu, Anda harus menemukan cara untuk menggantikan nutrisi penting yang ditemukan dalam produk susu seperti kalsium, yodium, dan protein. Jika tidak, ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi. Untungnya ada banyak makanan alternatif yang dapat Anda masukkan ke dalam diet Anda untuk menggantikannya.

Agar aman dari produk susu, Anda perlu memastikan bahwa Anda mencari sumber alternatif kalsium, vitamin B, fosfor, vitamin A, magnesium, seng, dan yodium. Yodium dapat ditemukan dalam garam beryodium atau produk rumput laut. Kalsium dapat ditemukan di sumber non-susu seperti pengganti susu yang diperkaya, tahu, kacang-kacangan, sarden kalengan, buah ara kering, dan makanan yang diperkaya lainnya.

Jika Anda telah mengurangi produk susu dan semua produk hewani, Anda harus jauh lebih komprehensif dalam mengganti nutrisi yang hilang dari produk hewani. Simak penjelasan nutrisi pengganti untuk Anda yang diet bebas susu, berikut ini.

  1. Kalsium

Sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan cukup kalsium dalam diet harian Anda, karena ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan otot Anda. Menurut NHSOrang dewasa berusia 19 hingga 64 tahun membutuhkan 700 miligram (mg) kalsium sehari.

Meskipun dimungkinkan untuk memiliki alternatif susu yang diperkaya kalsium, seperti susu kedelai, yoghurt, dan keju, Anda juga dapat meningkatkan asupan kalsium dengan mengonsumsi makanan lain. Beberapa cara mudah untuk menambahkan kalsium ke dalam diet bebas susu Anda adalah dengan menambahkan sayuran hijau, seperti kangkung, okra, brokoli, dan kacang hijau. Labu butternut dan ubi jalar juga tinggi kalsium.

Jika Anda bisa makan ikan, sarden dan pilchard juga merupakan sumber yang bagus. Atau, jika Anda mengikuti pola makan vegan, tahu adalah alternatif yang baik. Cara cepat lain untuk meningkatkan asupan kalsium Anda adalah dengan menaburkan biji-bijian seperti chia, wijen, dan bunga matahari ke salad Anda. Ditambah segenggam kacang edamame atau almond adalah cara yang bagus untuk menambahkan kalsium ke waktu camilan Anda.

  1. Yodium

Yodium diperlukan untuk membuat hormon tiroid Anda bekerja, yang membantu menjaga sel-sel dan kecepatan reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh agar tetap sehat. Orang dewasa membutuhkan 140 mikrogram (μg) yodium sehari. Sumber yodium yang baik termasuk ikan dan kerang. Ini juga dapat ditemukan dalam sereal dan biji-bijian dan beberapa pengganti susu yang diperkaya.

  1. Protein

Protein, yang ditemukan dalam susu, merupakan sumber energi penting bagi tubuh Anda. Ini juga penting untuk pertumbuhan tulang, otot, kulit, rambut, dan kuku. Wanita harus memiliki asupan harian yang direkomendasikan 45g protein dan pria 55,5g.

Jika Anda makan daging, daging merah seperti daging sapi dan daging kambing, semuanya kaya protein. Demikian juga unggas seperti ayam, kalkun dan bebek, serta telur.

Namun, untuk pola makan vegan, Anda dapat menambah kadar protein Anda dengan kacang-kacangan dan polong-polongan, seperti lentil, buncis, kacang polong, buncis, buncis, kacang merah, kacang mentega, kacang haricot, kacang cannellini, kacang pinto dan kacang borlotti. Kedelai, tahu, dan miso juga merupakan sumber yang bagus.

Alternatif  makanan bebas susu lainnya:

Semua buah dan sayuran

Susu – Beras, oat, almond, hazelnut, kelapa, quinoa, dan susu kentang

Yoghurt – Kelapa, almond

keju vegan

Mentega – mentega kacang (seperti mentega pistachio yang mudah dibuat dengan matcha, mentega kelapa

Jika Anda ragu apakah suatu produk mengandung produk susu, carilah makanan yang memiliki pesan “bebas susu” atau “cocok untuk vegan” pada kemasannya.

Perlu juga diingat bahwa susu alternatif tidak memberikan semua manfaat nutrisi yang sama seperti susu sapi. Studi ini mengamati kedelai, almond, beras dan santan dan menemukan bahwa susu kedelai adalah alternatif terbaik untuk susu sapi.

Baca Juga :

Nggak Melulu Susu Sapi, Ini Lho Jenis Susu Lainnya Yang Bisa Dikonsumsi Saat Kamu Diet

Diet Sukses Atau Cuma Berat Air Yang Susut? Temukan Jawabannya di Sini

Lagi Diet? Ini Menu Sarapan Sehat Terbaik Agar BB Cepat Turun

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

7 Herbal Ajaib Untuk Menambah Berat Badan Lebih Cepat

Dalam masyarakat saat ini, di mana dunia sedang