Pagi hari adalah waktu sibuk untuk bersiap melakukan aktivitas harian. Meskipun sibuk, kamu perlu menyiapkan sarapan sehat untuk mengisi energi. Apalagi, jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan (BB).

Sarapan menjadi asupan makanan penting ketika kamu sedang dalam program diet atau penurunan berat badan. Pertanyaannya, seberapa banyak makanan yang harus dikonsumsi saat sarapan di pagi hari?

Menu sarapan harus mengandung setidaknya 25 gram protein jika kamu ingin tetap kenyang sampai saatnya makan siang nanti. 

Lebih baik kamu mengonsumsi protein untuk memulai hari kamu, daripada mengonsumsi karbohidrat yang hanya membuatmu kenyang dalam jangka waktu lebih pendek.

Perlu diingat, konsumsi protein setiap orang bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung tingkat aktivitas kamu. Jika kamu banyak beraktivitas fisik, tentu kamu akan membutuhkan asupan kalori lebih banyak. Namun, jika kamu tidak banyak bergerak dalam aktivitas sehari-hari, kalori yang dibutuhkan saat sarapan hanya sekitar 400-500 kalori saja. 

Sebagai variasi menu sarapan, berikut beberapa bahan makanan paling sehat dan lezat yang bisa dikonsumsi saat sedang diet :

  1. Telur

Telur adalah pilihan sarapan terbaik saat diet. Selain harganya terjangkau, telur juga bisa dimakan dengan berbagai cara, baik digoreng maupun direbus. Kamu tidak akan bosan makan telur setiap hari.

  1. Yoghurt nabati

Yoghurt nabati dapat dijadikan pilihan makanan sehat untuk sarapan dengan memadukannya dalam smoothie atau granola. Yoghurt nabati lebih baik daripada yoghurt berbasis susu karena proses pengolahannya cenderung lebih sederhana.

  1. Sosis ayam organik

Bagi kamu pecinta sosis, saat sedang menjalankan program diet, usahakan memilih sosis ayam organik yang jauh lebih sehat dan lebih rendah lemak daripada sosis kemasan. Konsumsi sosis ayam organik dengan beberapa potong buah untuk membuatmu kenyang sampai siang.

  1. Melon

Melon bisa dijadikan pilihan buah untuk dikonsumsi saat sarapan karena mengandung banyak air dengan sedikit kandungan gula. Tambahkan potongan buah melon dalam smoothie kamu, atau konsumsi buah melon secara langsung untuk membantu perut kenyang lebih lama. 

  1. Stroberi

Jika ingin memakan buah yang manis dan segar, kamu bisa memilih stroberi atau buah beri lainnya untuk dikonsumsi saat sarapan. Tak hanya bisa dijadikan smoothie atau dikonsumsi langsung, stroberi juga bisa menjadi pelengkap omelet. 

  1. Pisang

Buah yang satu ini sangat mudah didapatkan di mana saja. Selain cara makannya yang praktis, pisang juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Untuk membuat sarapan sederhana, bergizi, dan mengenyangkan, kamu bisa merebus satu butir telur dan mengonsumsi satu buah pisang di pagi hari. 

  1. Pepaya

Sama seperti pisang, pepaya juga mudah ditemukan di berbagai daerah. Selain murah, pepaya juga banyak dipilih karena mengandung enzim yang membantu proses pencernaan. Rasa buah pepaya pun manis dan lezat, cocok untuk dikonsumsi saat sarapan. 

Itulah daftar makanan bergizi yang cocok dijadikan menu sarapan harian bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Ingat, kunci dari program penurunan berat badan adalah konsistensi. Kamu harus konsisten menjalankan pola makan sehat sampai mencapai berat badan ideal.

Baca Juga :

6 Alasan Mengapa Makan Menu Sarapan yang Sama Setiap Hari Itu Penting

5 Menu Sarapan yang Sebaiknya Kamu Hindari Sebelum Pukul 10 Pagi

Manfaat Buah Pisang Sebagai Menu Sarapan Rutinmu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mencegah Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Kamu pasti pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi