Industri makanan telah menjadikan sarapan sebagai santapan terpenting dalam asupan harian, meskipun fakta (dalam sains) mengatakan bahwa melewatkan sarapan tidak benar-benar memiliki konsekuensi buruk  bagi tubuh. Di sisi lain, faktanya adalah sarapan yang sehat dan berkualitas dapat meningkatkan suasana hati kamu dan mencegah depresi.

Kamu perlu mengetahui apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan untuk sarapan. Nah, berikut adalah makanan yang wajib untuk dihindari sebelum jam 10 pagi :

  • Roti bakar dengan butter
Resep Cara Membuat Roti Bakar Dengan Teflon di Rumah - Toko Mesin ...

Sarapan tidak harus berupa makanan tanpa lemak. Kamu bisa menemukan jenis lemak yang tepat untuk dimakan di pagi hari, misalnya roti bakar. Biasanya orang membuat roti bakar dengan butter atau mentega. Mentega memang mengandung lemak yang membantu tubuh memproses vitamin tetapi juga mengandung banyak lemak jenuh.

Alih-alih membuat roti bakar dengan mentega, sebaiknya kamu oleskan selai kacang di atas roti bakar kamu. Studi menemukan bahwa kacang tanah dan selai kacang murni dapat membantu kamu menahan lapar di siang hari karena nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan produksi hormon yang mengatur rasa lapar.

  • Sereal

Sereal sarapan adalah klasik yang disukai banyak orang. Meskipun sangat praktis dan nikmat, tapi nyatanya sereal sarapan mengandung banyak gula yang nantinya bisa menjadi lemak perut. Sebagai gantinya, makanlah oatmeal buatan rumah yang bebas gula dan mengandung serat yang sehat. Mengurangi asupan gula di pagi hari dapat membantu kamu untuk tetap fit dan tidak mudah lelah di siang hari.

  • Pancake dan Waffle
Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Beda Pancake dan Waffle

Sebagian besar pancake, waffle, dan kue kering mengandung karbohidrat olahan. Nah, karbohidrat olahan ini dapat membuat kamu cepat merasa lapar di siang hari. Karbohidrat olahan hanya mengandung sedikit serat atau bahkan tidak memiliki serat sama sekali, justru mengandung banyak lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan.

Alih-alih membeli pancake atau waffle instan, buatlah sendiri di rumah dan pilih tepung gandum yang berserat tinggi. Kamu juga bisa menggantinya dengan roti panggang gandum.

  • Yoghurt rendah lemak

Produk yoghurt rendah lemak telah menjadi alternatif yang populer untuk sarapan. Sayangnya, yoghurt sering mengandung banyak gula untuk menambah rasa dan yoghurt hanya mengandung sedikit protein. Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt biasa (yoghurt dengan lemak) sebenarnya membantu menurunkan berat badan. Konsumsi protein di pagi hari dapat membantu kamu menahan lapar di siang hari. Jadi, pilihan terbaik untuk kamu adalah yoghurt reguler (yoghurt dengan lemak) yang tanpa gula.

  • Jus buah

Kebanyakan jus buah mengandung banyak gula, bahkan kandungan gula jus buah bisa sebanyak soda. Penelitian menunjukkan bahwa jus buah juga hampir tidak mengandung serat. Di sisi lain, jus buah memang tampak menarik dan nikmat, karena kamu tidak harus mengunyah. Namun, karena inilah, jus buah tidak membuat kamu kenyang di pagi hari.

Sebagai gantinya, makanlah buah potong yang segar. Ini adalah cara yang bagus untuk mengaktifkan sistem pencernaan kamu di pagi hari dan menyiapkannya untuk asupan kalori yang lebih tinggi di saat makan siang.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/jangan-sepelekan-sarapan-karena-manfaatnya-sangat-luar-biasa/

http://www.tampilcantik.com/diet-tetap-terjaga-dengan-memilih-sarapan-yang-menyehatkan/

http://www.tampilcantik.com/gak-suka-sarapan-ternyata-ini-loh-manfaat-sarapan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Memiliki Pasangan Kerja

Pernahkah kamu mendengar tentang istilah “working husband” atau