Proses penuaan sangat alami dan setiap orang menjalani fase ini dengan kecepatannya masing-masing. Umumnya, proses penuaan dimulai saat Anda berusia akhir 30-an, inilah saat ketika Anda mulai memperhatikan perubahan terkait usia seperti kerutan, garis halus, rambut beruban, dan lingkaran hitam mulai terlihat. Dua masalah paling umum yang dihadapi masyarakat adalah kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata karena kulit di bawah mata sangat tipis dibandingkan dengan kulit di bagian wajah lainnya. Kulit bagian bawah mata lebih sensitif terhadap lingkungan, bahan kimia, dan sinar UV sehingga menjadi tipis dan kehilangan elastisitasnya. Inilah area pertama di wajah yang menunjukkan tanda-tanda penuaan sehingga bagian bawah mata memerlukan perawatan dan perhatian khusus.

Kerutan di bawah mata mulai muncul di usia pertengahan atau akhir 30an. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, garis-garis kerutan ini mulai muncul di awal usia 30-an. Anda dapat mencoba beberapa bahan alami untuk mengatasi kerutan ini.

Penyebab Kerutan

  • Sinar UV

Jika Anda tidak menggunakan pelindung mata yang diperlukan, sinar UV akan mulai merusak kolagen di kulit Anda. Hal ini akan menimbulkan kerutan dan garis halus. Pencemaran lingkungan juga dapat menyebabkan keriput.

  • Merokok

Kebiasaan ini membuat kulit terkena stres oksidatif ekstra, yang merusak kolagen dan elastin. Hal ini semakin membatasi nutrisi untuk mencapai pembuluh darah di wajah karena pembuluh darah tersebut menyempit sehingga membatasi sirkulasi darah yang menyebabkan kerutan.

  • Diet Tinggi Gula

Makanan dengan kandungan gula tinggi rendah antioksidan dan dapat mempercepat proses penuaan yang menyebabkan garis-garis halus dan kerutan di bawah mata.

Bahan Alami untuk Keriput

1. Lidah Buaya

Aloe Vera memiliki banyak khasiat penyembuhan. Oleskan gel lidah buaya pada bagian kerutan dan pijat selama lima menit, lalu bilas dengan air dingin. Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel lidah buaya akan mengurangi kerutan dan meningkatkan kolagen di kulit sekaligus menjaganya tetap terhidrasi.

2. Masker Pisang

Hancurkan seperempat pisang dan buat pasta halus. Oleskan ini pada kulit Anda dan biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Pisang memiliki minyak alami dan vitamin yang meningkatkan kesehatan kulit Anda.

3. Putih Telur

Dalam mangkuk ambil putih telur dan aduk rata, oleskan pasta ini pada kerutan Anda. Diamkan hingga mengering dan membuat kulit melar, bilas dengan air dingin. Putih telur mengurangi kedalaman kerutan dan membantu memproduksi kolagen. Jika Anda alergi terhadap telur, sebaiknya hindari menggunakannya.

4. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang memproduksi atau menciptakan kolagen pada kulit. Mengoleskan serum vitamin C dapat membantu mengurangi kerutan. Ini juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan mengurangi peradangan.

5. Kunyit dan Minyak Kelapa

Ambil sejumput kunyit dan campurkan dengan sesendok minyak kelapa. Oleskan campuran ini di bawah mata dan bilas setelah 15-20 menit. Jika mau, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak almond.

6. Yogurt

Ambil setengah sendok makan yogurt dan campurkan dengan satu sendok teh air mawar dan madu. Oleskan pasta ini pada wajah dan sekitar mata. Cuci dengan air hangat setelah 15-20 menit.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit, mereka akan memberi Anda obat atau menyarankan perawatan laser, atau Anda juga dapat mencoba pengobatan rumahan untuk hal yang sama.

Baca Juga :

10 Tips Untuk Mengurangi Kerutan di Leher dan Dahi

5 Gaya Hidup Anda Untuk Mengurangi Kerutan Dahi

3 Produk Perawatan Kulit dan Makeup Untuk Mengurangi Kerutan Dahi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kiat Agar Rambut Tumbuh Cepat Dan Sehat (Bagian II) – end

Pada bagian pertama, telah dibahas bagaimana cara membuat