Mendapatkan pekerjaan adalah impian setiap orang. Jika masa seolah dirasa cukup, maka seseorang akan berusaha mencari pekerjaan untuk mendapatkan pemasukan. Pemasukan atau gaji akan bertambah seiring waktu kerja dan meningkatnya kemampuan.

Sebelum mendapatkan pekerjaan,maka salah satu tahapan yang harus dilalui adalah mengirimkan resume atau lamaran. Di sinilah HRD akan menyeleksi kandidat yang sekiranya sesuai dengan kriteria yang dicari.

Resume menjadi langkah awal seseorang untuk dipanggil ke tahap selanjutnya, yaitu wawancara. Tak jarang banyak yang gugur karena CV nya kurang menarik.  Setelah CV nya menarik, jika belum mendapatkan panggilan, jangan menyerah karena banyak hal bisa terjadi. Bagaimana caranya agar dipanggil?

Perbanyak Relasi

Walaupun Anda memiliki rekan yang banyak, tak ada salahnya untuk memulai untuk menjalin relasi dengan banyak orang, misalnya orang yang baru dikenal. Sapalah orang yang Anda kenal. Dengan banyaknya relasi, maka Anda bisa mendapatkan banyak informasi terkait lowongan kerja yang Anda inginkan.

Mengikuti Kursus

Sembari menunggu panggilan atau untuk melengkapi CV, tak ada salahnya untuk bergabung mengikuti kursus. Dengan mengikuti kursus ini, maka perusahaan akan melihat Anda sebagai sosok yang bersemangat untuk belajar. Selain menambah ilmu, maka kualitas diri Anda juga akan meningkat. Tak harus keluar, karena di masa pandemi seperti ini banyak kok kursus online yang ditawarkan. 

Mencoba Pekerjaan Freelance

Menemukan pekerjaan yang cocok memang susah-susah gampang jadi, sebaiknya jangan terlalu pilih-pilih. Jika memang kesempatan mendapat pekerjaan tetap belum datang, memanfaatkan waktu untuk menerima pekerjaan freelance tak ada salahnya sembari menunggu pekerjaan tetap datang dan menambah pengalaman. Saat ini banyak perusahaan yang justru membutuhkan karyawan freelance untuk meningkatkan produktivitas. 

Bergabung Dengan LSM

Bergabung dengan sebuah organisasi atau LSM dapat menjadi sebuah resume yang baik. Tak jarang pewawancara ingin tahu kegiatan lain diluar pekerjaan Anda. Apakah Anda sering melakukan kegiatan sosial (berkontribusi di masyarakat). Bergabung di LSM atau sebuah organisasi juga akan membantu Anda memperluas relasi dan menambah ilmu.

Menuliskan Keterampilan Umum Yang Dimiliki

Sebelum dicetak atau dikirimkan, ada baiknya Ada mengecek kembali resume Anda. Jika perlu, tuliskan saja keterampilan yang Anda miliki selain keahlian utama yang dibutuhkan. Namun ingat, sebaiknya Anda menuliskan beberapa keterampilan yang paling Anda kuasai.

Sesuaikan Resume (CV)

Setiap pekerjaan memiliki persyaratan yang berbeda. Jadi, sesuaikan persyaratannya dengan kualifikasi Anda. Jika Anda asal saja mengirimkan resume, maka besar kemungkinan Anda akan gagal. Pastikan resume Anda dikirimkan kepada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi Anda. Carilah lowongan baik melalui internet maupun media lain yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

Cek Perusahaan

Cek jenis pekerjaan yang akan Anda lamar, sebab ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan persyaratan lebih, misal portfolio. Biasanya portfolio dibutuhkan saat seseorang melamar kerja di bidang tertentu, misal desain. Jika memang dibutuhkan buatlah portfolio semenarik mungkin. Desainlah dengan baik. 

Itulah beberapa cara agar resume Anda segera dilirik HRD. Tetap semangat dan jangan menyerah. 

Baca Juga :

Cari Kerja dan Ga Kunjung Dapat Bisa Bikin Kamu Putus Asa, Kamu Harus Tetap Positif dan Jangan Menyerah!

Tahu Tidak? 5 Item Fashion Ini Tak Boleh Dikenakan Ketika Interview Kerja

5 Keslahan Umum dalam Wawancara Telepon dan Bagaimana Cara Memperbaikinya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kiat Untuk Melindungi SI kecil Dari Ancaman Internet

Internet bukanlah tempat yang aman bagi anak, bahkan