Ayah adalah sosok yang sangat dibutuhkan. Saat ini, ayah tidak hanya menjadi sosok pejuang yang mencari nafkah, namun saat ini ayah  mulai terlibat dalam pola asuh anak dan mulai aktif untuk membantu ibu membesarkan si kecil.

Setiap ayah itu unik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap ayah berbeda dan memiliki caranya tersendiri untuk turut serta dalam kehidupan si kecil. Beberapa ayah ada yang mencoba untuk menjadi teman, sementara ayah yang lain ada yang ingin berada di posisi otoritatif dalam keluarga. Gaya pengasuhan yang berbeda ini tentu berbeda. Sebenarnya ada 5 jenis ayah yang harus diketahui.

  1. Ayah Yang Gila Bekerja

Sesuai namanya, ayah yang gila bekerja akan disibukkan dengan beberapa pekerjaan. Kita tidak akan pernah bisa melihat ayah duduk dengan tenang. Ayah akan selalu sibuk, entah dengan pekerjaan kantor maupun pekerjaan rumah. Makanya tak heran, saat pergi bersama ayah, ia akan sibuk menatap layar gadgetnya untuk menelusuri email maupun pekerjaan. Mungkin akan sulit untuk akrab dengan ayah yang sibuk bekerja, namun jangan sedih karena justru ayah yang gila kerja ini mampu memberikan nasihat terkait karir si kecil.

  1. Ayah Yang Baik Hati

Mengasuh anak tidak hanya sekedar membesarkan saja,namun juga membentuk karakter anak dan mendidiknya. Ayah baik hati akan selalu memastikan semua kebutuhan keluarga terpenuhi. Tak heran jika ayah akan membantu ibu menyiapkan makanan, memandikan si kecil, hingga membawa si kecil ke rumah sakit saat dibutuhkan.

  1. Ayah Yang Lucu

Tipe ayah yang lucu sebenarnya ingin mencoba mengulang kembali masa kecil bersama anak-anak. Ayah tidak akan takut untuk mencoba sesuatu yang baru dan penuh tantangan. Ayah akan selalu mendukung apapun keputusan si kecil dan bahkan mencoba terlibat dalam pengambilan keputusan ini. Misalnya saja, dalam memilih sekolah ayah akan memberikan saran sekolah tertentu dengan alasannya, namun keputusan yang diambil si kecil akan tetap dihargai.

  1. Ayah Yang Interaktif

Ayah yang interaktif akan selalu menjaga kebutuhan anak, terutama kebutuhan emosional dan fisik anak. Ayah memahami betapa pentingnya interaksi dan diskusi untuk menyelesaikan masalah. Jika ayah suka sekali diskusi dengan si kecil dan membicarakan keseharian mereka bahkan membicarakan mimpi yang ingin dikejar, maka ayah adalah tipe ayah yang interaktif. Ayah bahkan tak segan untuk memberikan motivasi dalam meraih mimpi.

  1. Ayah Yang Sentimental

Tak hanya ibu yang bisa sensitif saat membahas anak, namun ayah pun juga bisa emosional saat membahas anak. Ayah akan selalu membahas prestasi si kecil dan bersemangat jika diskusi. Ayah juga selalu ingin diperhatikan dan akan senang jika anak selalu membutuhkannya. Ayah juga akan selalu mengabadikan setiap momen bersama si kecil.

Itulah beberapa tipe ayah dalam mendidik anak. Apapun gayanya, sebenarnya ayah selalu menginginkan yang terbaik untuk si kecil. Jika memang ada pemikiran yang berbeda, Anda bisa mendiskusikannya bersama pasangan Anda agar didapatkan gaya mendidik yang sama. Si kecil pun tidak akan kebingungan.

Baca Juga :

Inilah 6 Alasan Mengapa Wanita Lebih Suka Tipe “Bad Boy”

8 Tipe Wanita yang Dikencani Pria Sebelum Akhirnya Bertemu Jodohnya

Penasaran Mengapa Kita Perlu Dua Tipe Lotion untuk Tangan dan Tubuh?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Kiat Untuk Melindungi SI kecil Dari Ancaman Internet

Internet bukanlah tempat yang aman bagi anak, bahkan