Bukan rahasia lagi bahwa wash and go adalah salah satu cara termudah untuk menata dan merawat rambut alami. Semua orang ingin terlihat bagus tanpa banyak styling, dan wash and go benar-benar gaya terbaik yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah untuk rambut kamu. Ada beberapa tips menarik yang perlu kamu ingat untuk menyempurnakan rutinitas styling kamu.

Apa itu wash and go?

ALEX'S-Salon-Tumapel Instagram posts - Picuki.com

Wash and Go adalah metode menata rambut tanpa panas atau manipulasi dengan alat dan obat apa pun. Kamu benar-benar hanya perlu mencucinya, menambahkan produk penataan rambut, dan membiarkannya mengering. Dengan wash and go, pada dasarnya kamu akan menggabungkan seluruh perawatan rambut dan rutinitas styling ke dalam rutinitas mandi kamu. Metode ini bagus untuk menemukan kembali pola ikal alami rambut kamu.

Bagaimana Cara Melakukan Wash and Go?

  1. Bersihkan atau bilas rambut kamu

Tentu kamu ingin memulai hari dengan rambut bersih. Dengan ujung jari atau sikat sampo, pijatlah dengan lembut kulit kepala dan rambut menggunakan pembersih yang lembut pula (tanpa sulfat, tanpa busa) setidaknya selama 60 detik, lalu bilas. Proses ini akan membantu memecah minyak dan membersihkan penumpukan minyak dan kotoran dari kulit kepala.

Kemudian, selama sisa hari-hari minggu ini, atau hingga hari keramas berikutnya tiba, kamu tidak perlu mencuci dengan pembersih/shampoo, melainkan cukup ulangi gerakan memijat yang sama hanya dengan air hangat saja, untuk membuat rambut kamu kembali lembap.

  • Gunakan kondisioner

Bagian terpenting dari wash and go adalah kondisioner. Kondisioner tidak hanya membantu melumasi, melembutkan, mengurai, dan memanjangkan setiap helai rambut, tetapi juga membantu menghaluskan tekstur rambut agar lebih mudah ditata. Tidak ada aturan khusus tentang seberapa banyak kondisioner yang harus kamu pakai. Kamu bisa menggunakan banyak kondisioner terutama jika kamu memiliki rambut kering.

  • Bilas dengan lembut

Selalu mulai proses detangling saat rambut kamu masih dipenuhi dengan kondisioner untuk menghindari kerusakan. Saat rambut kamu benar-benar basah, gunakan ujung jari untuk melepaskan bagian rambut yang kusut dengan lembut dari ujung ke atas. Akhiri dengan membilas kondisioner kamu sampai bersih. Kemudian,  saat rambut kamu masih basah, segera lakukan langkah keempat.

  • Lapisi rambut dengan produk styling

Saat kamu masih mandi, setelah kamu membilas kondisioner, mulailah melapisi produk penataan rambut kamu. Air pada rambut yang masih basah akan membantu mendistribusikan produk ke seluruh rambut dengan lebih mudah dan juga lebih cepat.

Setelah kamu melapisi rambut dengan vitamin atau produk perawatan rambut lainnya, barulah kamu bisa melakukan pengeringan rambut. Jangan terbalik. Banyak orang yang terlebih dahulu mengeringkan rambut, baru setelah itu mereka melapisi rambut dengan produk perawatan. Padahal, produk perawatan justru akan bekerja dengan baik jika rambut masih basah.

  • Biarkan rambut mengering secara alami

Setelah melapisi rambut dengan produk perawatan rambut, kamu bisa keluar dari kamar mandi dan siap menyambut hari. Tapi ingat, setelah kamu keluar dari kamar mandi, kamu harus membiarkan rambut kamu kering secara alami. Itu berarti kamu tidak boleh meremas, memelintir, menepuk-nepuk atau melakukan apa pun pada rambut sebelum rambut benar-benar kering. Inilah keseluruhan proses dari styling Wash and Go.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/produk-styling-rambut-yang-sesuai-untuk-kamu/

https://www.tampilcantik.com/4-cara-memeriksa-rambut-dan-cara-merawat-rambut-dengan-benar/

https://www.tampilcantik.com/tips-mempertahankan-warna-rambut-dan-kebiasaan-buruk-yang-dapat-merusaknya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Tips Untuk Mengencangkan Pori-pori Besar

Pori-pori yang membesar disebabkan oleh beberapa faktor, di