Penelitian yang diterbitkan dalam American Sociological review menemukan bahwa gaslighting dalam hubungan (romantis atau lainnya), sebenarnya adalah bentuk yang paling umum.

“Korban gaslighting akan terus-menerus menebak dirinya sendiri. Mereka juga berjuang membuat keputusan untuk diri mereka sendiri karena mereka sangat takut bahwa mereka membuat keputusan yang salah. Tidak peduli keputusan apa yang mereka buat, itu akan selalu menjadi keputusan yang salah, ”kata Emma Davey, seorang pakar hubungan dan pelecehan narsistik.

“Pada saat inilah pelaku telah merampas kekuatan dan kendali orang tersebut untuk bisa bersuara, punya perasaan, punya pikiran sendiri. Mereka akan mengalihkan hal itu dan membuat mereka merasa tidak mampu membuat keputusan karena akan selalu salah. Saat itulah korban mulai berjalan di atas kulit telur dan berpikir sebaiknya mereka tidak melakukan apa-apa dan membiarkan pelaku membuat keputusan karena dengan begitu mereka tidak akan pernah mendapat masalah.

Tanda-tanda seseorang melakukangaslightingpada Anda

Menurut Solace Women’s Aid, sebuah badan amal kekerasan dalam rumah tangga yang bekerja di London, ini adalah tanda-tanda seseorang melakukan gaslightingpada Anda:

  • Anda terus-menerus menerka-nerka apakah diri Anda bersalah.
  • Anda bertanya pada diri sendiri ‘apakah saya terlalu sensitif?’ beberapa kali sehari.
  • Mereka membuat Anda merasa bingung atau seperti Anda menjadi gila.
  • Anda selalu meminta maaf kepada pasangan/anggota keluarga Anda.
  • Meskipun begitu banyak hal yang tampaknya baik terjadi dalam hidup Anda, Anda tidak dapat memahami mengapa Anda tidak lebih bahagia.
  • Anda membuat alasan atas perilaku pasangan Anda kepada teman dan anggota keluarga Anda.
  • Anda menemukan diri Anda menyembunyikan informasi dari teman dan keluarga sehingga Anda tidak perlu menjelaskan atau membuat alasan.
  • Anda tahu ada sesuatu yang sangat salah, tetapi Anda tidak tahu apa itu.
  • Anda mulai berbohong untuk menghindari kekecewaan dan lika-liku kenyataan oleh pasangan Anda.
  • Anda mengalami kesulitan membuat keputusan sederhana.
  • Anda merasa dulu Anda lebih percaya diri, lebih suka bersenang-senang, dan lebih santai daripada sekarang.
  • Anda merasa seperti putus asa dan tanpa sukacita.
  • Anda merasa tidak bisa melakukan apapun dengan benar.
  • Anda bertanya-tanya apakah Anda “cukup baik” untuk pasangan Anda.

Ada banyak tanda gaslighting dan daftar ini tidak pasti 100% akurat. Jika Anda khawatir bahwa Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gaslighting, segera hubungi ahlinya untuk mendapatkan konseling mengenai apa yang menimpa Anda.

Bagaimana Menghentikannya Jika Terjadi Pada Anda

“Jika Anda terindentifikasi sebagai korban gaslighting, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengakhirinya. Karena Anda tidak akan pernah menang, ”kata Emma.

Dalam jangka panjang  seseorang yang telah mengalami gaslighting direkomendasikan untuk  mulai menulis jurnal untuk mengenali pola perilaku gaslighting. Lihatlah bagaimana perilaku ini telah mengubah Anda – bagaimana perasaan Anda?

Putuskan hubungan Anda baik-baik atau coba cari tahu tentang Dan jika itu bukan hubungan romantis, melainkan hubungan karyawan, kenalan dll, maka upayakan untuk bersikap cuek dan tidak memberikan emosi apapun kepada orang tersebut. Anda akan menjadi sangat membosankan bagi mereka karena Anda tidak membalas apa pun. 

Baca Juga :

Ini 8 Tanda Hubungan Kamu Sudah Makin Serius

Ini Alasan Mengapa Hubungan Asmara di Zaman Modern Cenderung Rapuh

Hindari 6 Hal Ini Jika Tak Ingin Hubungan dengan Anak Jadi Renggang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Inilah Mengapa Pelukan Benar-Benar Penting Dalam Hubungan Anda

Tindakan kasih sayang yang sederhana sangat membantu menjaga