Orang telah menganggap hewan peliharaan sebagai anggota keluarga, seperti halnya seorang adik keci. Tetapi orang sering lupa bahwa tubuh hewan peliharaan berbeda dari tubuh manusia dan membutuhkan rangkaian nutrisi yang berbeda pula. Mungkin kamu kerap memberikan susu untuk kucing atau selai kacang untuk anjing sebagai hadiah karena mereka bersikap manis. Tetapi pertanyaannya adalah, apakah makanan itu aman untuk mereka?

Berikut adalah penjelasan tentang bagaimana beberapa makanan biasa dapat memengaruhi mereka.

  1. Kacang Kalengan

Masalah utama kacang kalengan adalah kandungan bahan pengawet dan garam yang berbahaya bagi hewan peliharaan. Misalnya, setengah cangkir kacang kalengan mengandung sekitar 400 – 500 miligram natrium. Nah, masalahnya adalah toleransi natrium hewan peliharaan sangat rendah.

Solusi :

Jika hewan peliharaan kamu menyukai kacang, pilih kacang hijau atau kacang kering. Mereka tidak boleh makan kacang asin atau kalengan. Dan berikan kacang kepada hewan peliharaan kamu dalam jumlah yang sangat sedikit saja, ya. Jangan berlebihan

  1. Tuna Kalengan

Kucing adalah pencinta tuna, tetapi bahkan anjing pun terkadang menganggap tuna sebagai makanannya. Meskipun kucing kamu meminta tuna, mereka tidak boleh diberi makan tuna kalengan setiap hari karena dapat menyebabkan keracunan akibat merkuri yang terkandung di dalamnya, terutama jika mengandung garam atau minyak.

Solusi :

Tuna yang khusus dibuat untuk makanan kucing telah diformulasikan secara ilmiah dan dapat menjadi pilihan terbaik untuk kucing manis kamu. 

  1. Selai Kacang

Biasanya, anjing menyukai selai kacang sebagai camilan. Tetapi beberapa produsen sekarang kerap menambahkan xylitol ke selai kacang. Kandungan inilah yang beracun bagi hewan peliharaan. Xylitol adalah pemanis yang digunakan sebagai pengganti gula karena lebih rendah kalori. Xylitol dapat menyebabkan gula darah rendah dan gagal hati pada hewan peliharaan.

Solusi :

Periksa nutrisi yang tertera pada toples selai kacang kamu, dan meskipun selai kacang kakmu tidak mengandung xylitol, berhati-hatilah dan jangan berikan produk ini ke hewan peliharaan kamu setiap hari.

  1. Adonan Ragi

Adonan roti mentah yang mengandung ragi dapat berbahaya pada anjingkarena bisa menyebabkan keracunan. Adonan bisa mengembang di perut anjing dan menyebabkan perut mereka menjadi kembung. Saat ragi berfermentasi, etanol darah dapat meningkat ke tingkat racun. Sel ragi akan menghasilkan etanol yang menyebabkan muntah.

Solusi :

Solusi terbaik adalah jangan pernah memberi anjing kamu kesempatan untuk mencoba adonan ragi, tetapi jika itu terjadi tanpa sepengetahuan kamu, maka segera bawa anjing ke dokter hewan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

  1. Susu

Susu dalam jumlah kecil masih bisa ditoleransi oleh kucing dan anjing kamu, tetapi jika kamu memberi mereka banyak susu setiap hari, itu akan memicu berbagai masalah. Beberapa sendok makan susu untuk anjing kamu memang tidak apa-apa. Tapi jika kamu memberikan semangkuk penuh susu untuk mereka, kamu dapat menyebabkan diare, sakit perut, dan muntah. Jangan lupa bahwa, mereka seperti kita dan bisa jadi tidak toleran terhadap laktosa. Kamu perlu berhati-hati.

Solusi :

Air bersih adalah cairan terbaik untuk dikonsumsi hewan peliharaan kamu.

  1. Daging mentah

Makanan mentah untuk hewan peliharaan masih kontroversial. Di satu sisi, ini adalah sumber protein yang baik bagi mereka, tetapi di sisi lain, makanan mentah memiliki bakteri yang dapat merusak pencernaan hewan peliharaan kamu. Strain bakteri tertentu dapat menyebabkan penyakit. Dan terkadang itu berisi tulang kecil yang bisa membuat mereka tersedak.

Baca Juga :

Siapa Bilang Memiliki Hewan Peliharaan Merepotkan? Justru Kamu Harus Memilikinya Karena Alasan Ini

5 Tips Jaga Kebersihan Untuk Cegah COVID-19

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

10 Kepribadian yang Diungkap Berdasarkan Warna Rambut Anda

Mendengar stereotip bahwa pirang lebih menyenangkan atau berambut