Komedo adalah salah satu masalah kulit yang tidak boleh disepelekan. Sebab, jika dibiarkan, komedo bisa memperbesar pori-pori secara permanen. Bahkan, setelah kamu menghilangkan komedo pun, pori-pori bekas komedo bisa kehilangan elastisitas.

Menggunakan produk perawatan kulit tertentu untuk menghilangkan komedo sebenarnya masih belum cukup. Ada beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hentikan sesegera mungkin jika ingin terbebas dari masalah komedo.

Berikut adalah kebiasaan buruk yang harus kamu hentikan :

  1. Memakai produk yang dapat menghilangkan minyak dari kulit

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa kamu tidak dianjurkan memakai produk perawatan kulit yang bisa menghilangkan minyak. Nah, jawabannya, produk tersebut bisa membuat kulit kamu semakin kering. 

Menggunakan produk seperti pembersih wajah, toner, dan produk pengelupasan sel kulit mati akan menghilangkan minyak dari permukaan kulit yang sebenarnya dibutuhkan oleh kulitmu. 

Pada akhirnya, produk tersebut dapat memperburuk masalah komedo yang kamu alami. Sebab, saat kulit kering, akan ada lebih banyak penumpukan minyak di permukaan kulit. 

Ketika kulit dalam kondisi kering, maka kelenjar sebaceous akan bekerja lebih keras untuk memastikan kelembaban alami pada kulit tetap terjaga. Kelenjar ini melawan kekeringan pada kulit dan memproduksi lebih banyak minyak. Kelebihan minyak inilah yang dapat menyebabkan masalah seperti jerawat dan komedo.

  1. Menyentuh wajah

Setiap hari kita selalu menyentuh wajah. Tanpa merasa bersalah, kita menggaruk, menyentuh, atau bahkan membersihkan komedo dan jerawat dengan jari-jari yang kotor. Ketika ini terjadi, kita berisiko memindahkan kotoran dan kuman dari tangan kita ke kulit. 

Ketika kotoran dan kuman berpindah ke permukaan kulit kita, tentu kulit akan rentan terhadap masalah seperti komedo. Jadi, sebaiknya kamu hentikan kebiasaan menyentuh wajah sembarangan. Jika ingin membersihkan wajah atau mengaplikasikan touch up riasan, pastikan tangan sudah bersih, ya.

  1. Tidak mencuci muka sebelum tidur

Mencuci muka adalah rutinitas perawatan kulit paling dasar dan paling penting. Kamu harus memastikan kulit wajahmu selalu bersih jika tak ingin mengalami masalah kulit seperti komedo, jerawat, dan lainnya. 

Kebiasaan membersihkan wajah yang paling menantang adalah saat malam hari, ketika kamu sudah lelah bekerja seharian dan ingin segera tidur. Meskipun sedang lelah dan malas, kamu tetap harus membersihkan wajah. Ini adalah kewajiban mutlak. Jangan sampai kamu tidur dengan make up masih menempel di wajah. 

Jika kamu tidur tanpa membersihkan wajah, pori-pori kulitmu akan tersumbat minyak, kotoran, dan sisa produk make up sehingga menyebabkan munculnya komedo. 

  1. Melewatkan pengelupasan sel kulit mati

Setelah membersihkan wajah secara rutin, perawatan kulit lanjutan adalah mengelupas sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Pengelupasan sel kulit mati perlu dilakukan setidaknya seminggu sekali. 

Dengan mengelupas sel-sel kulit mati, kamu akan membuat pori-pori wajah tetap bersih. Ketika pori-pori bebas dari sel-sel kulit mati, maka produk perawatan kulit yang kamu pakai setiap hari dapat bekerja dengan lebih baik.  

Jika tak ingin menggunakan produk kimia yang dijual di pasaran, kamu bisa membuat masker atau scrub sendiri di rumah untuk mengelupas sel-sel kulit mati. 

Itulah beberapa kebiasaan yang harus segera kamu hentikan jika ingin wajah bebas komedo.

Baca Juga :

5 Cara Cepat dan Alami Untuk Hilangkan Komedo

6 Cara Menghilangkan Komedo dari Wajahmu

Trik Memencet Komedo Di Rumah Dengan Benar Berdasar Saran Dermatologist

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Lakukan 4 Hal Ini pada Pagi Hari Jika Ingin Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Untuk menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan terawat,