Mendapat pengakuan atau pernyataan cinta dari seseorang adalah sebuah hal berharga, apalagi jika pernyataan itu datang dari orang yang juga kamu sukai. Namun, bagaimana jika pernyataan itu datang dari orang yang tidak kamu sukai, atau dari orang yang hanya kamu anggap sebagai teman?

Saat itu terjadi, kamu mungkin akan kebingungan. Bisa jadi kamu bertanya-tanya, bagaimana cara menolak pernyataan cintanya tanpa menyakiti hati atau tanpa merusak pertemanan.

Nah, berikut adalah beberapa cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menolak pernyataan cinta seseorang dengan sopan :

  1. Berikan pujian tulus 

Pertama, hargai usaha orang yang telah memberanikan diri untuk menyatakan perasaannya padamu. Meskipun agak canggung dan sulit, kamu harus jujur padanya dan pada dirimu sendiri.

Katakan bahwa kamu sangat menghargai perasaan dan kejujurannya padamu, tetapi kamu harus jujur bahwa kamu tidak tertarik menjalin hubungan asmara dengannya. Kamu juga perlu menyatakan bagaimana perasaanmu terhadapnya, bagaimana kamu senang berteman dengannya atau bekerja dengannya, dan sebagainya. 

Nah, ketika orang itu terus-menerus menyatakan perasaannya dan cenderung memaksakan perasaannya terhadapmu meskipun kamu sudah berulang kali menolaknya, maka kamu perlu bersikap tegas saat menolaknya. 

  1. Jangan minta maaf

Apa yang kamu rasakan terhadap seseorang bukanlah kesalahan. Entah itu kamu menyukai seseorang atau kamu tidak menyukainya, perasaan bukanlah sesuatu yang bisa disalahkan.

Daripada meminta maaf saat menolak perasaan seseorang, lebih baik kamu jujur dengan menyatakan bahwa kamu tidak bisa membalas perasaannya, atau bahwa kamu menyukai orang lain. Katakan dengan jelas tetapi tetap sopan, bahwa kamu tidak bisa berhubungan lebih dari teman atau rekan kerja.

  1. Fokus pada perasaan dan kebutuhan kamu

Jika kamu sempat tertarik dengan orang itu, tetapi sudah tidak lagi tertarik dengannya karena alasan tertentu, maka katakanlah dengan jujur. Pertama-tama, kamu perlu mengatakan apa yang (dulu) membuatmu tertarik padanya, kemudian katakan apa yang kamu rasakan sekarang.

Jujurlah tentang pendapatmu bahwa kalian tidak cocok untuk bersama. Kemudian, kamu bisa menyatakan harapanmu agar dia menemukan orang lain yang akan lebih cocok bersanding dengannya. 

  1. Jangan mengabaikan pernyataan cinta

Ketika seseorang menyatakan perasaannya padamu, jangan mengabaikan hal itu. Kamu harus memberikan tanggapan atau jawaban atas pernyataan cintanya. Jika kamu memang tidak tertarik padanya sebagai lawan jenis, maka katakan bahwa kamu menghargai perasaannya namun kamu tidak bisa melanjutkan hubungan lebih dari teman. 

Ditolak tentu merupakan pengalaman tak menyenangkan bagi siapa pun. Kamu pun pasti akan kecewa saat seseorang yang kamu sukai menolak cintamu. Tetapi, dibiarkan dalam kebingungan dan ketidakjelasan adalah hal yang lebih menyakitkan. Ketika pernyataan cinta diabaikan, maka orang akan merasa perasaan mereka tidak diakui dan tidak dihargai.

Jadi, jangan sampai kamu mengabaikan pernyataan cinta dari siapapun ya.

  1. Hargai persahabatanmu dengannya

Jika orang yang menyatakan cinta padamu adalah sahabatmu sendiri, kamu harus menghargai persahabatan yang telah kalian jalin. Bukan berarti kamu harus menerima perasaannya, tetapi kamu harus merangkai kata yang bisa dia terima.

Pertama-tama, jelaskan padanya tentang betapa kamu menyukai hubungan persahabatan kalian. Katakan bahwa kamu selalu senang menghabiskan waktu dengannya sebagai sahabat. Ingatkan padanya tentang kebaikan yang dia lakukan untukmu dan betapa kamu menghargai kebaikan itu. Selanjutnya, hargai keberaniannya yang sudah menyatakan cinta padamu.

Barulah setelah itu kamu bisa berkata jujur bahwa kamu tidak merasakan hal yang sama seperti yang dia rasakan.  Meskipun begitu, katakan juga bahwa kamu akan tetap ada untuknya saat dia membutuhkanmu dan kamu tetap ingin berteman dengannya meskipun sulit. 

Setelah penolakan cinta, hubunganmu dan orang itu tentu akan berubah. Bisa jadi dia menghindarimu. Namun, bukan tak mungkin suatu saat kalian dapat berteman lagi, meskipun hal itu akan membutuhkan waktu yang tak sebentar.

Baca JUga :

Apa Itu Bom Cinta? Mengapa Itu Berbahaya? Simak Penjelasan Berikut

7 Tanda Ini Menunjukkan Perempuan Sudah Tidak Cinta Lagi pada Pasangannya

Gebetan Kamu Lakukan 8 Hal Ini? Bisa Jadi Dia Juga Jatuh Cinta Padamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Hal Ini Wajib Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Punya Anak 

Tahukah kamu, ada pepatah mengatakan “Tidak pernah ada