Setiap orang pasti punya waktu tertentu untuk membeli stok bahan makanan, entah itu seminggu sekali atau sebulan sekali. Kita pun sering membeli bahan makanan yang banyak untuk disimpan. Sebab, sering kali jumlah banyak cenderung lebih murah.

Namun, risiko dari membeli banyak bahan makanan sekaligus adalah terdapat beberapa makanan yang cepat busuk jika tidak segera dimasak atau dikonsumsi. Nah, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut adalah beberapa cara aneh tapi efektif untuk menyimpan bahan makanan supaya tidak mudah busuk.

  1. Mentimun

Untuk menyimpan mentimun agar segar lebih lama, kamu perlu membungkus mentimun satu per satu dengan kertas roti, kemudian memasukkannya ke dalam kantong plastik ziplock. Selanjutnya, simpan mentimun di dalam lemari es. Dengan cara ini, mentimun kamu akan tetap segar dalam waktu yang lama. 

  1. Keju cottage

Cara menyimpan keju cottage yang benar adalah membalikkan wadahnya. Jika disimpan di lemari es dengan cara dibalik, maka akan menciptakan efek vakum yang memperlambat pertumbuhan bakteri. Dengan begitu, keju cottage akan tahan lebih lama.

  1. Tepung

Jika disimpan terlalu lama, tepung akan rawan berkutu. Untuk mencegah adanya kutu, kamu perlu memasukkan sepotong permen karet mint yang masih dibungkus dengan foil ke dalam wadah tepung. Meskipun aneh, tapi cara ini ternyata efektif untuk mengurangi risiko tepung berkutu. 

  1. Buah beri 

Agar buah beri bisa segar lebih lama, bilas buah beri dengan larutan yang terbuat dari campuran 2 sendok makan cuka dan 3 gelas air.

  1. Daun herbal

Jika ingin rempah dan herbal tetap segar seperti saat pertama kali dimasukkan ke dalam lemari es, kamu perlu membungkusnya dengan tisu yang sedikit dibasahi, masukkan ke dalam kantong plastik dengan mengeluarkan semua udara dari kantong, lalu simpan di lemari es. Cara ini akan membuat daun herbal segar lebih lama. 

  1. Roti

Ingin roti tetap lembut dan bebas jamur? Caranya mudah, kamu hanya perlu memasukkan sebatang seledri ke dalam kantong roti. 

  1. Gula merah

Untuk menjaga gula merah tetap lembut, gunakan marshmallow. Caranya, masukkan beberapa potong marshmallow ke dalam wadah gula merah.

  1. Apel

Untuk mencegah potongan apel jadi berwarna coklat, satukan kembali apel yang sudah dipotong, lalu ikat apel dengan karet agar berbentuk seperti semula. Cara ini bisa membuat bagian dalam buah apel tetap segar dan anti berubah warna. 

  1. Alpukat

Kamu membeli alpukat yang belum matang? Jika kamu ingin alpukat cepat matang, caranya masukkan buah alpukat ke dalam kantong yang berisi pisang. Mengapa harus pisang? Karena, pisang mengeluarkan etilen tingkat tinggi yang akan mempengaruhi alpukat agar cepat matang. 

  1. Selada

Untuk mempertahankan selada agar tetap segar, bungkus selada dengan selembar aluminium foil. Dengan cara ini, selada akan tetap segar bahkan selama 4 minggu sekalipun. 

Itulah beberapa cara aneh tapi efektif untuk menyimpan stok bahan makanan agar tetap segar dalam waktu yang lama. Manakah yang ingin kamu coba duluan?

Baca Juga :

14 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

8 Produk Makanan Ini Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat, Cocok Buat Diet

5 Makanan yang Banyak Dihindari oleh Para Ahli Gizi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,