Lemari es alias kulkas adalah sahabat ibu rumah tangga yang akan memungkinkan bahan makanan, sisa masakan, atau berbagai minuman lainnya bertahan lebih lama.

Tahukah kamu, sebenarnya kulkas sudah digunakan untuk mendinginkan makanan sejak 1913, tetapi fakta menunjukkan, tidak semua makanan bisa tetap segar saat disimpan di kulkas. Berikut adalah daftar bahan makanan yang sebaiknya tidak kamu simpan di kulkas :

  1. Alpukat

Tidak jarang kita membeli alpukat yang belum matang dari pasar atau supermarket. Nah, Alpukat yang belum matang ini akan mencapai kematangan puncak lebih cepat jika disimpan pada suhu kamar, bukan didinginkan di dalam kulkas.

  1. Basil

Jika kamu menyukai basil untuk tambahan salad atau masakan lainnya, simpanlah basil pada suhu kamar dengan kondisi batang terendam air. Hal ini akan membuatnya tahan lebih lama daripada kamu memasukkannya ke dalam kulkas.

  1. Paprika

Kulit paprika bisa kehilangan kerenyahannya saat disimpan pada suhu rendah dalam kulkas, jadi sebaiknya simpan di suhu kamar saja dan segera dikonsumsi.

  1. Mentimun

Menyimpan mentimun di lemari es akan membuatnya mudah berair. Jika kamu memang ingin mendinginkannya, cara terbaik adalah membungkusnya dengan plastik, baru masukkan ke dalam kulkas.

  1. Bawang merah

Kamu pasti pernah mendapati bawang merah yang disimpan di kulkas jadi lunak dan berjamur, bukan? Itu disebabkan oleh kelebihan kelembaban. Sebaiknya, kamu simpan bawang merah di tempat yang sejuk dan kering, tetapi jangan di dalam kantong plastik atau di dekat kentang, ya!

  1. Bawang putih

Seperti bawang merah, bawang putih juga sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Jika kamu memasukkannya ke dalam kulkas, bawang putih bisa jadi kenyal dan mudah busuk. 

  1. Kentang

Penyimpanan kentang terbaik adalah dengan memasukkannya ke dalam kantong kertas dan menyimpannya di suhu ruang. Karena, lemari es bisa menambah kelembaban yang membuat kentang jadi tidak segar. 

  1. Tomat

Sama seperti paprika, tomat juga hendaknya disimpan di suhu ruang untuk memastikan rasa dan kesegaran aslinya tetap terjaga. 

  1. Pisang

Pisang membutuhkan suhu yang lebih hangat untuk matang sempurna. Jika kamu membeli pisang yang masih mentah, sebaiknya simpan di luar kulkas. Tetapi jika kamu membeli pisang dalam kondisi yang sudah matang dan takut busuk jika diletakkan di luar, maka kamu bisa menyimpannya di kulkas. 

  1. Buah beri

Seaga jenis buah beri punya peluang lebih segar dan lebih tahan lama pada suhu kamar. Jika kamu menyimpannya di kulkas, maka kelembaban kulkas akan merusaknya. 

  1. Melon

Jika masih utuh, sebaiknya melon didiamkan pada suhu ruangan agar lebih cepat matang. Buah melon hanya boleh dimasukkan ke dalam kulkas ketika mereka sudah diiris. 

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun harus disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, bukan disimpan di dalam kulkas. Karena, minyak bisa mengeras jika dibiarkan di kulkas.

  1. Saus Pedas dan Saus Tomat

Cuka dalam saus pedas membuatnya tetap awet, jadi tidak masalah jika kamu menyimpannya di suhu ruang. Saus tomat juga demikian, keasaman dalam saus tomat akan tetap terjaga di suhu ruang.

Tapi, jika kamu membutuhkan waktu lebih dari sebulan untuk menghabiskan botol saus, maka lebih baik kamu memasukkannya ke dalam kulkas. 

  1. Selai Kacang

Kamu punya waktu tiga bulan untuk menyimpan selai kacang yang sudah dibuka pada suhu ruang. Jika lebih dari tiga bulan selai kamu belum habis, barulah kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas. 

Baca Juga :

Makanan yang Sebenarnya Tidak Harus Kamu Letakkan Dalam Kulkas

Ternyata Tidak Semua Buah Bisa Disimpan Dalam Kulkas Lho

6 Teknik Masak Ini Ternyata Salah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

HP Lemot? Coba 5 Trik Ini Agar HP Makin Gesit

Handphone (HP) yang lemot alias lambat, bukan berarti