Setiap negara memiliki standar kecantikan tertentu yang mungkin berbeda atau bahkan bertolak belakang dari negara lainnya. Nah, ternyata negara-negara di kawasan Asia memiliki standar kecantikan unik yang bisa dianggap aneh oleh masyarakat dunia. Penasaran apa saja standar kecantikan aneh di negara Asia? Yuk, simak daftar berikut :

  1. Unibrow, Standar Kecantikan Tajikistan

Ketika kebanyakan wanita di berbagai belahan dunia berusaha keras untuk merapikan alis yang berantakan, mencukurnya, dan membentuk alis baru yang sempurna, tapi wanita di Tajikistan berbeda.

Mereka percaya bahwa alis alami adalah tanda kecantikan. Gadis-gadis Tajikistan merasa sempurna ketika mereka memiliki unibrow atau alis segaris. Mereka yang tidak memiliki rambut penghubung antara alis kanan dan alis kiri, bahkan menggunakan ramuan hijau berdaun khusus yang disebut ‘usma’ agar alis menyatu. Beberapa di antara mereka juga sengaja mewarnai ruang di antara alis kanan dan kiri agar alisnya terlihat menyatu. 

  1. Leher Memanjang, Standar Kecantikan Suku Kayan Di Thailand

Leher panjang adalah simbol citra perempuan di Suku Kayan, Thailand. Bukan tanpa alasan, latar belakang dari tradisi leher panjang adalah kepercayaan bahwa tradisi ini melindungi perempuan dari perbudakan. Namun, beberapa orang mengatakan bahwa jika seorang perempuan memiliki leher panjang, maka ia akan menyerupai naga, yang menjadi tokoh penting dalam cerita rakyat setempat.

Anak perempuan di Suku Kayan, Thailand, mulai memakai gulungan kuningan di leher mereka saat berusia 5 tahun. Semakin dewasa, anak perempuan akan mendapatkan semakin banyak kalung kuningan di leher untuk memanjangkan leher mereka. 

  1. Kuku Kaki Panjang, Standar Kecantikan di India

Serang perempuan asal India bernama Shridhar Chillal menjadi orang dengan kuku terpanjang di satu tangan. Penghargaan dari Guinness World Records ini diberikan kepada Shridhar pada  2015. 

Ternyata, di India, para perempuan tidak hanya memelihara kuku panjang di tangan saja, tapi juga di kaki. Kuku kaki yang panjang menjadi sebuah tren kecantikan di India. 

  1. Wajah Berbentuk Hati, Standar Kecantikan Korea Selatan

Operasi kontur wajah berada dalam daftar 3 operasi plastik paling populer di Korea Selatan. Terlepas dari risiko yang mungkin bisa terjadi, para wanita di Korea Selatan bersedia melakukan prosedur kecantikan demi mendapatkan bentuk tulang pipi, V-line, atau bentuk wajah seperti hati. Bentuk wajah yang mungil dengan dagu berbentuk V sudah menjadi tren kecantikan di Korea Selatan sejak lama.

  1. Gigi Gingsul, Standar Kecantikan di Jepang

Ketika rata-rata orang di belahan dunia lain menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan gigi yang rapi, di Jepang justru tidak demikian. Orang yang sudah dianugerahi gigi yang rapi justru melakukan prosedur untuk membuat yaeba atau gigi ganda. Gigi ini kerap disebut sebagai gigi gingsul di Indonesia. 

Orang Jepang meyakini bahwa gigi ganda bisa membuat wanita terlihat lebih muda dan lebih cantik. Untuk itu, gadis-gadis Jepang berbondong-bondong untuk mendapatkan gigi ganda.

  1. Perban Hidung, Standar Kecantikan di Iran

Karena operasi hidung sangat populer di Iran, negara itu pun dijuluki sebagai “Ibu kota operasi hidung dunia”. Lantaran sebagian besar wanita menutupi area tubuh dan kepala, maka para wanita Iran pun berusaha untuk menunjukkan kecantikan mereka melalui wajah. 

Menariknya, perban pada hidung yang dipasang setelah operasi, menjadi sebuah tanda kehormatan di sana. Wanita Iran tidak berusaha menyembunyikan fakta bahwa dirinya baru saja melakukan operasi hidung. Sebaliknya, mereka justru ingin menunjukkan fakta itu kepada dunia. Karena, perban bekas operasi melambangkan kekayaan atau status sosial seseorang. Ketika seorang wanita menggunakan perban di hidung, artinya mereka cukup kayak untuk melakukan operasi wajah. 

Baca Juga :

Jangan Buang-buang Uang Untuk 6 Produk Kecantikan Ini

6 Gaya Rambut Mudah untuk Tampil Cantik

11 Buah dan Sayur yang Akan Membuat Kulit Makin Cantik

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

HP Lemot? Coba 5 Trik Ini Agar HP Makin Gesit

Handphone (HP) yang lemot alias lambat, bukan berarti