Mewarnai rambut memang sangat menyenangkan. Dengan memberikan warna yang berbeda pada rambut, penampilan seseorang bisa berubah total. Ketika rambut diwarnai dengan warna yang cocok, maka orang pun akan semakin percaya diri.

Namun, sayangnya metode pewarnaan rambut memiliki efek samping yang tidak baik bagi kesehatan rambut, terutama ketika rambut terlalu sering terkena bahan kimia dari proses bleaching.

Bagi sebagian besar orang Indonesia, pewarnaan rambut mengharuskan proses bleaching yang akan menghilangkan pigmen rambut, agar warna dapat meresap dengan lebih baik.

Nah, bahan kimia yang ada pada bleaching dapat membuat rambut menjadi sangat kering sehingga akhirnya rambut jadi rusak.

Jika kamu masih ingin mencoba berbagai warna rambut, kamu membutuhkan perawatan ekstra agar rambut tetap sehat dan lembut, salah satunya menggunakan masker telur dan alpukat.

Nutrisi dalam telur dan alpukat

Telur mengandung vitamin, mineral penting, selenium, kalsium, magnesium, kalium, lesitin, dan fosfor. Kombinasi nutrisi yang kuat tersebut akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, serta membuat rambut kamu jadi lebih halus dan lembut. Telur juga mampu  membantu memperkuat folikel dan akar rambut.

Sementara itu, buah alpukat mengandung vitamin E, vitamin K, vitamin C, kalium, protein, dan asam folat. Perpaduan nutrisi ini akan membantu mencegah rambut rontok. Selain itu, alpukat juga akan berfungsi sebagai pelembab alami untuk rambut kamu.

Seperti kita tahu, setelah proses pewarnaan rambut, maka dampaknya adalah rambut menjadi sangat kering dan kehilangan kelembapannya. 

Buah alpukat akan membantu menghaluskan rambut, membuat rambut lebih berkilau, serta lebih kuat, mulai dari akar rambut, batang rambut, sampai ujung rambut. 

Alat dan bahan membuat masker telur dan alpukat

Untuk membuat masker rambut dari telur dan alpukat, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan berikut ini :

  • ½ buah alpukat
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan minyak zaitun

Jangan lupa, kamu juga perlu menyiapkan mangkuk kecil dan sendok untuk mencampurkan bahan-bahan tersebut, ya!

Cara merawat rambut rusak dengan masker telur dan alpukat

  1. Siapkan mangkuk dan sendok untuk mencampurkan bahan-bahan masker telur dan alpukat.
  2. Pecahkan telur, lalu masukkan ke dalam mangkuk. Kemudian, masukkan juga buah alpukat yang sudah dipotong-potong ke dalam mangkuk. Selanjutnya, masukkan minyak zaitun ke dalam mangkuk.
  3. Campurkan semua bahan sampai rata, tanpa gumpalan, dan berbentuk pasta halus. 
  4. Jika bahan sudah tercampur rata dan berbentuk pasta, masker siap kamu gunakan.
  5. Oleskan masker telur dan alpukat ke akar rambut, batang rambut, dan ujung rambut, sampai merata. Jangan ada bagian rambut yang terlewat.
  6. Pijat lembut rambut kamu 10 sampai 15 menit, pastikan masker meresap dan menutrisi rambut kamu.
  7. Diamkan selama 2 sampai 3 jam, agar masker meresap dengan sempurna.
  8. Setelah itu, bilas dengan air dingin sampai bersih, lalu lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo. Jangan lupa, pakai kondisioner setelah keramas, agar rambut semakin halus dan lembap.
  9. Lakukan perawatan ini satu atau dua kali dalam seminggu agar rambut kamu tetap sehat meskipun sering dicat. 

Baca Juga :

7 Kesalahan Paling Umum Saat Merawat Rambut

6 Gaya Rambut Mudah untuk Tampil Cantik

Wedding dengan Gaya Rambut Pendek, Why Not?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ragam Manfaat Madu untuk Perawatan Kulit

Selain baik untuk kesehatan tubuh dan lezat saat