Jika kamu menonton film atau series Barat, maka kamu akan mendapati banyak pasangan hidup bersama bahkan sebelum mereka menikah. Hal ini mungkin dianggap tabu dan tidak sesuai norma masyarakat dan agama jika dilakukan di Indonesia. Namun, ternyata, ada banyak manfaat yang didapatkan jika hidup bersama pasangan.

Berikut beberapa alasan mengapa banyak pasangan memilih hidup bersama bahkan sebelum menikah:

  1. Mengenal satu sama lain dengan lebih baik

Tidak peduli berapa lama kamu pacaran, ada hal-hal yang hanya akan kamu ketahui ketika hidup bersama pasangan. Kamu akan tahu kebiasaan mereka mulai dari bangun pagi sampai tidur di malam hari. Kebiasaan tersebut tidak akan kamu ketahui jika hanya pacaran di bioskop, di tempat wisata, atau di restoran. Dengan hidup bersama, kamu akan tahu apakah dia merupakan orang yang kamu inginkan untuk menghabiskan hidup bersama atau bukan.

  1. Berbagi pekerjaan rumah tangga

Tahukan kamu, menurut Pew Research Center 2007, pembagian pekerjaan rumah tangga ada dalam 3 daftar teratas tentang tips “pernikahan yang sukses”. Jika pasangan hidup bersama terlebih dahulu dan dapat menerapkan sistem pembagian tugas-tugas rumah tangga, maka ketika menikah, mereka dapat berbagi tanggung jawab tanpa perlu berdebat karena sudah terbiasa.

  1. Belajar mengelola keuangan

Dengan hidup bersama, pasangan dapat menghemat uang sekaligus belajar mengelolanya. Bayangkan, ada dua tagihan sewa rumah/kos dan ada dua tagihan air, listrik, dan internet. Tetapi jika tinggal berdua, mereka dapat membayar tagihan bersama-sama dan menyisihkan uang untuk kebutuhan berdua, seperti mempersiapkan liburan atau pernikahan, misalnya. 

  1. Hubungan lebih intim

Keintiman menjadi salah satu alasan mengapa orang mempertimbangkan untuk hidup bersama sebelum menikah. Pasangan yang memutuskan untuk hidup bersama menunjukkan keinginan untuk mendapatkan lebih banyak waktu berkualitas. Hal ini membuat hubungan menjadi lebih kuat.

  1. Terbiasa menghadapi konflik

Hidup bersama jauh lebih menantang daripada “hanya bertemu sesekali”. Pasangan akan sering berselisih tentang banyak hal ketika hidup bersama. Namun, hal ini justru baik untuk hubungan, karena masing-masing akan terbiasa dengan masalah sehari-hari dan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengatasi konflik saat sudah menikah nanti. 

  1. Tidak akan takut pada pernikahan

Menikah adalah sebuah transisi kehidupan yang sangat besar. Biasanya, sebelum menikah, orang akan mengalami tekanan emosional yang besar pula. Banyak orang ragu apakah ia dapat menjadi istri atau suami yang baik, apakah dapat membina rumah tangga dengan baik, apakah dapat hidup bahagia dengan pasangan, dsb.

Ketakutan atau kekhawatiran seperti itu tidak akan dijumpai ketika sudah terbiasa hidup bersama. Pasalnya, pasangan yang hidup bersama sudah mendapatkan trailer yang cukup jelas tentang bagaimana kehidupan rumah tangga mereka akan berlangsung. 

  1. Hidup bersama baik untuk kesehatan

Jika kamu tinggal sendirian, ada kemungkinan kamu mengalami kesepian. Tidak ada yang makan bersama kamu, atau ngobrol ketika kamu tidak bisa tidur di malam hari. Nah, hidup bersama dengan pasangan yang tepat akan membuat hari-hari kamu menjadi lebih baik. Hal ini akan meningkatkan kesehatan kamu baik secara fisik maupun emosional.

Baca Juga :

Jika Sudah Seperti Ini, Berarti Dia Sudah Yakin Untuk Hidup Bersamamu

Bagaimana Hidup Bersama Si Dia yang Teledor dan Tetap Mencintainya

Kalau Masih Sayang Hidup, Jangan Pernah Mengkonsumsi Makanan Ini Secara Bersamaan!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Perempuan Boleh Melamar Duluan, 5 Selebriti Ini Juga Melamar Calon Suaminya, Loh

Satu dekade lalu, mungkin sebagian besar masyarakat masih