Tubuhmu adalah sebuah sistem yang kompleks. Banyak hal tidak terduga terjadi. Beberapa dari hal-hal ini negatif, namun beberapa lainnya bersifat positif dengan cara yang mungkin tidak kamu sangka. Di musim pilek dan flu seperti ini, kamu perlu meningkatkan sistem kekebalan alamiah tubuhmu dengan berbagai cara. Cara-cara berikut ini mungkin tidak kamu duga, tetapi akan bisa membuat kekebalan tubbuh menjadi meningkat.

Sesap Latte Jamur

Kamu mungkin merasa bahwa jamur hanyalah sekedar tanaman yang cantik atau enak dijadikan kudapan jamur crispy. Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa ternyata, beberapa macam jamur bisa mengaktifkan sel-sel keekbalan tubuh dan membuat inflamasi menjadi lebih rendah sehingga tubuhmu bisa melawan infeksi dengan lebih baik. Tentu, jamur-jamur yang biasa digunakan untuk ini biasanya khusus. Kamu hanya perlu mengonsumsi jamur dalam bentuk latte sekali saja setiap harinya untuk bisa mendapatkan manfaat ini. Carilah latte yang dibuat dengan jamur chaga atau reishi. Atau, kamu juga bisa makan shiitake setiap harinya untuk hasil yang sama.

Coba Biji-Bijian Utuh

Dua atau tiga kali sehari, buatlah oatmeal jadi bagian dari menu pagimu. Kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain untuk mendapatkan rasa yang oke. Beta-glukan, serat yang ada di dalam biji-bijian utuh ini bisa memperkuat aktivitas sel-sel darah putih untuk menghancurkan virus-virus yang tidak disambut baik oleh tubuh. Selain itu, oats juga bersifat prebiotik, artinya bisa menstimulasi bakteri baik yang hidup di lambungmu, yang sangat bertanggung jawab terhadap sistem kekebalan tubuh dan bisa membuatnya tetap subur.

Mendengarkan musik dan bernyanyi

Apakah bernyanyi sendirian di mobil terdengar seperti sesuatu yang aneh? Mungkin, namun mereka yang melakukan hal ini mungkin bisa jadi lebih sehat, jadi lakukan ini. Baik bernyanyi maupun mendengarkan music selama setengah jam dikaitkan dengan level hormone kortisol yang lebih rendah. Ketika hormone stress seperti kortisol meningkat, ini bisa menurunkan fungsi sistem kekebalan tubuhmu. Mendengarkan dan bermain musik juga diasosiasikan dengn meningkatkanya hormone antibody immunoglobulin A, pertahanan pertama melawan infeksi bakteri dan virus. Selain itu, ini jugaa menyebabkan peningkatan sel darah putih yang merupakan pembunuh alamiah virus dan bakteri yang menyerang tubuh.

Makan sushi

Dan pesanlah sushi yang mengandung salmon atau tuna karena kaya asam lemak omega-3 yang bisa mengurangi inflamasi. Selain itu, salmon juga sangat kaya karotenoid, yang merupakan substansi yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuhmu. Tambahkan juga jahe, satu lagi substansi anti inflamasi, dan wasabi, saus pedas yang bisa membantu membersihkan saluran pernapasanmu, melawan kuman yang menyerang sinusmu, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik