Masih banyak orang yang ragu tentang bagaimana pernikahan beda usia bisa berjalan. Pasalnya, berbeda generasi, maka beda juga cara pandang terhadap hidup. Kebiasaan sehari-hari pun bisa berbeda.

Pertanyaan umum yang mungkin terlontar saat ada pasangan menikah yang beda usianya cukup besar adalah… “Memang mereka akan nyambung saat mengobrol?”

Fakta menariknya, pernikahan beda usia justru disebut-sebut sebagai pernikahan yang akan lebih langgeng atau awet hubungannya. Ada alasan mengapa perbedaan usia justru dapat mempererat hubungan pernikahan. 

Penasaran apa saja alasannya? Yuk, simak daftar berikut :

  1. Masing-masing pasangan tahu apa yang mereka inginkan dalam hidup

Memilih untuk menikah dengan pasangan yang jauh berbeda usianya, menandakan bahwa seseorang sudah memiliki tujuan tertentu dalam hidup. Ada beberapa wanita muda yang sudah siap untuk berkeluarga, dan ada pria lebih tua yang mungkin masih ingin memiliki anak. Dalam hal ini, mereka dapat hidup berdampingan karena memiliki tujuan hidup yang sama. 

Seorang wanita yang sudah siap berkeluarga tersebut, mungkin mencari sosok yang dewasa dan stabil secara finansial. Sementara itu, pria yang lebih tua kemungkinan besar lebih dewasa dan sudah stabil secara finansial. Ia pun mencari wanita yang masih muda dan sehat agar cepat memiliki keturunan. 

  1. Pasangan yang lebih tua memahami apa yang dibutuhkan pasangan yang lebih muda

Menikah dengan orang yang lebih tua bisa, menandakan bahwa kamu memiliki lebih banyak ruang untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan dalam hidup. Karena pasangan pernah muda, maka mereka cenderung lebih pengertian terhadap masalah yang dihadapi pasangan. Mereka akan sangat mengerti jika kamu membutuhkan waktu pribadi atau me time untuk melakukan hobi dan minat kamu. 

  1. Kombinasi energi dan kebijaksanaan dalam pernikahan 

Memiliki tingkat kedewasaan yang berbeda, bisa membuat hubungan pernikahan jadi semakin sehat. Pasangan tua dan muda dapat saling melengkapi. Karena pasangan tua dan muda berada pada tahap kehidupan yang berbeda, mereka dapat membawa angin segar bagi masing-masing. 

Ketika pasangan yang lebih tua dapat memberikan kebijaksanaan dalam kehidupan pernikahan, maka yang lebih muda dapat menyegarkan hubungan dengan tingkat  energi yang masih tinggi. 

  1. Banyak pertukaran yang menarik di antara pasangan yang beda generasi

Pasangan beda usia tumbuh di zaman dan budaya yang berbeda. Artinya, masing-masing memiliki banyak cerita untuk dibagikan. Pasangan yang lebih tua dapat mengajari cara mengelola keuangan dan karier kepada pasangan yang lebih muda. Sementara itu, pasangan yang lebih muda dapat mengajari pasangan yang lebih tua tentang tren dunia atau cara memaksimalkan teknologi yang ada.

  1. Hubungan bergerak lebih cepat

Karena terpatok masalah usia, pasangan yang memiliki perbedaan usia yang besar, cenderung lebih cepat bergerak dalam hal memiliki keturunan. Waktu yang terbatas membuat pasangan lebih gencar berusaha untuk melahirkan anak. Lain halnya ketika menikah dengan pasangan berusia sama, mungkin masing-masing akan sibuk dengan urusannya sendiri dan menunda-nunda untuk memiliki keturunan. 

Pada akhirnya, cinta tetaplah cinta. Selama hubungan dibangun di atas kepercayaan, komitmen, dan rasa hormat kepada masing-masing pasangan, pernikahan dengan perbedaan usia berapa pun akan tetap berhasil dan membahagiakan kedua belah pihak.

Bagaimana dengan kamu? Apakah usia menjadi pertimbangan penting bagi kamu saat mencari pasangan?

Baca Juga :

Cinta Beda Usia? Jangan Takut, Ini Tipsnya Agar Berhasil

5 Alasan Mengapa Telinga dan Hidung Jadi Lebar Saat Usia Bertambah

7 Tips Jalani Hidup dengan Bahagia di Usia 30 Tahun!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Cara Mengatasi Kebimbangan Sebelum Menikah

Perencanaan pernikahan bisa sangat menegangkan bagi kedua pasangan.