Apakah menurut kamu, menonton TV sebelum tidur dapat membantu seseorang lebih rileks dan cepat tidur? Atau, apakah kamu percaya bahwa olahraga malam hari berbahaya bagi kesehatan?  

Tidur, adalah kegiatan yang sama seperti proses tubuh lainnya. Tidur membutuhkan perhatian karena itu merupakan bagian yang sangat penting dari kehidupan kita. Tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat setelah lelah beroperasi seharian.

Berikut adalah beberapa mitos tentang tidur yang selama ini masih banyak dipercaya orang.

  1. Mendengkur adalah hal yang normal dan tidak berbahaya

Apakah kamu mengenal seseorang yang selalu mendengkur saat tidur? Atau, kamu sendiri mendengkur saat tidur?

Faktanya, sebagian besar manusia pasti pernah mendengkur dan hal itu tidak bisa disangkal. Namun, ketika seseorang sangat sering mendengkur, apalagi jika dengkurannya keras, maka mendengkur bisa menjadi tanda masalah kesehatan. 

Gangguan kesehatan ini bisa jadi apnea tidur obstruktif, misalnya. Gangguan ini adalah gangguan cukup umum yang terjadi ketika saluran napas kamu tersumbat dan pernapasan kamu tiba-tiba terganggu atau bahkan berhenti saat tidur. 

Seseorang yang menderita apnea jelas tidak dapat beristirahat dengan baik di malam hari, dan kemungkinan besar mereka akan merasa lelah dan menderita kantuk yang berlebihan atau kantuk sepanjang hari. Tentu saja hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Anjuran tidur siang

Tidur siang disebut-sebut memiliki manfaat yang luar biasa. Tidur siang dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kinerja, membantu rileks, dan mengurangi rasa lelah.

Tapi, manfaat luar biasa tersebut bisa jadi bumerang, apabila kamu tidur siang dalam jangka waktu yang terlalu lama. Tidur siang dengan durasi lama, justru dapat mengganggu istirahat malam kita. 

Para ahli merekomendasikan kita untuk tidur siang singkat, yang berdurasi 10 sampai 20 menit saja. Dan kita harus tidur siang sebelum pukul 15.00 atau 3.00 sore. Karena, jika tidur terlalu sore, kita justru akan kesulitan tidur di malam hari. 

  1. Semakin lama tidur semakin baik

Jumlah jam tidur yang dibutuhkan setiap orang bisa beragam, tergantung usia, aktivitas, dan kondisi kesehatan. Namun, spesialis meyakini bahwa orang dewasa hanya boleh tidur antara 7 sampai 9 jam dalam sehari. 

Tidur terlalu banyak tidur justru dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan yang berlebihan. Selain itu, tidur terlalu lama juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti penambahan berat badan, depresi, diabetes, dan penyakit jantung.

  1. Menonton TV di kamar membuat kita lebih rileks dan mudah terlelap 

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami ketiduran saat menonton televisi, menonton film, atau membaca sesuatu di handphone. Bahkan, ada beberapa orang di luar sana yang baru bisa tidur ketika menonton televisi, atau membaca sesuatu di handphone. 

Namun, para ahli menilai bahwa menonton TV atau mengoperasikan handphone sebelum tidur adalah kegiatan yang harus kita hindari. Bukan tanpa alasan, ini karena rangsangan cahaya dan suara dari TV dan handphone bisa mengirim sinyal ke otak kita, sehingga dapat mengubah proses dalam tubuh. 

Alih-alih menonton TV, cobalah biasakan untuk mendengarkan musik saja, atau membaca buku fisik (bukan buku elektronik). 

Baca Juga :

5 Fakta Hubungan Asmara Ini Ternyata Cuma Mitos!

Jangan Percaya! 4 Fakta Tentang Balita Ini Ternyata Cuma Mitos

Informasi Tentang Handphone Berikut Ini Ternyata Cuma Mitos!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Lapar Setiap Malam? Pastikan 3 Hal Ini Dulu Sebelum Makan

Banyak orang merasa lapar sebelum tidur, atau sekadar