Teh adalah sebuah minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Kamu bisa membuatnya dengan hanya menuangkan air panas ke daun teh dan membiarkannya larut selama beberapa menit sampai rasanya meresap ke dalam air. Minuman beraroma ini biasanya dibuat dari daun Camellia sinensis, tanaman yang sangat umum yang berasal dari Asia. Tak heran, minum teh sangat populer karena dikaitkan dengan banyak sekali manfaat kesehatan, termasuk melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi resiko penyakit jantung. Bahkan, menurut beberapa studi, teh juga bisa membantu memperlancar program penurunan berat badanmu dan memerangi lemak perut. Lalu apa saja teh terbaik yang paling efektif untuk membantumu mengurangi berat badan?

Teh Hijau

Teh hijau adalah jenis teh yang sangat terkenal. Teh ini juga jelas dikenal sebagai salah satu teh terbaik yang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, salah satunya untuk menurunkan berat badan. Ada banyak bukti yang mengaitkan teh hijau dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh. Bhahkan, dalam sebuah studi, ada 60 orang yang memiliki obesitas dan mengikuti sebuah diet standar selama 12 minggu sembari mimun teh hijau atau placebo secara teratur. Setelah periode studi tersebut berakhir, terbukti bahwa mereka yang minum teh hijau mengalami penurunan berat badan 3,3 kg lebih banyak dibanding dengan kelompok yang hanya mengonsumsi placebo.

Sedangkan, studi lain menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan, lemak tubuh, dan lingkar pinggang, jika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kemungkinan, ini dikarenakan ekstrak teh hijau sangat kaya katesin, antioksidan alamiah yang bisa mendongkrak metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak. Manfaat yang sama juga bisa kamu dapatkan dari matcha.

Teh Puerh

Juga dikenal sebagai teh pu’er, atau teh pu-erh, jenis teh hitam Cina ini telah difermentasikan. Aromanya yang kebumian membuatnya cocok dinikmati setelah makan. Beberapa studi hewan menunjukkan bahwa teh puerh mungkin bisa menurunkan gula darah dan tingkat trigliserid. Studi pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa ini juga merupakan teh terbaik untuk membantu program dietmu. Dalam sebuah studi, pria yang diberikan kapsul berisi ekstrak puerh selama tiga bulan ternyata mengalami penurunan berat badan sebanyak 1 kilogram.

Teh Hitam

Teh hitam adalah jenis teh yang telah mengalami lebih banyak proses oksidasi dibandingkan dengan jenis teh lain, seperti teh hijau, putih, atau oolong. Proses oksidasi ini adalah sebauh reaksi kimiawi yang terjadi ketika daun teh terpapar dengan udara, menyebabkan perubahan warna yang membuat teh menjadi lebih gelap. Ada berbagai banyak jenis teh hitam yang beredar di pasaran. Beberapa studi menunjukkan bahwa teh hitam juga bisa jadi salah satu teh terbaik untuk membantumu mengendalikan berat badanmu. Jadi, tunggu apa lagi? Segera minum teh hitammu!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Latihan Tabata : 20 Menit Mengalahkan 1 Jam di Treadmill

Bagaimana jika ada olahraga singkat (20 menit saja)