Saat berbaring di tempat tidur dengan mata terbuka lebar, terkadang pikiran mulai mengalir di kepala kamu dan membuatmu sulit untuk memejamkan mata. Bahkan, ketika memejamkan mata pun, pikiran tersebut masih menghantui kamu di dalam kepala.

Jika kamu selalu terganggu oleh pikiran di malam hari dan menjadi insomnia alias tidak bisa tidur karenanya, maka kamu harus mencoba mengatasi masalah tersebut demi kesehatan. Cobalah tips berikut untuk mengatasi insomnia karena banyak pikiran:

  1. Fokus “here” dan “now”

Pikiran yang mengganggu kita, sehingga kita tidak bisa tidur, sering kali berhubungan dengan masa lalu atau masa depan. Kamu mungkin khawatir tentang apa yang akan terjadi esok hari, atau kamu sedang menyesali perbuatan kamu di masa lalu.

Jika ini yang terjadi pada kamu, cobalah fokus pada apa yang sedang terjadi “di sini” dan “saat ini”. Karena, kamu tidak dapat mengubah masa lalu, dan juga tidak dapat memprediksi masa depan. Untuk itu, “saat ini” adalah sesuatu yang dapat kamu kendalikan.

  1. Singkirkan gadget

Menggunakan ponsel, laptop, dan tablet sebelum tidur dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan stres, terutama jika kamu membaca atau menonton berita atau hal lain yang membuat kamu khawatir, atau membuat otak kamu sibuk. 

Apalagi, jika kamu memeriksa media sosial. Hal itu justru akan membuat kamu semakin terpuruk karena membandingkan kehidupan kamu dengan kehidupan orang lain. 

Selain itu, cahaya dari perangkat elektronik bisa berdampak buruk pada produksi melatonin dalam tubuh kamu, sehingga kamu akan semakin sulit untuk tidur. 

  1. Alihkan perhatian kamu

Setelah kamu menyingkirkan gadget, kamu dapat memikirkan beberapa alternatif yang lebih sehat. Misalnya, kamu bisa mencoba hobi yang menenangkan atau aktivitas santai, seperti membaca buku, mewarnai, mendengarkan musik, memasak sesuatu, atau bahkan jalan-jalan menghidup udara segar di sekitar rumah. 

Saat kamu tidak bisa tidur karena pikiran terus berpacu, lakukanlah aktivitas santai yang akan membantu kamu mengalihkan fokus dari pikiran tersebut. 

  1. Hirup aroma minyak esensial

Minyak esensial seperti lavender misalnya, sering digunakan dalam aroma terapi untuk menghilangkan stres, melakukan relaksasi, dan memicu tidur yang lebih nyenyak. Kamu bisa menaburkan beberapa tetes minyak esensial in di atas handuk atau kain, atau menambahkan sedikit minyak ke bak mandi kamu. 

Aroma terapi akan menenangkan kamu dan memudahkan kamu untuk tidur di malam hari.

  1. Jangan memaksakan diri untuk tertidur

Daripada mencoba tidur dan gagal, sebaiknya kamu bangun dari tempat tidur dan lakukan sesuatu. Misalnya, minumlah teh, minum susu, baca buku, atau menulis jurnal. Nah, setelah itu, kembalilah ke tempat tidur ketika kamu mulai merasa mengantuk. 

Sebab, jika kamu tetap berada di tempat tidur dan memaksakan diri untuk tidur, hal itu justru membuat kamu semakin khawatir dan semakin tidak bisa tidur.  

  1. Nyalakan TV

Menyingkirkan semua gadget sebelum tidur memang perlu dilakukan. Tapi jika tips di atas tidak juga membantu kamu untuk tertidur, cobalah untuk nyalakan TV dan tonton acara favorit kamu. 

Fakta menunjukkan, banyak dari kita dapat dengan mudah tertidur hanya dengan mendengarkan suara TV. 

Baca Juga :

Insomnia? Lakukan 6 Hal Ini Untuk Membantumu Tidur Lebih Cepat

Sering Sakit Kepala, Kelelahan dan Insomnia? Mulailah Mengonsumsi Makanan Berikut Ini

5 Minuman yang Ampuh Untuk Mengatasi Insomnia

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Lapar Setiap Malam? Pastikan 3 Hal Ini Dulu Sebelum Makan

Banyak orang merasa lapar sebelum tidur, atau sekadar